Gugus Kerjasama FE UNNES Menjadi Pemenang Hibah Pengembangan Model Joint Curriculum Tahun 2018

Kamis, 31 Mei 2018 kemarin, proposal dengan judul MOA Credit Transfer Mahasiswa Manajemen UNNES dengan Manajemen Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) berhasil memenangkan Hibah Pengembangan Model Joint Curriculum Tahun 2018. UNNES menggandeng Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) sebagai mitra luar negeri dalam program ini. Program yang di pimpin oleh Drs. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D. tersebut telah menyisihkan puluhan proposal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut menghasilkan 10 perguruan tinggi dengan program terbaik yang menjadi pemenang hibah dan UNNES menjadi salah satunya.

Pengumuman pemenang proram tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tanggal 31 Mei 2018 lalu. Program ini sekaligus menjadi salah satu program untuk merealisasikan Internasionalisasi Fakultas Ekonomi UNNES melalui Gugus Kerjasama Fakultas Ekonomi yang diketuai oleh Sri Utami, S.S. M.A., M.Pd. dengan memfasilitasi kerjasama Nasional dan Internasional.

Luaran dari program ini adalah adanya MoA (Memorandum of Agreement) yang berisi kegiatan-kagiatan kolaborasi dari Fakultas Ekonomi UNNES dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UPSI Malaysia. Salah satu kegiatan dalam waktu dekat yang akan segera dilaksanakan sebagai hasil tindak lanjut dari program ini adalah FGD terkait penyetaraan kurikulum dari kedua belah pihak.

Semoga hasil baik dari Gugus Kerjasama Fakultas Ekonomi ini bisa menjadi pemacu untuk semakin menginternasionalisasikan Fakultas Ekonomi UNNES di kancah dunia.

(NP/AS)

Jurusan Akuntansi Selenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Brevet Pajak A dan B

Dalam rangka meningkatkan kompetensi perpajakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang pada khususnya dan masyarakat umum pada umumnya, Jurusan Akuntansi (Tax Center Laboratorium Akuntansi FE Unnes) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I (Kanwil DJP Jateng I) akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Brevet Pajak A dan B bagi mahasiswa FE Unnes dan masyarakat umum. Brevet pajak A dan B tersebut akan dilaksanakan pada:
Tanggal : 2 Juli s.d 8 Agustus 2018*
Tempat : Tax Center dan Laboratorium Komputer Jurusan Akuntansi FE Unnes (Gedung
L3 lt. 3)
Peserta : Mahasiswa FE Unnes (terutama mahasiswa akuntansi semester VII dan VI yang
telah menempuh mata kuliah perpajakan) dan masyarakat umum
Narasumber : Dosen Perpajakan Jurusan Akuntansi FE Unnes
Kanwil DJP Jateng 1
Praktisi Perpajakan
*Pertemuan sebanyak 16 kali, 1 kali pertemuan berdurasi 120 menit, 1 minggu dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan

Materi yang akan dipelajari meliputi:
1. Pengantar Hukum Pajak
2. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
3. Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi
4. PPN Dalam Negeri
5. Pajak Bumi dan Bangunan
6. Bea Materai
7. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Pajak Bumi dan Bangunan
8. PPh Badan
9. Pemeriksaan Pajak
10. Keberatan Banding (KUP)
11. Perencanaan Pajak
12. Akuntansi Perpajakan
13. Pengisian SPT secara Elektronik (e-filling)
Biaya brevet pajak A dan B
Biaya brevet pajak A dan B sebesar Rp. 550.000
Pendaftaran dan Pembayaran s.d. 8 Juni 2018 mendapat diskon Rp. 100.000 (Khusus bagi mahasiswa FE Unnes

Fasilitas
Modul, Ujian, dan Sertifikat Brevet Pajak A dan B

Cara Pendaftaran dan Pembayaran
Ketik:
Brevet_Nama_Jurusan/Pekerjaan_Semester_No HP
Kirim ke 0831 5452 4550
Pada saat pendaftaran membayar Rp. 50.000, kekurangan pembayaran dapat dibayar di Accounting Corner Gedung L3 lt.3 FE Unnes atau transfer ke 1270-01-011752-50-1 (BRI) a.n. Adhilia Mega C. kemudian konfirmasi dan kirim bukti pembayaran ke 0831 5452 4550

