IUP DEE INTERNATIONAL EDUCATION WEEK (IEW) 2017

Program S1 Internasional Jurusan Pendidikan Ekonomi atau International Undergraduate Program Department of Economics Education (IUP DEE) merupakan salah satu kelas internasional terbaik di Universitas Negeri Semarang (UNNES). IUP DEE International Education Week (IEW) 2017 adalah kesempatan bagi (mahasiswa kelas IUP) dan umum untuk mendapatkan keuntungan dari Pendidikan Internasional dan pertukaran mahasiswa tingkat dunia. Hal ini dapat menginspirasi semua orang untuk memperluas sudut pandang mereka dengan pembelajaran global, pembelajaran bahasa asing, dan mengikuti pertukaran internasional.
Program ini, terbagi dalam 5 acara, yakni IUP DEE seminar, IELTS simulation, IUP Talks, Pameran Budaya, dan Bazaar Kuliner yang diselenggarakan dari tanggal 14, 17, dan 18 Oktober 2017 di Aula Fakultas Ekonomi UNNES.
Untuk pertama, yaitu IUP DEE Seminar diadakan dengan tema “Contextualizing the International Education Landscape in the 21st Century” dengan 3 pembicara, yakni: Ms. Kerry Neuman, Kepala Sekolah dan Pengembang Kurikulum dari Permata Bangsa International School; Dr. Ekawati Dukut, Kepala International Office UNIKA Seogijapranata, dan Mr. Sandy Arief, Executive Chairman dari IUP DEE UNNES. Ms. Kerry Neuman menyatakan bahwa untuk menjadi pendidik berkualifikasi internasional dibutuhkan tidak hanya kemampuan akademik yang mumpuni tetapi juga kemampuan sosial dan afektif yang holistik. Ketrampilan global seperti penguasaan bahasa internasional dan pemahaman budaya menjadi syarat mutlak. Peserta didik yang terdiri dari multi budaya mensyaratkan pendidik yang mempunyai pemahaman akan budaya internasional. Sehingga kelas internasional benar-benar tercipta dengan baik.
Sementara itu, Dr. Ekawati menyatakan bahwa banyak skema bantuan program internasional yang ditawarkan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Short course, exhange program, internship yang didanai pemerintah ataupun sponsor dari luar negeri menyediakan suatu platform untuk pengembangan mahasiwa internasional.
Sandy Arief, M.Sc sebagai Kepala Program Internasional Jurusan Pendidikan Ekonomi menyatakan kegiatan International Education Week 2017 ini merupakan komitmen IUP DEE untuk menyukseskan visi universitas menjadi universitas yang bereputasi internasional. Dalam sesi seminar, Sandy Arief menyatakan bahwa untuk semester ini, IUP DEE memiliki 11 mahasiswa internasional dari Malaysia dan Denmark. Beberapa kegiatan seperti pentas budaya ditujukan agar mahasiwa internasional mempunyai ruang untuk mengaktualisasikan potensi seni dan budaya mereka sehingga mahasiswa dan masyarakat umum memiliki pemahaman akan perbedaan budaya yang dapat disinergikan dengan baik. IELTS simulation merupakan langkah strategis IUP DEE untuk menjaga kualitas mahasiswa dalam ketrampilan bahasa inggris, mengingat mahasiswa internasional memiliki standar kemampuan bahasa internasional tersendiri. IUP DEE menyediakan berbagai fasilitas dan bantuan seperti Praktik Mengajar Internasional, IUP DEE sudah memberangkatkan mahasiswa untuk mengikuti PPL Internasional di Malaysia dan Vietnam. Mahasiswa IUP DEE juga beberapa kali menang kompetisi internasional dan mengikuti program kerelawanan internasional seperti yang terakhir kali diikuti yaitu di Makau dan Hong Kong.
Acara kedua adalah IELTS Simulation test. Simulasi ini berupa praktek ujian IELTS yang memberitahu anda mengenai bagaimana tipe soal IELTS dalam kondisi ujian yang sebenarnya. IELTS simulation ini bekerja sama dengan IDP Semarang.
Acara lain adalah IUP Talks. Program ini diadakan oleh IUP DEE untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dalam isu tertentu. Selain itu, juga diundang salah satu penulis buku berjudul “Soul Traveller”, buku yang berisi pengalaman mahasiswa Indonesia dalam mencapai mimpi mereka belajar di luar negeri.
Terakhir, acara yang diadakan adalah pameran budaya yang dikemas dalam Cultural Exhibition. Dengan tema “UNITY IN DIVERSITY” acara ini bertujuan memperkaya pengetahuan dan apresiasi pada budaya bangsa dan budaya internasional yang memiliki banyak perbedaan. Mahasiswa dari Denmark, Malaysia, Perancis dan Indonesia serta negara lainnya menampilkan pertunjukan yang spektakuler dalam acara ini dihadapan lebih dari 250 penonton.

