Delapan Mahasiswa UPSI Kuliah Satu Semester di FE UNNES

Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia kuliah di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES)  pada Semester Gasal 2017/2018. Delapan mahasiswa tersebut diterima secara resmi oleh Rektor UNNES yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono MHum, Jumat (25/8) di Gedung Rektorat Lantai 4 Kampus Sekaran.

Kami bangga dan mengapresiasi student exchange ini yang telah dilakukan oleh FE UNNES, “ini salah satu bentuk nyata UNNES bereputasi internasional, ungkap Prof Rustono”. Selamat datang di UNNES, Universitas berwawasan konservasi  dan bereputasi internasional, semoga dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, nyaman dan mencapai prestasi unggul. “Jangan lupa begitu selesai kuliah di FE UNNES, harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, tutur Prof Rustono di hadapan delapan mahasiswa UPSI.

Wakil Dekan bidang Akademik Drs Heri Yanto MBA PhD mengatakan,  pelaksanaan student exchange ini sudah kita persiapkan sejak semester yang lalu, baik terkait kurikulumnya, dosen yang mengampu, teknis registrasi, perkuliahan selama di UNNES dan akomodasi mahasiswa UPSI selama kuliah di FE UNNES. Akhirnya implementasi student exchange ini, kami sepakati dalam Memorandum of Agreement (MoA) antara UPSI dan Dekan FE UNNES.

Rencana semester Genap 2017/2018 nanti, mahasiswa FE UNNES akan kuliah di UPSI selama satu semester juga, ini sebagai bentuk komitmen kami mewujudkan UNNES bereputasi internasional, papar Heri Yanto. Berikut delapan mahasiswa UPSI yang kuliah di FE UNNES: Aina Nabilah binti Mansor, Nor Afifah binti Artawan, Nur Fatin Farzana binti Dzulkifli, Nur Izzatul Aziela binti Shukur, Siti Norzaidah binti Mohamad Zaidi, Nadhirah binti Mod Mesron, Nur Farhana binti Abdullah dan Nur Ain binti Idris

 

Related Posts you may like

Workshop Riset Manajemen, Call for Paper & Coaching Clinic Manuscript 2017

Jurusan Manajemen FE UNNES bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Manajemen (PPJM) seluruh Indonesia, mengundang para akademisi & pengelola jurnal pada Workshop Riset Manajemen, Call for Paper & Coaching Clinic Manuscript 2017 pada hari Rabu (13/9) & Kamis (14/9) di Grand Edge Hotel Semarang. Menghadirkan T. Hani Handoko MBA,PhD (UGM), B.M. Purwanto MBA, PhD (UGM), Irwan Trinugroho,MSc.,PhD (UNS), dan DR. Wahyono (UNNES). Sedangkan untuk 10 paper terbaik akan dipublikasikan pada jurnal terakreditasi/ terindeks. Cp. Vini 085-640-483-745 atau kunjungi website : ppjm.unnes.ac.id

Related Posts you may like

Workshop Profesi Manajemen Lembaga Keuangan bersama TICMI

The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Unnes menyelenggarakan workshop profesi manajemen lembaga keuangan.
Dibatasi hanya untuk 50 peserta yang beruntung, bagi mahasiswa yang berminat dapat melakukan pendaftaran di depan Gedung C3 sampai tanggal 10 April 2017 tanpa biaya.
Acara yang akan berlangsung Kamis 13 April 2017 pukul 08.00 WIB di Aula Gedung L1 Lantai 3 FE UNNES tersebut juga akan menyampaikan pengumuman pemenang Taspro Regional Semarang.

Related Posts you may like

Melanie Subono meriahkan Cradio Goes to Campus di FE UNNES

Ada yang beda di hari Selasa, 7 Maret 2017. Gedung Serba Guna L1 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang disemarakkan tamu spesial Melanie Subono (penyanyi dan presenter berkebangsaan Indonesia lahir di Jerman) dan Jiwo Pogog (aktivis desa). Mereka datang di FE UNNES dalam rangka Cradio Goes To Campus kerja sama FE UNNES, Bank Indonesia, Cradio dan Radio Idola.

Acara Talk Show ini dhadiri pimpinan dan dosen FE, juga diikuti tak kurang dari 300 mahasiswa, mengambil tema “The Limit Is You”. Acara juga dimeriahkan Band Akustik yang sempat memukau peserta.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs Kusmuriyanto MSi menuturkan acara ini sangat kami apresiasi, terus lanjutkan perjuangan kaum muda. “Keterbatasan yang kita miliki bukan penghalang tetapi motivator untuk terus maju dan berkarya demi bangsa dan negara”, ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan acara ini mampu menginspirasi mahasiswa FE khususnya dan UNNES umumnya untuk semakin peduli kepada lingkungan hidup, sosial, budaya dan kewirausahaan. “Setiap saat kita bisa berbuat baik, dab berbuat terbaik, ketika berbuat baik jangan mencari alasannya, apalagi berharap imbalan serta berbuat baik segera dilakukan, jangan ditunda’, pungkasnya

Acara program Goes To Campus ini, rencananya akan digelar tiga bulan sekali.

