Telah Dibuka, Seleksi Beasiswa Tahfizh Kerja Sama Kemenag dan Turki

Kuliah di Turki bagi sebagian orang merupakan impian, tak memiliki dana bukanlah halangan, mengapa demikian? saat ini Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) kembali memberikan beasiswa bagi para penghafal (tahfizh) Alquran. Beasiswa ini hasil kerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey/ UICCI).

Dalam REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA (12/3) diberitakan, program beasiswa tahfizh Alquran (PBTQ) dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi peserta yang lulus seleksi untuk mengikuti program pendidikan non degree di Indonesia dan di Turki.

Pendaftaran calon peserta seleksi dilakukan mulai tanggal 13 Maret sampai dengan 13 Mei 2017 secara online di website www.uicci.org. Seleksi PBTQ akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Seleksi tahap I, berupa tes tertulis dan hafalan pada tanggal 26 Mei 2017 di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi yang ditunjuk. Hasil seleksi tahap I akan diumumkan pada 1 Juni melalui Kanwil Kemenag Provinsi dan website Kementerian Agama (www.kemenag.go.id).

Untuk seleksi tahap II berupa masa orientasi di Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang ditunjuk dari 7 – 11 Juni 2017. Mereka yang dinyatakan lulus dan mendapatkan beasiswa akan diumumkan melalui Kanwil dan website Kemenag pada 15 Juni 2017. Sedangkan Pelaksanaan pendidikan PBTQ ini akan dimulai pada 9 Juli 2017.

Peserta seleksi PBTQ terbagi menjadi dua, yaitu kelompok usia 18 – 22 Tahun dan 14 – 18 Tahun. Untuk kelompok pertama, peserta yang lulus seleksi akan memperoleh layanan pendidikan selama setahun di Indonesia untuk memantapkan tahfizh Alquran 30 juz, Bahasa Arab, dan Bahasa Turki.

Setelah itu, mereka akan memperoleh pendidikan di Turki selama tiga tahun untuk mendalami tahfizh Alquran, pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki.

Beasiswa untuk kelompok usia 14 – 18 tahun diberikan kepada mereka yang minimal sudah hafal 1 juz Alquran. Mereka akan diberi layanan pendidikan selama dua tahun terlebih dahulu pada lembaga pendidikan yang telah ditetapkan Kementerian Agama untuk kemudian pada awal tahun ketiga, kembali diseleksi untuk program lanjutan ke Turki. Bagi yang lulus diwajibkan mengikuti pendidikan kesetaraan Paket C selama setahun guna memperoleh ijazah jenjang Madrasah Aliyah (MA/sederajat) untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya di Turki.

Alumni program ini wajib mengabdi selama setahun dalam rangka mengembangkan pengetahuannya di pondok pesantren Tahfizh Alquran, baik di Indonesia maupun lembaga pendidikan yang dikerjasamakan oleh UICCI di sejumlah negara.

Peserta yang lulus seleksi dan mengikuti program akan mendapat fasilitas akomodasi, konsumsi, dan layanan pendidikan dari UICCI. Adapun transportasi keberangkatan ke Turki akan ditanggung oleh Kementerian Agama RI. (sumber: kemenag.go.id)

Related Posts you may like

60 Mahasiswa, Lolos Seleksi Tahap I Beasiswa Bank Indonesia

Upaya meningkatkan Prestasi Akademik mahasiswa, Tahun 2017 Bank Indonesia memberikan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES), sebanyak 60 mahasiswa UNNES lolos seleksi tahap I.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Drs Kusmuriyanto MSI mengungkapkan selamat kepada mahasiswa yang lolos seleksi tahap I, “semoga sukses di seleksi tahap II yakni wawancara yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Februar1 2017 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng”, ujarnya.

Daftar mahasiswa yang lolos seleksi dan informasi selengkapnya klik di sini

Related Posts you may like

Beasiswa LPDP 2017

Pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2017 sudah dapat dilakukan.
Deadline untuk Dalam Negeri: 3 April 2017
Deadline untuk Luar Negeri: 7 Juli 2017
Informasi kebijakan dan jadwal seleksi beasiswa LPDP tahun 2017 dapat dilihat pada Booklet di bawah

Download User Manual
Download Booklet Beasiswa BPI
Download Booklet Beasiswa Afirmasi

Related Posts you may like

Inilah Mahasiswa Penerima Beasiswa Lazis UNNES 2017

Untuk meningkatkan prestasi dan membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang beruntung dari sisi ekonomi, Rumah Amal Lazis Universitas Negeri Semarang memberikan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa UNNES 2017. Hasil seleksi penerima beasiswa pendidikan 2017 telah diunggah di laman www.lazisunnes.org

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UNNES Drs Kusmuriyanto MSi menyampaikan informasi ini penting, segera disampaikan/diumumkan ke mahasiswa pengusul. “mereka sangat membutuhkan beasiswa tersebut guna membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka selama kuliah di UNNES”, tuturnya.

Ia juga menuturkan, dari 247 mahasiswa penerima beasiswa Lazis, sebanyak 37 mahasiswa berasal dari Fakultas Ekonomi. “Selamat bagi para penerima semoga meningkatkan prestasi dan motivasi untuk selalu berkarya serta berprestasi’, pungkasnya.

Berikut kami sampaikan hasil seleksi beasiswa lazis unnes klik disini

Related Posts you may like

Diberitahukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Semarang, berdasarkan edaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 495/B/BW/2016 perihal kuota beasiswa/bantuan biaya pendidikan PPA Tahun 2016 bahwa kuota Universitas Negeri Semarang adalah 230 mahasiswa, besaran beasiswa Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)/mahasiswa/bulan.

Persyaratan dan Ketentuan :

  1. Mahasiswa Jenjang Program S1 dan Program Diploma;
  2. Tidak sedang menjalani cuti kuliah baik pada saat mengajukan usul maupun saat penerimaan dana beasiswa PPA;
  3. Foto copy Kartu mahasiswa (KTM);
  4. Membuat Surat Keterangan belum/sedang tidak menerima beasiswa dari sumber lain ditandatangani diatas materai 6000;
  5. Minimal telah/sedang duduk pada semester III (tiga);
  6. Indek Prestasi Kumulatif minimal 3,00 (tiga koma nol);
  7. Mendaftar secara On Line di http://beasiswa.unnes.ac.id;
  8. Pendaftaran dan pengumpulan berkas online dilakukan mulai 25 Agustus 2016 sampai 5 September 2016 di kumpulkan di Bagian Kemahasiswaan di tiap-tiap fakultas;
  9. Pengumuman yang diterima tanggal 7 September 2016;

 

Related Posts you may like