KOMPETISI PERKANTORAN SE-JATENG DAN DIY

KOMPETISI PERKANTORAN SE-JATENG DAN DIY

 

Administrasi merupakan proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga diperlukan pemahaman yang baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Administrasi perkantoran harus dipahami sebagai suatu proses rangkaian yang mengalir. Acara ini memiliki tujuan untuk menyiapkan tenaga administrasi yang handal dan profesional; menyiapkan lulusan pendidikan administrasi perkantoran yang siap dengan dunia kerja. Untuk menunjang hal tersebut Jurusan Pendidikan Ekonomi menyelenggarakan Kompetisi Perkantoran se-Jateng dan DIY. Acara ini akan diselenggarakan di Laboratorium Praktik Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES. Gedung L3 lantai 2, Kampus Sekaran, Gunung Pati, Semarang.

Ketentuan atau prosedur yang dilakukan dalam kompetisi ini adalah kompetisi dilakukan dalam 2 tahap yaitu babak penyisihan dan praktik perkantoran; babak penyisihan dilakukan secara tertulis berkelompok; sebanyak enam kelompok peserta yang lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak grand final; peserta dalam kelompok (tim) beranggotakan 7 orang, masing – masing  sebagai pemimpin (1 orang), pengolah (1 orang), pengetik (1 orang), pengarah (1 orang), agendaris (1 orang), arsiparis (1 orang), ekspenditur/Pengirim/Pengirim Surat (1 orang). Satu sekolah mengirimkan peserta maksimal 2 kelompok. Technical meeting diadakan sebelum pelaksanaan lomba.

Teknis pendaftaran yang telah disusun yaitu mengunduh formulir di http://pendidikanekonomi.unnes.ac.id; berkas pendaftaran disertai email ke agungbinmadik@mail.unnes.ac.id  pendaftaran dapat ditransfer nomor rekening BNI 0162485626 a/n Nina Farlina, biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000.

Untuk tanggal dan tempat pendaftaran. Pendaftaran peserta kompetisi dimulai 3 Juli 2017. Technical meeting dilakukan pada 18 September 2017. Pelaksanaan kompetisi dan Coaching perkantoran dilakukan pada tanggal 19 September 2017. Penyerahan hadiah  bagi 6 peserta tanggal 20 September 2017. Adapun hadiah bagi peserta (a) Juara I : Rp 2.000.000, trofi, dan  sertifikat; (b) Juara II : Rp 1.500. , trofi, dan  sertifikat; (c) Juara III : Rp 1.000.000 , trofi, dan  sertifikat; (d) Harapan I : Rp 750.000 , trofi, dan  sertifikat; (e) Harapan II : Rp 500.000 , trofi, dan  sertifikat; (f) Harapan III : Rp 400.000 , trofi, dan  sertifikat. Informasi /contact person dapat menghubungi Agung (No HP 08179599354), Wisudani (No Hp 081226410644), Hana (No Hp. 085225074630).

 

Ditulis Oleh Agung Kuswantoro

Related Posts you may like

SEMNAS DAN CALL FOR PAPER : PROBLEMATIKA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM

SEMNAS DAN CALL FOR PAPER : PROBLEMATIKA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM

 

Sebagai upaya menghadapi abad ke-21, Negara Indonesia memasukkan konsep berkelanjutan sebagai salah satu prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan nasional, dimana menempatkan pendidikan sebagai hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Hal ini tentu merupakan tantangan baru bagi komunitas pendidikan, untuk memasukkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan pada kurikulum. Untuk itu, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES, sebagai motor pencetak tenaga pendidik di bidang ekonomi dan bisnis perlu meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui penyelenggaran Seminar Nasional dengan tema Problematika dan Solusi Implementasi Kurikulum Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Pemateri dalam seminar ini adalah (1) Prof. Dr. Said Hamid Hasan, M.H .(Pakar Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia); (2) Drs. Heri Yanto, M.B.A.,Ph.D (Pengembang Kurikulum Universitas Negeri Semarang).

