FGD Pembahasan Draft MoA Joint Curriculum antara UPSI dan FE UNNES

13 November 2018– FE Semarang- Gugus Kerjasama FE UNNES yang didampingi oleh Bagian Kerjasama UNNES mendapatkan hibah Joint Curriculum dari Belmawa Ristekdikti. Untuk mendapatkan gambaran yang detail dan lengkap mengenai hal tersebut maka diadakanlah Workshop dan FGD Pengelolaan dan Pelaksanaan Joint Curriculum antara UPSI Malaysia dan Jurusan Managemen FE di Ruang Rapat L2, lt. 1.
Terdapat dua (2) pembicara yang diundang dalam kegiatan ini yaitu Wiryono Raharji, Ph.D dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Alam Nasrah Ikhlas, S.S., M.Ed. L dari Ditjen Belmawa, Kemristekdikti.
Wiryono Raharji Ph.D atau yang akrab disapa Pak Wing Continue reading

Perbaiki Kualitas Kurikulum, Jurusan Manajemen FE UNNES Gelar Workshop Kurikulum Berbasis KKNI & SN Dikti

Kebutuhan lulusan yang memiliki kompetensi, makin menjadi tuntutan utama, khususnya bagi lulusan Perguruan Tinggi. Terkait hal tersebut, hari ini, Senin (12/11) Jurusan Manajemen FE UNNES mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum di Gedung L2 Kampus Sekaran. Kegiatan yang menghadirkan pembicara dari Departemen Manajemen FEB UNDIP, Dr. Harjum Muharam, SE, ME. tersebut, dibuka langsung oleh Dekan FE UNNES, Drs Heri Yanto MBA PhD.

Continue reading

Pengelola Jurnal Universitas Indonesia, Kunjungi EP UNNES

Chief editor Jurnal JEPI Universitas Indonesia, Djoni Hartono, Jumat (9/10) berkunjung ke Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) unnes. Ikut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris departemen Ilmu Ekonomi, Muhammad Halley Yudhistira, dan Staf administrasi jurnal JEPI UI. Dalam kesempatan tersebut, rombongan pengelola Jurnal, diterima langsung oleh Kajur Ekonomi Pembangunan, Fafurida, SE, M.Sc. dan Pengelola Jurnal EP, Avi Budi Setiawan,SE, M.Si.

Continue reading

Kolaborasi Keilmuan, Jurusan Ekonomi Pembangunan Undang Dosen Tamu dari BAPPEDA Jateng

Perguruan Tinggi dianggap memiliki peran strategis dalam mengembangkan keilmuan. Hal ini menjadi optimal, ketika Perguruan Tinggi mampu melakukan kolaborasi keilmuan dengan para stakeholder, khususnya yang memiliki kompetensi di bidangnya. Terkait dengan hal tersebut, Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) UNNES, hari ini (6/11)  mengundang dosen tamu dari BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut kembali mendapat animo tinggi dari mahasiswa untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Continue reading

Tracer Study Alumni Pendidikan Ekonomi Lulus 2017-2018

Mari berpartisipasi memajukan almamatermu 🤗

Apa itu Tracer study? Tracer Study merupakan penelusuran mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNNES.

Kakak alumni Pendidikan Ekonomi FE UNNES lulus tahun 2017 sampai 2018? Yuk isi data di sini 👇
http://bit.ly/tracerstudypeunnes2018

#FeUnnes
#FeBrilian
#InfoFE
#GugusHumasFE

Gerakkan Promosi Digital di Desa Wisata Traji

Di era yang serba canggih ini, semua hal tidak terlepas dari digital, termasuk pula dalam melakukan promosi Desa Wisata Traji. Promosi melalui digital dianggap lebih efektif karena jangkauannya lebih luas sehingga lebih banyak orang yang mengakses informasinya.  Di Desa Wisata Traji memiliki 7 mata air, salah satunya adalah Sendang Sidhukun yang menjadi wisata unggulan. Namun, Sendang Sidhukun hanya terkenal di kalangan masyarakat Desa Traji dan sekitarnya saja sehingga diperlukan promosi yang efektif agar banyak wisatawan yang berkunjung.