Formulir pendaftaran dapat didownload di
https://bit.ly/2ksl3f7

Info lebihlanjuthubungi
0831 5452 4550 (NeniUciati)
0895 1048 8015 (David Indra Gunawan)

Wow, Dua Dosen FE Menjadi Guest Lecture di UPSI Malaysia

Malaysia (07/05)- Bertempat dikampus baru Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, tepatnya di Kota Proton, pada tanggal 7 Mei 2018, dua dosen Fakultas Ekonomi,UNNES, menjadi dosen tamu selama sehari di universitas yang ada di Tanjung Malim tersebut.

Dua dosen tersebut adalah Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. ,dan Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd. Perkuliahan yang dihadiri 30 mahasiswa UPSI tersebut diawali dengan paparan oleh Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. , berjudul “Agricultural Extension in Central Java” khususnya di Grobogan, Klaten, dan , Magelang. Sedangkan paparan kedua oleh Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd dengan tema “Developing Rebana Cluster by Empowering Existing Social Capital”dengan studi kasus di Kab.Brebes. Mahasiswa UPSI pun sangat antusias saat perkuliahan berlangsung,termasuk aktif berpartisipasi pada sesi diskusi.

Dr. Norimah binti Rambeli, Ketua Jurusan Ekonomi UPSI, mengatakan bahwa kegiatan mengundang Dosen Tamu dapat membuka wawasan mahasiswa terkait kondisi masyarakat diluar Malaysia, dalam hal ini Indonesia, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih baik, tidak hanya mengetahui aktifitas perekonomian yang ada di Malaysia saja.

Guest lecture ini merupakan salah satu upaya FE untuk menyokong visi Internasionalisasi dari UNNES. Transfer ilmu dari dan ke luar negeri diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin yang pada akhirnya menjadi salah satu penggerak internasionalisasi UNNES. (Sri Utami/NB)

Kolaborasi KIME dan Lex Scientia Sabet Gelar Best Presentation

NTB, 20-22/ 04- Lomba keilmiahan merupakan lomba yang sering diadakan oleh unit kegiatan mahasiswa dan diikuti oleh banyak mahasiswa. Lomba tersebut meliputi karya tulis ilmiah, esai, debat, dan sebagainya. Kabar baik datang dari salah satu fungsionaris KIME FE 2018 yaitu Amanah. Mahasiswi semester 4 jurusan ekonomi pembangunan tersebut berhasil lolos menjadi finalis National Essay Competition (NEC) 2018 yang diselenggarakan oleh UKM Prima Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada kesempatan tersebut, Amanah berkesempatan satu tim bersama fungsionaris Lex Scientia (Keilimiahan FH Unnes) yaitu Wisnu Pratama Iryanto. Wisnu merupakan mahasiswa semester 4 prodi ilmu hukum, Unnes.
Pada saat pembukaan lomba. ketua UKM Prima Unram yakni Saudara Fahri menceritakan antusiasme peserta yang mengikuti NEC 2018 sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah peserta yang mengirimkan berkas esai yang mencapai 648 tim. Sontak, Fahri pun mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan NEC tahun ini. Selain itu, pada kesempatan yang sama, Imam, salah satu finalis yang lolos ke tahap presentasi mengucapkan rasa bangganya karena bisa memaparkan ide dan gagasannya bersama 14 tim lain.
Presentasi 15 tim NEC 2018 dihelat di kampus Pascasarjana Manajeman Unram. Serangkaian acara dimulai dari hari Jumat, 20 April sampai dengan Minggu 22 April 2018. 15 tim yang lolos tersebut berasal dari kampus-kampus ternama di Indonesia. Beberapa diantaranya: Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Negeri Semarang. Pada lomba tersebut didapatkan hasil: Juara I Universitas Sriwijaya, Juara II Universitas Negeri Semarang (Sahrul dan Nisa), dan Juara III Universitas Indonesia. Sedangkan Best Presentation dimenangkan oleh Unnes (Amanah dan Wisnu).
Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa silaturahmi unit kegiatan ilmiah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah membentuk tim lintas keilmuan dan bekerja sama antar unit kegiatan tersebut. Semoga KIME dan Lex Scientia dapat terus berprestasi dan membanggakan almamater Universitas Negeri Semarang. FE semakin brillian (JS. Ashoma)