Related Posts you may like

Peluang Credit Transfer Mahasiswa FE ke UPSI Malaysia

Program Credit Transfer adalah salah satu program mobilitas mahasiswa dengan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di universitas luar negeri.

Pada tahun 2018, Fakultas Ekonomi UNNES membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti Kredit Transfer di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.

Fasilitas:

  1. Free Asrama selama di Malaysia
  2. Mahasiswa terpilih hanya membayar biaya perkuliahan di Fakultas Ekonomi, UNNES
  3. Pembiayaan:
  4. Biaya Mandiri; dan
  5. Bantuan Fakultas (besaran bantuan berdasarkan hasil seleksi)

Persyaratan:

  1. Mahasiswa Program Sarjana (S1)
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif:
    1. Jurusan Manajemen (semester I)
    2. Jurusan Pendidikan Ekonomi ( Administrasi Perkantoran semester I dan Pendidikan Akuntansi semester III)
    3. Jurusan Ekonomi Pembangunan (semester III)
    4. Jurusan Akuntansi (semester I dan III)
  3. Mengisi Fomulir Registrasi yang disetujui oleh pembimbing akademik dan orang tua
  4. Melampirkan transkrip akademik dan Curriculum Vitae (CV)
  5. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimum 450 atau IELTS minimum 5.0
  6. Semua berkas dikumpulkan di masing-masing TU Jurusan (Formulir Registrasi, Transkrip Akademik, sertifikat TOEFL, dan CV)
  7. Deadline pengumpulan berkas adalah hari Jumat, tanggal 20 Oktober 2017, pukul 09.00 WIB.

Proses seleksi:

  1. Seleksi diselenggarakan oleh Fakultas
  2. Proses seleksi meliputi desk evaluation dan wawancara
  3. Wawancara dilaksanakan bagi mahasiswa yang lulus tahap seleksi desk evaluation
  4. Kriteria wawancara meliputi: prestasi akademik, kemampuan Bahasa inggris, kepribadian, dan aktivitas extra kurikuler
  5. Kelulusan calon peserta diumumkan paling lambat 1 minggu setelah proses wawancara

 

Related Posts you may like

KOMPETISI PERKANTORAN SE-JATENG DAN DIY

KOMPETISI PERKANTORAN SE-JATENG DAN DIY

 

Administrasi merupakan proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga diperlukan pemahaman yang baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Administrasi perkantoran harus dipahami sebagai suatu proses rangkaian yang mengalir. Acara ini memiliki tujuan untuk menyiapkan tenaga administrasi yang handal dan profesional; menyiapkan lulusan pendidikan administrasi perkantoran yang siap dengan dunia kerja. Untuk menunjang hal tersebut Jurusan Pendidikan Ekonomi menyelenggarakan Kompetisi Perkantoran se-Jateng dan DIY. Acara ini akan diselenggarakan di Laboratorium Praktik Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES. Gedung L3 lantai 2, Kampus Sekaran, Gunung Pati, Semarang.