Melihat besarnya potensi wisata yang ada di Desa Traji, maka Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang melakukan pelatihan promosi digital Continue reading

Dosen FE raih best paper award #8thiBBC2018 di Sarawak Malaysia

Internasionalisasi merupakan salah satu visi UNNES. Fakultas Ekonomi akan terus berusaha untuk merealisasikan visi tersebut, salah satunya dalam bentuk partisipasi sebagai pemakalah dalam konferensi internasional. Lima (5) paper dari Fakultas Ekonomi telah dipresentasikan the 8th International Borneo Business Conference (IBBC) 2018 yang diselenggarakan oleh Faculty of Economics and Business, University Malaysia Sarawak (UNIMAS), pada tanggal 4-5 Oktober 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Hilton Kota Kuching itu memberikan catatan baik bagi delegasi dari FE UNNES. Dua paper memperoleh best paper award. Continue reading

Tim Pengabdian FE UNNES Berikan Pelatihan bagi Guru Bismen SMK se Salatiga

Bertempat di Ruang Laboratorium Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga, sekitar 25 guru SMK Bisnis dan Manajemen mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kegiatan berlangsung dari pukul 9 sampai dengan pukul 15 pada hari Kamis, 13 September 2018. Haris Wahyudi, S.Pd., M.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Salatiga menyambut baik pelaksanaan kegiatan dan harapannya dapat diselenggarakan di lain waktu dengan topik yang berbeda dan sesuai kebutuhan. Peserta terdiri dari guru SMK Bisnis dan Manajemen se Salatiga dari beberapa program studi seperti akuntansi, prakarya dan kewirausahaan, dan lainnya. Continue reading

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Berikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk BUMDES di Kecamatan Jambu

Semarang- Workshop dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bertajuk “Pelatihan Akuntansi Sederhana bagi Pengurus BUMDES untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan” dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi UNNES dalam rangka hibah pengabdian masyarakat.

Pengabdian yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang tersebut dihadiri oleh 23 orang yang merupakan perangkat desa dan pengurus BUMDES di sembilan desa. Acara dibuka langsung oleh Kepala Kecamatan Jambu Bapak Moh. Edy Sukarno, SSIP,M.M.

“Kecamatan Jambu ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kita punya kopi robusta, durian brongkol yang produktivitasnya hampir seribu ton per tahun. Continue reading

GUGUS KERJASAMA FE PACU INTERNASIONALISASI FE


FE UNNES- (7-20/09). Fakultas Ekonomi UNNES menerima kunjungan dua dosen dari UiTM Malaka, Malaysia yaitu Professor Madya Dr. Loo Ern Chen dan Dr. Elin Eliana Abdul Rahim. Kedua Doktor tersebut mempunyai beragam program bersama dengan UNNES khususnya di FE UNNES. Program tersebut berlangsung dari tanggal 7 sampai 20 September 2018.
Dalam acara tersebut hampir semua Jurusan di FE berkesempatan untuk saling berdiskusi terkait dengan beragam program akademik dan publikasi. Di jurusan akuntansi, terdapat acara Comparative Studi on Financial Report. Di Jurusan Ekonomi Pembangunan, terdapat Manuscript Publication dengan semua dosen Ekonomi Pembangunan sedangkan di jurusan Pendidikan Ekonomi yaitu Tax system in developed countries dan Teachers at revolution of industry 4.0. Tidak hanya program yang melibatkan dosen, tetapi juga terdapat acara yang langsung hadir ke dua kelas mahasiswa yaitu Diskusi Putting theory to practice : Comparative tax system, Financial Institution, Regional Finance Economics.
Ketua Gugus Kerjasama, Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd. Continue reading