FE UNNES MENJADI BAGIAN DARI GROWTH HUB UNI EROPA

London, UK 10-11/ 04 – Salah satu rangkaian program ERASMUS plus GITA (Growing Indonesia- A Triangular Approach) Project adalah Pertemuan atau Partnership Meeting yang diselenggarakan di Cheltenham, UK, pada pertengahan April 2018. Pertemuan yang bertempat di The University of Gloucestershire (UoG) ini dihadiri oleh 7 universitas di Indonesia dan 4 partner dari Eropa yaitu The University of Gloucestershire (sebagai tuan rumah), Dublin Institute of Technology (DIT), Dublin, Ireland, Fachhochschule des Mittelstandes (FHM) Bielefeld, Jerman, dan University of Innsbruck (UIBK), Innsbruck, Austria.

Sebagai salah satu univesitas di Indonesia penerimah hibah program GITA ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengirimkan tiga delegasinya yaitu Dr. Wahyono, MM; Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D; dan Sri Utami S.S., M.A., M.Pd . Pada kesempatan tersebut, delegasi UNNES berkesempatan memaparkan beberapa kegiatan awal program yang telah dilaksanakan di kampus terutama di Fakultas Ekonomi, serta beberapa hal terkait kegiatan di Semarang terkait entreperneurial activities atau kegiatan yang berkaitan dengan kewirausahaan masyarakat lokal.

Acara dibuka oleh Vice Chancellor The University of Gloucestershire, Steven Marston; dan dilanjutkan oleh Professor David James sebagai Dekan Pengembangan Akademik. Diskusi antar universitas tersebut bertempat di Fullwood House, Park Campus, Cheltenhamm, dan bersifat interaktif.  Steven Marston mengawali diskusi dengan menjelaskan beberapa latar belakang kegiatan progam GITA.  Salah satu diantaranya adalah adanya kebutuhan memfasilitasi para calon lulusan universitas agar menjadi lulusan yang siap kerja. Kemudian, acara dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing partner terkait progres implementasi HEInnovate self-assessment dan rencana draft action plan yang memungkinkan untuk dikembangkan dimasing-masing institusi. HEInnovate self-assessment merupakan tool atau alat untuk mengukur tingkat kewirausahaan suatu institusi, dalam hal ini adalah pendidikan tinggi.

Setelah break makan siang, semua peserta menuju Growth Hub yang bertempat di Oxstalls, Gloucester, atau sekitar 30 menit dari Park Campus. Growth Hub adalah suatu tempat yang dibangun sebagai pusat pertemuan antara calon pebisnis dengan para mentor atau tenaga ahli, dan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses kegiatan bisnis. Tempat yang didanai penuh oleh pemerintah tersebut didesain dengan sangat menarik dan mempunyai banyak fasilitas misalnya tempat pertemuan, ruang-ruang kelas kecil, tempat rapat besar, ruang komputer, buku-buku bisnis, dan lain-lain.

Dalam kunjungan tersebut, dipaparkan juga bagaimana mempromosikan program melalui media online. Kunjungan berlangsung sekitar 2, 5 jam dan rombongan kembali ke Fullwood House dengan dilanjutkan diskusi terkait HEInnovate oleh John Jameson dari Dublin Insittute of Technology (DIT) dan oleh Project Leader, Prof. Neil Towers dari The University of Gloucestershire. Acara hari pertama ditutup dengan makan malam.