Related Posts you may like

Audiensi Gugus UMKM ke Dinas UMKM Provinsi Jateng

Gugus UMKM dalam perannya sebagai salah satu gugus di Fakultas Ekonomi melakukan langkah-langkah untuk menjalankan tugasnya, diantaranya melakukan audiensi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.

Dra. Ema Rachmawati, M.Hum. selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah menerima rombongan dari Fakultas Ekonomi, dalam kesempatan ini hadir pimpinan fakultas ekonomi, ketua gugus PKL Dr. M. Khafid S.Pd., M.Si dan anggota.

Dekan Fakultas Ekonomi menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi fakultas ekonomi mendirikan beberapa pusat kajian diantaranya adalah pusat kajian UMKM dengan harapan dapat membantu Dinas Koperasi dan UMKM dalam melaksanakan tugasnya. Data dari dinas koperasi diharapkan dapat digunakan dengan mudah oleh akademisi dan hasilnya dapat digunakan kembali oleh dinas koperasi sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Beberapa point penting disampaikan oleh ketua gugus UMKM diantaranya pembetukan pojok data di fakultas ekonomi unnes sehingga dapat menjadi rujukan jika membutuhkan data tentang UMKM, gugus UMKM ingin berkontribusi dengan melakukan riset tentang UMKM sekaligus menjadi mitra dinas koperasi dan UKM Jawa Tengah dalam melaksanakan tugas. Hal tersebut dirasa tidak berlebihan mengingat Fakultas Ekonomi memiliki sumber daya manusia yang cocok untuk hal tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng menyambut baik gagasan-gagasan tersebut dan akan menindak lanjuti pertemuan ini sehingga tercipta sinergi antara fakultas ekonomi dan dinas koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.

 

Related Posts you may like

Menciptakan Pembangunan Ekonomi yang Berwawasan Lingkungan

Pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang terencana dan berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup. Terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan dan terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana merupakan tujuan utama pengelolaan lingkungan hidup.

Disadari sepenuhnya bahwa kegiatan pembangunan apalagi yang bersifat fisik dan berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam jelas mengandung resiko terjadinya perubahan ekosistem yang selanjutnya akan mengakibatkan dampak, baik yang bersifat negatif maupun yang positif. Oleh karena itu, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan seharusnya selain berwawasan sosial dan ekonomi juga harus berwawasan lingkungan.

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya. Pembangunan yang berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu adanya saling keterkaitan beberapa sektor, antara lain lingkungan dan masyarakat serta kemanfaatan dan pembangunan. Pembangunan akan selalu berkaitan dan saling berinteraksi dengan lingkungan hidup. Interaksi tersebut dapat bersifat positif atau negatif.

Kewajiban perguruan tinggi adalah menciptakan sumber daya manusia yang mampu menghargai lingkungan dan mampu mengelola lingkungan dengan baik. Dosen mempunyai kewajiban seperti yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam proses pembelajaran mahasiswa maka sumber informasi tidak hanya diberikan oleh para dosen tetapi juga didatangkan dari pihak luar kampus.  Hal itu bertujuan untuk menambah wawasan dan menambah pengetahuan dari para praktisi.  Perguruan Tinggi juga bermitra dengan lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta yang bertujuan untuk menjalin kerjasama terutama dalam bidang akademik.  Salah satu lembaga yang bermitra dengan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang adalah  dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).  Universitas Negeri Semarang dikenal sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan konservasi, oleh karena itu kegiatan FGD yang dilaksanakan Rabu, 15 November 2016 di Gedung L2 FE Unnes ini mengkolaborasikan  antara  Bappeda dan Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Pembicara berasal dari Bappeda Provinsi Jateng yaitu Drs. M. Arief Wahyudhi, M.Si. dan Ir. Sigit Krida Hariono, M.Si dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah didampingi pembicara dari Jurusan Ekonomi Pembangunan Dr. Amin Pujiati, SE., M.Si. menyampaikan paparan tentang menciptakan pembangunan ekonomi yang berwawasan lingkungan dilanjutkan dengan diskusi yang hangat.

Selain untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pembangunan ekonomi yang berwawasan lingkungan bagi dosen dan mahasiswa acara FGD ini juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan motivasi untuk dapat ikut serta dalam menjaga lingkungan hidup yang akan menopang pembangunan ekonomi yang berkelanjutan ungkap Karsinah ketua kegiatan ini.

Related Posts you may like

Inviting Economics-Mate to Sharing Moment with “The Dream Team”

Mimpi adalah kunci.. untuk kita menaklukkan dunia..

Berlarilah.. tanpa lelah, sampai engkau meraihnya.. (Nidji –Laskar Pelangi)

Ada yang berkata bahwa mimpi hanya sebuah ilusi yang pada akhirnya menyiksa diri. Maka bermimpilah sewajar nya, agar nanti tak terlalu terpuruk dengan realita yang ada. Namun, Bung Karno pernah berkata “bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”. Dan kami, tiga pemuda biasa, memilih untuk membangun mimpi-mimpi kami..