Ketentuan atau prosedur yang dilakukan dalam kompetisi ini adalah kompetisi dilakukan dalam 2 tahap yaitu babak penyisihan dan praktik perkantoran; babak penyisihan dilakukan secara tertulis berkelompok; sebanyak enam kelompok peserta yang lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak grand final; peserta dalam kelompok (tim) beranggotakan 7 orang, masing – masing  sebagai pemimpin (1 orang), pengolah (1 orang), pengetik (1 orang), pengarah (1 orang), agendaris (1 orang), arsiparis (1 orang), ekspenditur/Pengirim/Pengirim Surat (1 orang). Satu sekolah mengirimkan peserta maksimal 2 kelompok. Technical meeting diadakan sebelum pelaksanaan lomba.

Teknis pendaftaran yang telah disusun yaitu mengunduh formulir di http://pendidikanekonomi.unnes.ac.id; berkas pendaftaran disertai email ke agungbinmadik@mail.unnes.ac.id  pendaftaran dapat ditransfer nomor rekening BNI 0162485626 a/n Nina Farlina, biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000.

Untuk tanggal dan tempat pendaftaran. Pendaftaran peserta kompetisi dimulai 3 Juli 2017. Technical meeting dilakukan pada 18 September 2017. Pelaksanaan kompetisi dan Coaching perkantoran dilakukan pada tanggal 19 September 2017. Penyerahan hadiah  bagi 6 peserta tanggal 20 September 2017. Adapun hadiah bagi peserta (a) Juara I : Rp 2.000.000, trofi, dan  sertifikat; (b) Juara II : Rp 1.500. , trofi, dan  sertifikat; (c) Juara III : Rp 1.000.000 , trofi, dan  sertifikat; (d) Harapan I : Rp 750.000 , trofi, dan  sertifikat; (e) Harapan II : Rp 500.000 , trofi, dan  sertifikat; (f) Harapan III : Rp 400.000 , trofi, dan  sertifikat. Informasi /contact person dapat menghubungi Agung (No HP 08179599354), Wisudani (No Hp 081226410644), Hana (No Hp. 085225074630).

 

Ditulis Oleh Agung Kuswantoro

Related Posts you may like

SEMNAS DAN CALL FOR PAPER : PROBLEMATIKA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM

SEMNAS DAN CALL FOR PAPER : PROBLEMATIKA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI KURIKULUM

 

Sebagai upaya menghadapi abad ke-21, Negara Indonesia memasukkan konsep berkelanjutan sebagai salah satu prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan nasional, dimana menempatkan pendidikan sebagai hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Hal ini tentu merupakan tantangan baru bagi komunitas pendidikan, untuk memasukkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan pada kurikulum. Untuk itu, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES, sebagai motor pencetak tenaga pendidik di bidang ekonomi dan bisnis perlu meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui penyelenggaran Seminar Nasional dengan tema Problematika dan Solusi Implementasi Kurikulum Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Pemateri dalam seminar ini adalah (1) Prof. Dr. Said Hamid Hasan, M.H .(Pakar Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia); (2) Drs. Heri Yanto, M.B.A.,Ph.D (Pengembang Kurikulum Universitas Negeri Semarang).

Acara ini akan diselenggarakan pada Rabu, 20 September 2017 bertempat di Aula UNNES Training Center (UTC) pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Adapun time line pendaftaran pada (1) Batas akhir pendaftaran pemakalah dan pengiriman abstrak tanggal 22 Agustus 2017. Notifikasi pengumuman penerimaan abstrak akhir Agustus 2017. (2) Batas akhir upload full paper dan registrasi pembayaran 7 September 2017. (3) Adapun teknis pendaftaran yang telah disusun yaitu (a) mengisi formulir pendaftaran di laman bit.ly/formpendaftaransnpe (b) melakukan transfer pembayaran melalui nomor rekening BNI 500555116 a/n Indri Murniawaty (c) Konfirmasi transfer melalui SMS atau WhatsApp ke nomor hp. 081220080649 (d) Kemudian upload bukti transfer ke laman bit.ly/buktitransfersemnas.