Kemudian, dihari terakhir, acara terdiri dari mini exhibition masing-masing universitas, penjelasan terkait laporan pertanggungjawaban keuangan, dan presentasi terkait localities pada setiap daerah dimana masing-masing universitas berada. Acara hari kedua dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa dari Universitas Gloucestershire. Keseluruhan program diakhiri dengan rencana pertemuan lanjutan yang akan dilaksanakan di Yogyakarya pada bulan Juli 2018 mendatang. (SU)

Jurusan Manajemen adakan Training Perencanaan SDM

     Dalam melakukan perencanaan SDM, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan. Hal ini disebut sebagai Tiga poin Utama Komitmen Kunci SDM. Poin pertama adalah Kompetensi berdasarkan prestasi, yang menunjukkan proses berpikir, bersikap , dan perilaku para Manajer puncak untuk tidak melakukan diskriminasi. Selain itu, Hal ini juga akan memberikan kesempatan yang sama bagi semua SDM untuk berkompetisi berdasarkan prestasi mereka.

Poin kedua, adalah Kebutuhan SDM Potensial. Konsep ini diakukan dengan melakukan antisipasi SDM yang diperlukan di masa mendatang.

Sementara poin ketiga, adalah melakukan promosi yang mengutamakan internal perusahaan. Hal ini tetap harus memenuhi persyaratan kualifikasi dalam mengisi jabatan yang kosong.

Hal tersebut, diungkapkan Theresia Kartika W, P.Si.,M,M. Direktur IPP Learning Center, dalam acara “Recruiment and Selection Training” untuk Mahaiswa Peminatan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Rabu (28/3) di Ruang Aula FE Unnes.

Sambil menyampaikan materi, Pembicara juga membuat simulasi rekrutmen dan grup discussion, sehingga menjadikan acara tersebut menjadi cair, interaktif, sekaligus menyenangkan. Hal inilah yang menjadikan puluhan mahasiswa peminatan MSDM yang hadir, mengaku senang dan puas dengan adanya acara yang berlangsung sekitar 2 jam itu.

Dalam kesempatan tersebut, ikut hadir Ketua Jurusan, Sekjur, dan Ketua Laboratorium Jurusan Manajemen, serta sejumlah dosen Manajemen FE UNNES.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Jurusan Manajemen, Rini Setyo Witiasuti, SE,MM. menyatakan dukungan penuh dan apresisasi pada acara tersebut. Kajur Manajemen juga berharap agar para peserta dapat menyerap semua materi dengan baik, sehinga mampu menjadi bekal yang bermanfaat, khususnya setelah lulus menjadi Sarjana Ekonomi.

Worskhop Kewirausahaan Erasmus+ EU bagi Mahasiswa FE Resmi Dimulai

Jumat- 6 April 2018 Program Erasmus + yang bergulir sejak Desember 2017 kini mulai merambah ke Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari Higher Education Institution (HEI) atau Perguruan Tinggi (PT). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 – 16.00 di Lab Mengetik Gedung L2 dihadiri oleh 35 Mahasiswa.
Kegiatan ini dibuka oleh Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph. D sebagai Ketua Program Erasmus UNNES. Beliau menyatakan bahwa kegiatan pertama bagi mahasiswa ini adalah Self-Assessment HEInnovate untuk mengetahui perspektive mahasiswa tentang UNNES sebagai Universitas yang sudah concern dengan kewirausahaan.
Hadir sebagai pemateri, Yozi Aulia Rahman, S.E.,M.Sc dan Bayu Wiratama, S.E., M.M. serta tim Erasmus + lain yang menjadi fasilitator kegiatan tersebut. Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk menyusun action plan selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim Erasmus + agar UNNES kedepan menjadi universitas yang benar benar memperhatikan entrepreneurship.
UNNES sebagai salah satu Perguruan Tinggi diharapkan mampu menyediakan atmosfir yang berentrepreneurial bagi semua stakeholders karena entrepreneurial akan mampu membuat perubahan yang positif dan bermanfaat bagi diri dan lingkungan.
Dekan FE, Dr. Wahyono M.M menyatakan bahwa FE berbangga dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Erasmus+ dan berharap kegiatan ini mampu membawa perubahan mind-set bagi semua pihak tentang entrepreneurial sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan di era globalisasi dan digital ini.