Acara ini akan diselenggarakan pada Rabu, 20 September 2017 bertempat di Aula UNNES Training Center (UTC) pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Adapun time line pendaftaran pada (1) Batas akhir pendaftaran pemakalah dan pengiriman abstrak tanggal 22 Agustus 2017. Notifikasi pengumuman penerimaan abstrak akhir Agustus 2017. (2) Batas akhir upload full paper dan registrasi pembayaran 7 September 2017. (3) Adapun teknis pendaftaran yang telah disusun yaitu (a) mengisi formulir pendaftaran di laman bit.ly/formpendaftaransnpe (b) melakukan transfer pembayaran melalui nomor rekening BNI 500555116 a/n Indri Murniawaty (c) Konfirmasi transfer melalui SMS atau WhatsApp ke nomor hp. 081220080649 (d) Kemudian upload bukti transfer ke laman bit.ly/buktitransfersemnas.

Adapun biaya pendaftaran seminar nasional ini sebagai berikut (1) Mahasiswa UNNES Rp   50.000,00 (2) Umum Rp. 150.000,00, dan (3) Pemakalah Rp. 350.000,00. Adapun fasilitas yang didapatkan dalam seminar ini yaitu (1) Lima artikel terpilih akan dipublikasikan di jurnal Dinamika Pendidikan Ekonomi ttp://journal.unnes.ac.id/nju/indeks.php/DP (2) Seminar kit, Makan dan Snack (3) Sertifikat dan (4) Proceeding

Related Posts you may like

Arah Kebijakan FE UNNES

 

Dalam rangka pemantapan program FE UNNES tahun 2017, FE UNNES mengadakan Rapat Kerja (Raker) tahun 2017. Tujuan kegiatan ini untuk mencapai tujuan yang telah dicapai oleh FE UNNES. Oleh karenanya, dosen dan tenaga kependidikan harus mengetahui arah kebijakan FE UNNES.

 

Dekan FE UNNES, Dr. H. Wahyono, MM menyampaikan arah kebijakan Fakultas yaitu (1) FE adalah fakultas yang unggul, terbaik, dan terfavorit di UNNES; (2) pilarnya Universitas; (3) Memiliki reputasi yang tinggi; (4) Menjadi pelapor inovasi; (5) Mengejar ketertinggalan agar bisa sejajar dengan FEB PTN terkemuka.

 

Arah kebijakan tersebut harus berdasarkan kepada kekuatan dan kelemahan FE UNNES. Kekuatan FE UNNES yaitu (1) tahun 2016 FE UNNES menduduki rangking II tingkat universitas; (2) Semua prodi terakreditasi A; (3) Dua jurnal yaitu Jejak dan JDM sudah terakreditasi Dikti dan berpotensi terakadreditasi Schopus; (4) JDA dan JDPE berpotensi terakreditasi terakreditasi Dikti; (5) memiliki asosiasi pengelolaan jurnal manajemen; (6) jurnal publikasi nasional/ internasional cukup tinggi; (7) SDM yang sedang kuliah S3 cukup tinggi; (8) Fasilitas sarana dan prasarana cukup memadai; (9) Potensi mahasiswa cukup tinggi; dan (10) Prestasi yang telah diraih.

 

Kelemahan FE UNNES yaitu (1) masih kurangnya dosen, khususnya PE; (2) Kekurangan lektor kepala dan profesor-usulan kenaikan pangkat masih lambat; (3) belum ikut konsorsium nasional; (4) masih rendahnya kualitas sebagian penelitian/ pengabdian kepada masyarakat; (5) Belum semua hasil penelitian dosen masuk jurnal; (6) masih kurangnya kerja sama nasional/ internasional; (7) konservasi lingkungan/ penataan masih kurang; (8) konsentrasi P. AP dan P. Akt di jurusan  PE belum prodi; (9) tingkat kelulusan/ masa studi mahasiswa tepat waktu masih rendah–4,8 tahun; (10) website FE masih lemah; (11) belum memiliki IKA FE–forum alumni (12) masih lemahnya sistem administrasi di fakultas; (13) masih lemahnya proses penyelesaian SPJ dan pelaksanaan anggaran; (14) masih lemahnya kualitas tendik dan belum bisa memberikan pelayanan prima

Semoga arah kebijakan Fakultas tahun 2017 menjadi tujuan FE UNNES ini tercapai dengan mengetahui posisi FE UNNES akan kelemahan dan kelebihannya. Dengan analisis ini diharapkan FE UNNES tahun 2017 menjadi Fakultas terbaik di UNNES. Bravo FE UNNES!