Adapun biaya pendaftaran seminar nasional ini sebagai berikut (1) Mahasiswa UNNES Rp   50.000,00 (2) Umum Rp. 150.000,00, dan (3) Pemakalah Rp. 350.000,00. Adapun fasilitas yang didapatkan dalam seminar ini yaitu (1) Lima artikel terpilih akan dipublikasikan di jurnal Dinamika Pendidikan Ekonomi ttp://journal.unnes.ac.id/nju/indeks.php/DP (2) Seminar kit, Makan dan Snack (3) Sertifikat dan (4) Proceeding

Related Posts you may like

11 Mahasiswa Lolos Seleksi PKL dan PPL Antarbangsa Fakultas Ekonomi Unnes Tahun 2017

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di luar negeri merupakan salah satu cara untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah ke dunia nyata dan mendapatkan pengetahuan, kemandirian, skill dan pengalaman guna persiapan mahasiswa menghadapi tantangan global. Selain itu secara tidak langsung sebagai salah satu media efektif untuk m empromosikan potensi Indonesia dan khususnya universitas almamater di tingkat internasional yang dapat menunjukkan bahwa mahasiswa Indonesia siap berperan dalam pengabdian masyarakat di tingkat internasional. Pada hari Rabu, 3 Mei 2017 Fakultas Ekonomi mengadakan seleksi peserta PKL dan PPL Antarbangsa untuk periode Agustus – November tahun 2017.

Sehubungan dengan Seleksi PKL dan PPL Antarbangsa tahun 2017, kami umumkan 11 peserta yang lolos seleksi.

Selamat kepada Mahasiswa PKL dan PPL Antarbangsa  yang lolos seleksi. Mahasiswa PKL dan PPL Antarbangsa diwajibkan untuk melakukan konfirmasi keikutsertaan dengan mengunduh semua form surat pernyataan dan dokumen persyaratan di sini.

Related Posts you may like

Workshop Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Menuju Terakreditasi Nasional dan Internasional

Pengelolaan dan penyuntingan jurnal merupakan salah satu faktor penentu dari kualitas sebuah jurnal, Akreditasi menjadi indikator sukses tidaknya dan menarik tidaknya sebuah jurnal ilmiah.
Ketika sebuah jurnal sudah terakreditasi maka akan meningkatkan minat penulis untuk mengirim artikel ilmiah ke jurnal tersebut sehingga kesulitan pengelola jurnal mendapatkan artikel berkurang.
Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan workshop pengelolaan dan penyuntingan jurnal menuju akreditasi nasional dan internasional dengan peserta dibatasi sekitar 50 orang yang berasal dari berbagai pengelola jurnal ilmiah dari seluruh indonesia. Bertempat di Hotel Horison acara tersebut dilaksanakan dua hari yaitu 22 dan 23 Maret 2017, dibuka dekan Fakultas Ekonomi UNNES Dr. Wahyono, MM pada pukul 09.00 WIB. Beliau menyampaikan bahwa saat ini FE UNNES memiliki dua jurnal yang sudah terakreditasi dari 8 jurnal yang ada meskipun fakultas tersebut baru berumur 10 tahun, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pimpinan yang memberikan backup penuh dalam hal pengembangan jurnal.
Dr. Istadi ST, MT. memberikan materi standar dasar e-journal peraturan dirjen dikti kemdikbud No 1 Tahun 2014 Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah untuk memulai rangkaian acara tersebut, selanjutnya Yoris Adi Mareta menyampaikan materi pengelolaan jurnal menggunakan OJS (Open Journal System).
Sesi terakhir untuk tanggal 22 Maret 2017 diisi oleh Moh Yasir Alimi, S.Ag., M.A., Ph.D dengan materi Indeksasi jurnal menuju jurnal terakreditasi.
Sesi pertama dihari berikutnya diisi oleh pengelola JDM dan Jejak yang merupakan jurnal yang sudah terakreditasi nasional dan internasional. Nury Ariani Wulansari chief editor JDM mengutip dan membenarkan pernyataan Prof. Wasmen bahwa pengelola jurnal adalah “orang gila”

