Delapan Mahasiswa UPSI Kuliah Satu Semester di FE UNNES

Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia kuliah di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES)  pada Semester Gasal 2017/2018. Delapan mahasiswa tersebut diterima secara resmi oleh Rektor UNNES yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono MHum, Jumat (25/8) di Gedung Rektorat Lantai 4 Kampus Sekaran.

Kami bangga dan mengapresiasi student exchange ini yang telah dilakukan oleh FE UNNES, “ini salah satu bentuk nyata UNNES bereputasi internasional, ungkap Prof Rustono”. Selamat datang di UNNES, Universitas berwawasan konservasi  dan bereputasi internasional, semoga dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, nyaman dan mencapai prestasi unggul. “Jangan lupa begitu selesai kuliah di FE UNNES, harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, tutur Prof Rustono di hadapan delapan mahasiswa UPSI.

Wakil Dekan bidang Akademik Drs Heri Yanto MBA PhD mengatakan,  pelaksanaan student exchange ini sudah kita persiapkan sejak semester yang lalu, baik terkait kurikulumnya, dosen yang mengampu, teknis registrasi, perkuliahan selama di UNNES dan akomodasi mahasiswa UPSI selama kuliah di FE UNNES. Akhirnya implementasi student exchange ini, kami sepakati dalam Memorandum of Agreement (MoA) antara UPSI dan Dekan FE UNNES.

Rencana semester Genap 2017/2018 nanti, mahasiswa FE UNNES akan kuliah di UPSI selama satu semester juga, ini sebagai bentuk komitmen kami mewujudkan UNNES bereputasi internasional, papar Heri Yanto. Berikut delapan mahasiswa UPSI yang kuliah di FE UNNES: Aina Nabilah binti Mansor, Nor Afifah binti Artawan, Nur Fatin Farzana binti Dzulkifli, Nur Izzatul Aziela binti Shukur, Siti Norzaidah binti Mohamad Zaidi, Nadhirah binti Mod Mesron, Nur Farhana binti Abdullah dan Nur Ain binti Idris

 

Related Posts you may like

Mahasiswa FE Raih Juara I Essay Nasional Kamakarya 2017

Prestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) sangat membanggakan, lagi-lagi berprestasi dalam kancah nasional, sebagai Juara I Essay Nasional dalam ajang bergengsi Kamakarya yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada (UGM), 21-23 April 2017 di UGM Yogyakarta.

Siapa mahasiswa itu? Wahyu Nursiswo, Dialah orangnya, sosok mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Jurusan Pendidikan Ekonomi program studi Administrasi Perkantoran. Ia berhasil menyisihkan 10 Finalis dari Universitas terdepan di Indonesia yakni ITB, UGM, UPI, Unlam, UNDIP, Institut Teknologi Kalimantan dan USU.

Dr Wahyono Dekan FE UNNES mengungkapkan sangat bangga atas prestasi yang telah berhasil diraih mahasiswa FE, “semoga akan segera disusul oleh prestasi-prestasi lain yang lebih membanggakan yang ditorehkan oleh mahasiswa FE yang lain, ujarnya.

Related Posts you may like

Lagi, Mahasiswa Akuntansi FE Juara II Tingkat Nasional

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) meraih Juara Dua Nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi pada kejuaraan Sriwijaya Accounting Olympiad, Kamis – Sabtu (6-9/4) di Universitas Sriwijaya Palembang. Mereka yakni Nurul Kholifah, Diyah Damayanti, dan Erna Suprapti.

Dekan FE UNNES Dr Wahyono MM mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa Akuntansi FE. “Ini merupakan bukti FE senantiasa ikut andil dalam meningkatkan pencitraan atau reputasi UNNES,” katanya.

Tahun 2017 ini UNNES mencanangkan sebagai tahun reputasi, mari kita bersama sama menyukseskan dengan cara mendorong mahasiswa berprestasi, ajak Dr Wahyono.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kusmuriyanto mengatakan Prestasi yang membanggakan ini diharapkan mampu menjadi pemacu mahasiswa yang lain untuk terus berprestasi.

 

Related Posts you may like

Telah Dibuka, Seleksi Beasiswa Tahfizh Kerja Sama Kemenag dan Turki

Kuliah di Turki bagi sebagian orang merupakan impian, tak memiliki dana bukanlah halangan, mengapa demikian? saat ini Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) kembali memberikan beasiswa bagi para penghafal (tahfizh) Alquran. Beasiswa ini hasil kerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey/ UICCI).

Dalam REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA (12/3) diberitakan, program beasiswa tahfizh Alquran (PBTQ) dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi peserta yang lulus seleksi untuk mengikuti program pendidikan non degree di Indonesia dan di Turki.

Pendaftaran calon peserta seleksi dilakukan mulai tanggal 13 Maret sampai dengan 13 Mei 2017 secara online di website www.uicci.org. Seleksi PBTQ akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Seleksi tahap I, berupa tes tertulis dan hafalan pada tanggal 26 Mei 2017 di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi yang ditunjuk. Hasil seleksi tahap I akan diumumkan pada 1 Juni melalui Kanwil Kemenag Provinsi dan website Kementerian Agama (www.kemenag.go.id).