Awalnya, hanya sebuah khayalan belaka untuk menginjakkan kaki di Negeri Sakura, sebuah negara yang kami kenal sejak kecil melalui animasi lucu Doraemon, Sinchan, Chibi Maruko, Naruto, dan sebagainya. Namun, justru berawal dari gurauan dan mimpi lah, asa kami berujung realita. Siapa yang menyangka bahwa kami mampu mengelilingi sebagian wilayah Jepang dalam waktu 8 hari dengan GRATIS? Siapa pula yang menyangka bahwa kami berkesempatan untuk mempelajari perekonomian, industri, teknologi, dan budaya Jepang langsung di Negeri Sakura itu?

Jadi, kami mengundang mahasiswa FE Unnes untuk mengikuti Sharing Moment with “The Dream Team” JENESYS (Japan East-Asian Network of Exchange for Students and Youths) 2016. Sharing Moment akan diadakan pada 8 November 2016 di Aula Gedung L pukul 15.00 wib – selesai. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kami kepada JICE dan MoFA Jepang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti JENESYS 2016. Kisah kami, dari awal pendaftaran hingga kami kembali ke tanah air, berkonsultasi dengan dosen pembimbing Sandy Arief, S.Pd., M.Sc. secara intensif dari mulai persiapan dan pembekalan akan kami bagikan kepada teman-teman. Karena, kami percaya bahwa sharing is caring, dan berbagi kisah kami selama di Jepang akan mampu memberikan motivasi untuk kawan-kawan agar terus berjuang untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Karena berawal dari angan-angan, kami memiliki kisah yang tak tergantikan…

Ya ya.. kita kan terus berlari

Ya ya.. tak kan berhenti di sini

Ya ya.. larilah meraih mimpi

Ya ya.. hingga nafas tlah berhenti (J-Rocks –Meraih Mimpi)

Related Posts you may like

Sosialisasi Tax Amnesty di Fakultas Ekonomi Unnes

Program Tax Amnesty merupakan program yang sedang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Upaya penambahan penerimaan negara dari sektor pajak menjadi salah satu alasan penyelenggaran program tax amnesty. Fakultas Ekonomi Universitas negeri Semarang sebagai lembaga keilmuan di Bidang Ekonomi melaksanakan kegiatan seminar dan sosialisasi Tax Amnesty kepada Dosen, Karyawan dan Pejabat di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini dibuka oleh WR Bidang Umum dan Keuangan  Dr. S Martono, M.Si.  pada Selasa 27 September 2016. Beliau menekankan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya mencerahkan wajib pajak tentang pentingnya program tax amnesty, sekaligus sosialisasi pelaksanaan Tax Amnesty kepada Dosen dan Karyawan Universitas Negeri Semarang. Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Wahyono, MM Selaku penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan Seminar dan Sosialisasi tax Amnesty ini adalah untuk mengklarifikasi berbagai Isu yang beredar di masyarakat terkait Tax Amnesty. Selain itu disampaikan juga oleh Dekan Fakultas Ekonomi bahwa kedepan diharapkan akan dilaksanakan berbagai kerjasama Fakultas Ekonomi UNNES dengan Direktorat Jendral Perpajakan kanwil I Jawa Tengah melalui Tax Center yang sudah dimiliki Fakultas Ekonomi.    Kegiatan ini mendatangkan dua pembicara dari kanwil 1 DCP jawa tengah yaitu: Ahlul Rizal  dan Yurnalis RY . beliau memberikan materi terkait manfaat Tax Amnesty dan klarifikasi atas berbagai rumor yang beredar di media sosial terkait Tax Amnesty.

Related Posts you may like

Materi Sosialisasi Program dan Kebijakan Tax Amnesty

Materi seminar dan sosialisasi program dan kebijakan tax amnesty dapat diunduh di https://goo.gl/oOLbvx

Related Posts you may like

MEA & ERA Digital – Peluang atau Ancaman?

AMA Semarang akan mengadakan One Day Seminar Bisnis Nasional, dengan 3 topik:
1. Strategi terang Sun Tzu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA),  dibawakan oleh Pak Andrie Wongso.
2. How to Build your Billion Dollar Online Business Empire, dibawakan oleh Pak Frans Budi Pranata.
3. Digitised or Die: Bagaimana Bisnis Konvensional bertransformasi di Era Digital, dibawakan oleh Pak Bari Arijono.
Panitia menfasilitasi:
a. Rekan rekan Mahasiswa yang hadir dalam Seminar ini, akan diberikan certificate,  di mana bisa mendapatkan Poin untuk syarat
    Tugas akhir/ wisuda  (sebagai apresiasi  kompetensi mereka)
b. Harga Khusus Mahasiswa,  sebesar 100,000 (mendapatkan 2 tickets)
c.  Kompensasi 10% dari total penjualan tiket, kita kembalikan ke Rekan Mahasiswa (BEM/ Senat).
Mengenai organisasi AMA lebih detil nya, bisa diexplore di website http://ama-indonesia.org.

Related Posts you may like