Related Posts you may like

APEL MANDIRI PERDANA FE UNNES

Oleh Agung Kuswantoro

Senin (9/1) menjadi hari pertama FE UNNES mengadakan apel mandiri. Biasanya FE UNNES tergabung dengan FIS dan FH UNNES.

Ada beberapa alasan diadakan secara mandiri. pertama, koordinasi lebih mudah diantara civitas akademika. Dosen dengan tendik. Pimpinan dengan staf. Dan elemen di FE UNNES.

Kedua, efesiensi tempat dan waktu. Selama ini apel ada di halaman parkiran FIS, sehingga kurang efesien waktu dan tempat. Ujar Dekan FE UNNES, Dr. H. Wahyono, MM.

Dekan juga menyampaikan berapa point di apel tersebut. Pertama, perlu peningkatan dalam kualitas FE UNNES. Sehingga peringkat prodi-prodi di FE UNNES masuk dalam 10 besar tingkat Fakultas.

Kedua, kerja jangan hanya rutinitas. Buatlah inovasi-inovasi dalam bekerja, sehingga prestasi mudah diraih.

Ketiga, pelayanan prima harus diunggulkan, meskipun dengan mahasiswa. Mahasiswa kita dorong untuk menyelesaikan skripsi secara cepat dari sekarang. Misal skripsi diselesaikan dengan jangka waktu tiga bulan.

Semoga kita bisa beerja dengan baik dan diridoi Allah. Amin

Semarang, 9 Januari 2017

———-
Hingga berita ini ditulis, apel masih berlangsung

Related Posts you may like

IUP : Langkah Awal Jurusan Pendidikan Ekonomi Menuju Reputasi

Mengawali tahun Reputasi UNNES, jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan Open House International Undergraduate Program (IUP) Departement of Economics Education (DEE). IUP DEE adalah program unggulan Jurusan Pendidikan Ekonomi berupa Kelas Internasional, dimana melalui kelas tersebut diharapkan mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES mampu bersaing secara global.

Kegiatan ini merupakan acara pembuka dari serangkaian kegiatan IUP DEE. Proesnya adalah seleksi tertulis, seleksi wawancara, dan Orientasi Mahasiswa Baru IUP DEE.

Pada akhirnya, akan terpilih 20 mahasiswa dari masing-masing konsentrasi di Jurusan Pendidikan Ekonomi yaitu Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi Koperasi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran yang akan belajar di  kelas IUP DEE. Rangkaian seleksi tersebut diharapkan mampu menyaring potensi terbaik mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi untuk dipacu berkiprah di ajang internasional.

Acara dilakukan pada Senin (9/1) bertempat di Aula Gedung L1 Fakultas Ekonomi dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Dr. Ade Rustiana, M.Si pada pukul 15.00WIB.  Dilanjutkan dengan paparan tentang IUP DEE dan cara pendaftarannya oleh tim IUP DEE.

Open House IUP DEE berjalan sangat lancar dan meriah diakhiri dengan pembagian doorprize bagi peserta. Ketua IUP DEE,  Sandy Arief, S.Pd., M.Sc. mengatakan bahwa beliau melihat antusiasme yang luar biasa dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Hal itu membuat tim IUP DEE menjadi semakin bersemangat menggarap program ini dan mengenalkan Jurusan Pendidikan Ekonomi di dunia internasional.