Untuk seleksi tahap II berupa masa orientasi di Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang ditunjuk dari 7 – 11 Juni 2017. Mereka yang dinyatakan lulus dan mendapatkan beasiswa akan diumumkan melalui Kanwil dan website Kemenag pada 15 Juni 2017. Sedangkan Pelaksanaan pendidikan PBTQ ini akan dimulai pada 9 Juli 2017.

Peserta seleksi PBTQ terbagi menjadi dua, yaitu kelompok usia 18 – 22 Tahun dan 14 – 18 Tahun. Untuk kelompok pertama, peserta yang lulus seleksi akan memperoleh layanan pendidikan selama setahun di Indonesia untuk memantapkan tahfizh Alquran 30 juz, Bahasa Arab, dan Bahasa Turki.

Setelah itu, mereka akan memperoleh pendidikan di Turki selama tiga tahun untuk mendalami tahfizh Alquran, pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki.

Beasiswa untuk kelompok usia 14 – 18 tahun diberikan kepada mereka yang minimal sudah hafal 1 juz Alquran. Mereka akan diberi layanan pendidikan selama dua tahun terlebih dahulu pada lembaga pendidikan yang telah ditetapkan Kementerian Agama untuk kemudian pada awal tahun ketiga, kembali diseleksi untuk program lanjutan ke Turki. Bagi yang lulus diwajibkan mengikuti pendidikan kesetaraan Paket C selama setahun guna memperoleh ijazah jenjang Madrasah Aliyah (MA/sederajat) untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya di Turki.

Alumni program ini wajib mengabdi selama setahun dalam rangka mengembangkan pengetahuannya di pondok pesantren Tahfizh Alquran, baik di Indonesia maupun lembaga pendidikan yang dikerjasamakan oleh UICCI di sejumlah negara.

Peserta yang lulus seleksi dan mengikuti program akan mendapat fasilitas akomodasi, konsumsi, dan layanan pendidikan dari UICCI. Adapun transportasi keberangkatan ke Turki akan ditanggung oleh Kementerian Agama RI. (sumber: kemenag.go.id)

Related Posts you may like

Mahasiswa FE, Yuk Ikuti dan Raih Prestasi melalui PKM

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa tanah air untuk beradu kreativitas dan kepiawaian berpikir kritis dan inovatif, Proposal PKM yang layak didanai tahun 2017 bisa diakses melalui http://belmawa.ristekdikti.go.id dan http://simbelmawa.dikti.go.id

Berdasar surel dari Belmawa Dikti disampaikan, mekanisme penyaluran dana akan dilakukan melalui kontrak kerja antara Dirjen Belmawa dengan Rektor/Ketua/Direktur PTN dan Koordinator Kopertis Wilayah.

Bagi kelompok PKM yang didanai wajib segera mengisi daftar isian yang sudah disediakan dan mengirim kembali melalui email kreativitas.belmawa@gmail.com paling tanggal 17 Maret 2017.

Drs Kusmuriyanto MSi Wakil Dekan Bidang Mawa FE menuturkan bagi mahasiswa yang proposal tahun 2016 belum berhasil didanai, tetap semangat, dan semangat. “Silahkan segera persiapkan proposal yang lebih baik, lebih kreatif, dan lebih inovatif lagi untuk pengajuan pendanaan tahun 2018″, bagi yang belum mencoba silahkan mencoba, dan mencoba untuk menulis”,  harapnya.

Ia juga mengatakan, untuk Mahasiswa FE yang proposalnya didanai, selamat dan sukses. “Semoga berhasil sampai dan bisa mengikuti final ajang bergengsi PIMNAS 2017 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makasar”, pungkasnya.

Informasi selengkapnya kunjungi laman: http://belmawa.ristekdikti.go.id dan http://simbelmawa.dikti.go.id

 

 

Related Posts you may like

Melanie Subono meriahkan Cradio Goes to Campus di FE UNNES

Ada yang beda di hari Selasa, 7 Maret 2017. Gedung Serba Guna L1 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang disemarakkan tamu spesial Melanie Subono (penyanyi dan presenter berkebangsaan Indonesia lahir di Jerman) dan Jiwo Pogog (aktivis desa). Mereka datang di FE UNNES dalam rangka Cradio Goes To Campus kerja sama FE UNNES, Bank Indonesia, Cradio dan Radio Idola.

Acara Talk Show ini dhadiri pimpinan dan dosen FE, juga diikuti tak kurang dari 300 mahasiswa, mengambil tema “The Limit Is You”. Acara juga dimeriahkan Band Akustik yang sempat memukau peserta.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs Kusmuriyanto MSi menuturkan acara ini sangat kami apresiasi, terus lanjutkan perjuangan kaum muda. “Keterbatasan yang kita miliki bukan penghalang tetapi motivator untuk terus maju dan berkarya demi bangsa dan negara”, ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan acara ini mampu menginspirasi mahasiswa FE khususnya dan UNNES umumnya untuk semakin peduli kepada lingkungan hidup, sosial, budaya dan kewirausahaan. “Setiap saat kita bisa berbuat baik, dab berbuat terbaik, ketika berbuat baik jangan mencari alasannya, apalagi berharap imbalan serta berbuat baik segera dilakukan, jangan ditunda’, pungkasnya

Acara program Goes To Campus ini, rencananya akan digelar tiga bulan sekali.