 

 

Ditulis Oleh Agung Kuswantoro

 

Related Posts you may like

Workhshop Perangkat Pembelajaran

Guna meningkatkan pelayanan akademik, dosen sebelum mengajar diwajibkan membuat perangkat pembelajaran. Ada penyegaran dalam semester Genap 2016/ 2017 dalam perangkat pembelajaran, khususnya dalam Bahan Ajar.

 

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan acara worksop pembelajaran. Materi kegiatan ini disampaikan oleh Dr. Murwatiningsih, MM dengan moderator Dr. Muhammad Khafid, M. Si.

Dosen dalam penulisan bahan ajar harus melibatkan nilai-nilai konservasi. Nilai konservasi Fakultas Ekonomi UNNES adalah jujur sehingga dosen pun diharapkan mampu menerapkan nilai tersebut.

 

Adapun formatnya perangkat pembelajaran dapat unduh di laman http://bpm.unnes.ac.id/2017/01/format-penyusunan-rencana-pembelajaran-semester-rps-dan-bahan-ajar-semester-genap-20162017/

 

Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga peng-up load-an perangkat pembelajaran tersebut.

Related Posts you may like

Rapat Tugas Pembagian Mengajar Semester Genap 2016/2017

 

Dalam rangka mempersiapkan semester genap mendatang, FE Unnes menyelenggarakan Rapat Pembagian Tugas Mengajar semester genap 2016/2017 di Gedung aula FE. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan FE Unnes, Dr. Wahyono, MM.

Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya beban mengajar dosen jangan lebih dari 21 sks, mata kuliah yang diampu dosen jangan berubah-ubah tiap semesternya sehingga para dosen tidak mempelajari dari awal kembali, kemudian diharapkan dosen dapat segera mengupload RPS apalagi ada perubahan format RPS yang disesuaikan dengan Standar Nasional (SN)- DIKTI.

Materi RPS bahan ajar/diktat disampaikan oleh Sekretaris BPM, Agung Yulianto. RPS diharapkan disusun bersama dalam kelompok bidang kajian yang terdiri dari dosen-dosen yang mengampu mata kuliah yang sama. Karena capain pembelajaran lulusan setiap mata kuliah sama. Selain itu, diharapkan nilai-nilai konservasi dapat diinternalisasikan di capaian pembelajaran mata kuliah.

Selain membahas mengenai tugas pembagian mengajar, WD 1 FE menghimbau agar selama menunggu masa kuliah dimulai, diharapkan para dosen dapat menulis manuskrip yang akan di-submit di jurnal internasional. Target publikasi Jurnal Internasional terindeks scopus sebanyak 15 paper dan saat ini sudah ada 10 paper yang siap publikasi.

WD 1 juga memberikan Informasi mengenai kalender akademik sebagai berikut; Penyelesaian nilai K ( 19 Januari-18 Februari 2017), Registrasi Administrasi (23 Januari-13 Februari 2017), Registrasi Akademik KRS tahap 1 (7-19 Februari 2017), Registrasi Akademik KRS tahap 2 (22-27 Februari 2017) dan masa kuliah (27 Februari -16 Juni 2017).

Related Posts you may like

APEL MANDIRI PERDANA FE UNNES

Oleh Agung Kuswantoro

Senin (9/1) menjadi hari pertama FE UNNES mengadakan apel mandiri. Biasanya FE UNNES tergabung dengan FIS dan FH UNNES.