Related Posts you may like

PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA UNTUK GURU SMK SE-JATENG

 

 

Media pembelajaran adalah salah satu aspek penting dalam keberhasilan  pembelajaran di sekolah. Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, guru dituntut pula untuk dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran. Untuk itu sebagai salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi khususnya pengabdian masyarakat, Jurusan Akuntansi FE UNNES menggelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dan Blog sebagai Sumber Belajar Siswa Bagi Guru Smk Se-Jawa Tengah.  Pelatihan dilaksanakan  untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran dimana siswa menuntut pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Acara yang dilaksanakan pada Selasa (25/10) ini diikuti oleh 30 guru SMK Negeri dan Swasta se-provinsi Jawa Tengah. Acara yang berlangsung di Ruang Laboratorium Microteaching ini dimulai  pukul 10.00-14.00 WIB. Antusiasme peserta cukup tinggi ditandai dengan banyak sekali pertanyaan yang muncul saat sesi diskusi dibuka.

Hadir sebagai pemateri media pembelajaran Prezi adalah dosen pendidikan Ekonomi, Nurdian Susilowati, S.Pd. M.Pd dan Tusyanah, S.Pd. M.Pd. Sementara pengelolaan blog sebagai sumber belajar siswa disampaikan oleh Sunarna Hendra Handaka.

Ketua pelaksana kegiatan ini Kiswanto, SE, M.Si berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan kedepan guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih inovatif sehingga menunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Related Posts you may like

PEMBEKALAN PKL MAHASISWA FE UNNES 2016

 

 

Guna mempersiapkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa semester 7, FE UNNES menggelar kegiatan Pembekalan PKL Mahasiswa FE tahun 2016. Acara yang berlangsung di Aula Gedung Baru FE (L1) diikuti oleh 500 mahasiswa FE UNNES. Mereka berasal dari jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan.

Acara ini terbagi menjadi beberapa sesi. Mahasiswa PKL Jurusan Akuntansi mengikuti kegiatan pembekalan pada Rabu (26/10) pukul 10.00 WIB. Disusul oleh mahasiswa Ekonomi Pembangunan yang mengikuti kegiatan pembekalan pada pukul 13.00 WIB. Besoknya, Kamis (27/10), mahasiswa jurusan Manajemen mengikuti kegiatan pembekalan mulai pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam acara ini Dekan FE, Dr. Wahyono, M.M yang memberi sambutan dan melepas secara resmi mahasiswa yang akan diterjunkan ke instansi. Sementara Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Heriyanto, MBA., PhD. menyampaikan materi PKL sebagai bekal memasuki dunia kerja. Dalam kesempatan ini disampaikan pula berbagai macam hal mengenai teknis pelaksanaan PKL dan SOP PKL oleh Gugus PKL FE UNNES. Acara diakhiri dengan pesan-pesan oleh kepala jurusan kepada mahasiswa yang akan mulai melaksanakan PKL tanggal  31 Oktober hingga 30 Desember 2016 ini.

Ketua Gugus PKL FE UNNES yaitu Dr. M. Khafid, S. Pd, M.Si mengatakan PKL adalah kegiatan yang wajib dikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7 yang mengambil program studi murni di UNNES. Mahasiswa akan magang di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan program studi mereka. Setelah selesai, nantinya mahasiswa harus  menyusun laporan PKL untuk selanjutnya diuji oleh dosen pembimbing yang akan menentukan nilai kelulusan PKL. Nilai kelulusan PKL terdiri atas nilai laporan dan nilai ujian PKL serta digabung dengan nilai kinerja di industri PKL.

PKL menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang terampil dalam dunia kerja. Dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang baik, termasuk terbangunnya hubungan kerjasama yang harmonis dengan industri,  harapannya kedepan lulusan UNNES semakin berkualitas dan siap untuk memasuki dunia kerja.

 

 

Related Posts you may like