Related Posts you may like

FE Gelar Sarasehan Pimpinan dengan Orang Tua Mahasiswa

Dalam rangka meningkatkan prosentase lulusan tepat waktu bagi mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan sarasehan dengan orang tua mahasiswa angkatan 2010, Sabtu (11/2) di Lantai 3 Dekanat FE kampus Sekaran.

Hadir dalam acara tersebut, Dekan FE, Wakil Dekan I, II, III, pimpinan jurusan, kabag, dan kasubbag serta tenaga kependidikan FE. Acara yang sengaja digelar hari Sabtu itu mengundang seluruh orang tua mahasiswa FE angkatan 2010 sebanyak 47 orang.

“Walau yang hadir hanya hampir 50%, saya yakin forum ini menjadi ajang silaturahim yang mampu memotivasi mahasiswa angkatan 2010 untuk bisa menyelesaikan studi sebelum 31 Agustus 2017′, tutur Dekan FE Dr Wahyono MM saat memberikan sambutan acara tersebut.

Dr Wahyono juga menuturkan, sebagai orang tua bapak ibu semua bukan saatnya marah dengan putranya, namun saatnya cari solusi, anak terus dimotivasi agar segera menyelesaikan skripsi. “Kalau prediksi lulus sudah tidak mungkin segera mengajukan pindah ke PT lain, saya siap bantu”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan bidang Akademik Heri Yanto PhD, mengatakan Bapak Ibu selaku orang tua jangan khawatir, kami akan bantu sepenuhnya putra bapak/ibu untuk dapat menyelesaikan studi, namun tetap sesuai aturan akademik yang ada di UNNES. “Silahkan mulai hari ini segera konsultasi dengan pimpinan jurusan, terus menulis, menulis, dan bimbingan skripsi rutin dengan dosen pembimbing”, tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan forum tanya jawab dan konseling dengan pimpinan jurusan masing-masing.

 

Related Posts you may like

60 Mahasiswa, Lolos Seleksi Tahap I Beasiswa Bank Indonesia

Upaya meningkatkan Prestasi Akademik mahasiswa, Tahun 2017 Bank Indonesia memberikan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), sebanyak 60 mahasiswa UNNES lolos seleksi tahap I.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Drs Kusmuriyanto MSI mengungkapkan selamat kepada mahasiswa yang lolos seleksi tahap I, “semoga sukses di seleksi tahap II yakni wawancara yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Februar1 2017 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng”, ujarnya.

Daftar mahasiswa yang lolos seleksi dan informasi selengkapnya klik di sini

Related Posts you may like

Inilah Mahasiswa Penerima Beasiswa Lazis UNNES 2017

Untuk meningkatkan prestasi dan membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang beruntung dari sisi ekonomi, Rumah Amal Lazis Universitas Negeri Semarang memberikan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa UNNES 2017. Hasil seleksi penerima beasiswa pendidikan 2017 telah diunggah di laman www.lazisunnes.org

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UNNES Drs Kusmuriyanto MSi menyampaikan informasi ini penting, segera disampaikan/diumumkan ke mahasiswa pengusul. “mereka sangat membutuhkan beasiswa tersebut guna membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka selama kuliah di UNNES”, tuturnya.

Ia juga menuturkan, dari 247 mahasiswa penerima beasiswa Lazis, sebanyak 37 mahasiswa berasal dari Fakultas Ekonomi. “Selamat bagi para penerima semoga meningkatkan prestasi dan motivasi untuk selalu berkarya serta berprestasi’, pungkasnya.

Berikut kami sampaikan hasil seleksi beasiswa lazis unnes klik disini

Related Posts you may like

KSEI UNNES Juara II Lomba LKTI Tingkat Jawa Tengah

Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang merupakan Badan Semi Otonom Fakultas berhasil meraih juara dua tingkat Jawa Tengah dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah, Sabtu-Minggu 3-4 Februari di Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Semarang.

Acara yang digelar dalam rangka temu ilmiah ekonomi islam se-Jawa Tengah di ikuti puluhan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs Kusmuriyanto MSi, mengungkapkan sangat bangga dan mengapresiasi prestasi tersebut, dari kompetisi seperti inilah mahasiswa berlatih, ditempa untuk tampil berkreasi, berpikir dan mengungkapkan gagasannya untuk menyelesaikan beberapa masalah yang ada di masyarakat sesuai bidang ilmunya. “Prestasi ini semoga diikuti mahasiswa lain untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan, selamat dan sukses untuk mahasiswa FE UNNES”, pungkasnya.

 

Related Posts you may like