Ada beberapa alasan diadakan secara mandiri. pertama, koordinasi lebih mudah diantara civitas akademika. Dosen dengan tendik. Pimpinan dengan staf. Dan elemen di FE UNNES.

Kedua, efesiensi tempat dan waktu. Selama ini apel ada di halaman parkiran FIS, sehingga kurang efesien waktu dan tempat. Ujar Dekan FE UNNES, Dr. H. Wahyono, MM.

Dekan juga menyampaikan berapa point di apel tersebut. Pertama, perlu peningkatan dalam kualitas FE UNNES. Sehingga peringkat prodi-prodi di FE UNNES masuk dalam 10 besar tingkat Fakultas.

Kedua, kerja jangan hanya rutinitas. Buatlah inovasi-inovasi dalam bekerja, sehingga prestasi mudah diraih.

Ketiga, pelayanan prima harus diunggulkan, meskipun dengan mahasiswa. Mahasiswa kita dorong untuk menyelesaikan skripsi secara cepat dari sekarang. Misal skripsi diselesaikan dengan jangka waktu tiga bulan.

Semoga kita bisa beerja dengan baik dan diridoi Allah. Amin

Semarang, 9 Januari 2017

———-
Hingga berita ini ditulis, apel masih berlangsung

Related Posts you may like

IUP : Langkah Awal Jurusan Pendidikan Ekonomi Menuju Reputasi

Mengawali tahun Reputasi UNNES, jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan Open House International Undergraduate Program (IUP) Departement of Economics Education (DEE). IUP DEE adalah program unggulan Jurusan Pendidikan Ekonomi berupa Kelas Internasional, dimana melalui kelas tersebut diharapkan mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES mampu bersaing secara global.

Kegiatan ini merupakan acara pembuka dari serangkaian kegiatan IUP DEE. Proesnya adalah seleksi tertulis, seleksi wawancara, dan Orientasi Mahasiswa Baru IUP DEE.

Pada akhirnya, akan terpilih 20 mahasiswa dari masing-masing konsentrasi di Jurusan Pendidikan Ekonomi yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi Koperasi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran yang akan belajar di  kelas IUP DEE. Rangkaian seleksi tersebut diharapkan mampu menyaring potensi terbaik mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi untuk dipacu berkiprah di ajang internasional.

Acara dilakukan pada Senin (9/1) bertempat di Aula Gedung L1 Fakultas Ekonomi dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Dr. Ade Rustiana, M.Si pada pukul 15.00WIB.  Dilanjutkan dengan paparan tentang IUP DEE dan cara pendaftarannya oleh tim IUP DEE.

Open House IUP DEE berjalan sangat lancar dan meriah diakhiri dengan pembagian doorprize bagi peserta. Ketua IUP DEE,  Sandy Arief, S.Pd., M.Sc. mengatakan bahwa beliau melihat antusiasme yang luar biasa dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Hal itu membuat tim IUP DEE menjadi semakin bersemangat menggarap program ini dan mengenalkan Jurusan Pendidikan Ekonomi di dunia internasional.

Related Posts you may like

Gatot Wakili Indonesia dalam Asia Pacific Future Leader 2016

Gatot Satrio Dirgantoro terpilih untuk menjadi delegasi Indonesia dan bergabung dengan 150 mahasiswa S1, S2 dan S3 se-Asia Pasifik dan USA untuk mengikuti Asia Pacific Future Leader 2016

Dia mampu menyisihkan 900 lebih pendaftar melalui jalur prestasi organisasi mahasiswa. Delegasi negara lain antara lain Malaysia, Indonesia, Philippines, Thailand, Vietnam, Cambodia, Myanmar, India, Bangladesh, Pakistan, Nepal, Australia, dan Amerika Serikat.

Presentasi mini proyek, pentas budaya, FGD, kunjungan perusahaan, networking session, coaching, dan KL Race akan dipresentasikan Gatot dalam ajang ini.

Mahasiswa dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini akan mendapatkan coaching dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Managing Director of Facebook, Digital Manager of Google Asia Pasifik, Manager of ASEAN Center for Entrepreneurship, para akademisi dan CEO terkemuka lainnya.