Lima (5) Mahasiswa dari UNIMED, UM dan UNDIKSA Transfer Kredit LPTK di FE

Rabu (28/2) pukul 14.00 WIB bertempat di Ruang Rapat 3 Gedung L1 FE UNNES, berlangsung kegiatan serah terima mahasiswa Transfer Kredit. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala KSDN UNNES, Eko Setiyono, S.Kom., Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Umum, Amir Mahmud, S.Pd, M.Si dan Kepala Laboratorium Jurusan Pendidikan Ekonomi, Hengky Pramusinto, S.Pd., M.Pd. dan tim dari Gugus Kerjasama FE.

Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka pelaksanaan program Transfer Kredit LPTK tahun 2018 dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti RI, maka Fakultas Ekonomi menerima 5 mahasiswa dari  tiga (3) Universitas yaitu UNIMED (Universitas Negeri Medan), UM (Universitas Negeri Malang) dan UNDIKSA (Universitas Pendidikan Ganesha)  atas nama Rahayu Dian Utami, Indriani, Maulana Ishak, Ahmad Mulhakim, dan Ni Hayan Sri Darma Wati.

Kelima mahasiswa tersebut akan mengikuti program Transfer Kredit selama satu semester di Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Akuntansi. Kelima mahasiswa tersebut tidak hanya mengikuti perkuliahan namun juga akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan Universitas dan Fakultas seperti Kelas Membatik, Kegiatan Pengabdian , Kemahasiswaan, Diharapkan kegiatan ini mampu mengkolaborasi pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dari berbagai LPTK di Indonesia menuju kualitas yang mampu bersaing di era globalisasi.

Written by : Tusyanah
Edited by : Satsya Yoga (Gugus Kerjasama FE Unnes)

 

Kredit Transfer, Mahasiswa FE UNNES Kuliah di Malaysia dan Taiwan

Sebanyak 12 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan mengikuti program kredit transfer ke Malasyia dan Taiwan.

Dari jumlah tersebut, 10 mahasiswa akan mengikuti kredit transfer ke Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) selama satu semester. Adapun dua mahasiswa lainnya akan mengikuti kredit transfer ke Cheng Sui University Taiwan selama satu tahun.

Dekan FE Dr Wahyono menjelaskan, mahasiswa akan berangkat pada  12 Februari 2018 dan dijadwalkan mulai kuliah pada 20 Maret 2018.

“Program ini adalah bagian dari usaha kita menyiapkan mahasiswa yang memiliki wawasan global,” katanya, Kamis (8/2).

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman mengapresiasi  mahasiswa yang telah lulus seleksi program tersebut. Ia menyemangati mahasiswa agar  menjadikan kesempatan tersebut untuk mengembangkan potensi diri.

“Keberanian maju menghadapi tantangan itu penting. Anda sudah memiliki keberanian  itu,” kata profesor ilmu sosiolinguistik itu.

Ia berharap, mahasiswa dapat mengambil inspirasi agar kebaikan dari negara yang dikunjunginya dapat diadaptasi di Indonesia.

PROGRAM PERMATA UNNES 2018

Berdasarkan Kontrak Nomor: 06/B2.PPK/CT-LPTK/SPPK/2018 tanggal 26 Januari 2018 antara Direktorat Pembelajaran Dirjen Belmawa KEMRISTEKDIKTI dan UNNES tentang Program Transfer Kredit untuk Mahasiswa LPTK Tahun 2018, UNNES mendapatkan kuota sebesar 45 mahasiswa Program Studi Kependidikan. Pelaksanaan Program Transfer Kredit bagi Mahasiswa LPTK Tahun 2018 akan dilaksanakan pada Februari s.d. Juli 2018 (Semester Genap 2017/2018). Informasi lengkap dapat diakses melalui tautan berikut ini :

TRANSFER KREDIT UNNES TAHUN 2018