Di akhir konferensi selama 4 hari ini mereka akan meluncurkan aplikasi informasi StudEc sebagai wahana bertukar informasi, ide inovasi mahasiswa se-Asia Pasifik. Acara ini akan dibuka langsung oleh Perdana Menteri Malaysia di Kuala Lumpur.

Kita doakan bersama Gatot dapat menyelesaikan tugas dan kegiatannya disana dengan baik dan dapat membagi pengalamannya dengan mahasiswa FE lainnya setelah kembali ke tanah air.

https://unnes.ac.id/berita/gatot-wakili-indonesia-dalam-asia-pacific-future-leader-2016/

Related Posts you may like

MANAJEMEN RAIH AKREDITASI A, PRODI FE 100% TERAKREDITASI A

Setelah melalui visitasi  Akreditasi yang dilaksanakan tanggal 18-19 Agustus 2016, akhirnya prodi Manajemen FE UNNES berhasil memperoleh akreditasi A. Visitasi dilakukan  untuk  verifikasi data faktual sebagaimana isian borang yang terkirim ke Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Tim Asesor yang hadir terdiri dari Prof Dr Surachman SE MSIE  (Universitas Brawijaya) dan Prof Dr Andi Sularso MS (Universitas Jember).

Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) sudah menjadi seperti nyawa.  akreditasi juga berguna untuk pengusulan proyek institusi.  Manfaat lain dari akreditasi adalah, bagi lulusan yang ingin bekerja apalagi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa instansi mensyaratkan akreditasi. Bahkan beberapa perusahaan swasta sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya harus dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B bahkan harus A.

Dengan diraihnya akreditasi A ini, diharapkan banyak manfaat dan dampak positif yang akan berguna bagi seluruh civitas akademika baik dalam lingkup jurusan, fakultas, maupun universitas.

Related Posts you may like

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Raih Juara 1 dan 2 Tingkat Nasional

Tim mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (KIME) meraih juara 1 dan 2 tingkat nasional pada Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Nasional (KIMNAS) 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) selama tiga hari Jumat-Minggu (11-13/11).

Tim yang diketuai Wahyu Nursiswo dengan dosen pembimbing Sandy Arief SPd MSc menyampaikan bahwa Tim KIME UNNES berhasil meraih 2 Juara sekaligus yakni juara 1 kategori lomba Poster dan juara 2 kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).

Tiga Mahasiswa itu adalah Wahyu Nursiswo yang merupakan Ketua KIME FE UNNES, Mar’atus Sholikah (Sekretaris KIME FE UNNES), dan Farhan Zakki Nugraha (Staff Humjar KIME FE UNNES).

Menurut Wahyu Nursiswo, keberhasilan tim ini merupakan perjuangan keras dan menggapai apa yang menjadi cita-cita adalah hal yang wajib dilakukan.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Universitas yang ada di Indonesia, diantaranya UGM, IPB, Unair, Unesa, UPI, Unsri, Universitas Pertamina Jakarta, IKIP PGRI Madiun, dan UNNES.

Dalam penyelenggaraannya ada 4 cabang lomba yang dilombakan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Debat, Esai, dan lomba Poster. Kompetisi dimulai dari tahap seleksi abstrak yang kemudian berakhir pada tahap final yaitu presentasi.

Adapun keluar sebagai juara yakni kategori Lomba Poster, juara 1 UNNES, juara 2 Universitas Pertamina Jakarta, dan juara 3 IPB.

Kategori LKTI juara 1 Unesa, juara 2 UNNES, juara 3 IPB. Ketegori Debat juara 1 UGM, juara 2 IPB, juara 3 Universitas Pertamina Jakarta. Sedangkan kategori Esai, juara 1 Unair, juara 2 Unesa, dan juara 3 Unair.

Diharapkan prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk selalu berjuang dan berprestasi.

Sumber https://unnes.ac.id/berita/mahasiswa-fakultas-ekonomi-unnes-raih-juara-1-dan-2-tingkat-nasional/

Related Posts you may like