Penanaman Pohon FE UNNES program Angkatan 2017

Fakultas Ekonomi melaksanakan program penanaman pohon untuk angkatan 2017, lokasi penanaman tahun ini adalah wilayah desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Program tahunan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas EKonomi UNNES (FE UNNES) angkatan 2017 dan beberapa mahasiswa angkatan 2016 yang pada tahun sebelumnya belum sempat mengikuti kegiatan ini, terdiri dari empat jurusan yang ada di FE UNNES.

Mahasiswa FE UNNES berkumpul pukul 06.30 WIB di lapangan belakang gedung L menerima arahan dari Dekan FE UNNES Drs. Heri Yanto MBA, PhD., hadir pula pada kesempatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs. Kusmuriyanto, M.Si., dan Ketua Gugus Pengembang Konservasi Dr. Amin Pujiati S.E.,M.Si. dilanjutkan arahan secara teknis oleh Ketua Panitia Muhammad Feriady dan UPT Pengembang Konservasi UNNES. Ketua Panitia melaporkan bahwa setiap mahasiswa wajib menanam pohon setidaknya sekali selama kuliah di UNNES, kemudian mengunggah kegiatan tersebut kedalam siomon (Sistem Informasi Penanaman dan Perawatan Pohon) yang merupakan portal pelaporan penanaman yang dilakukan oleh mahasiswa. Sistem ini dikembangkan berdasarkan Peraturan Rektor Unnes No 26 th. 2009 tentang gerakan penanaman satu mahasiswa satu pohon. Pelaporan penanaman ini digunakan sebagai syarat pendaftaran wisuda dan isian SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Tidak berhenti pada penanaman pohon, agenda ini ditujukan sebagai awal bagi mahasiswa untuk terus merawat pohon yang ditanamnya sehingga terus lestari dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

UPT Pengembang Konservasi UNNES sebagai penyedia bibit tanaman menyampaikan bahwa bibit tanaman yang ditanam pada program kali ini diantaranya bibit sirsak, jambu, petai, kendal rambutan, sengon, durian dan trembesi. Berjumlah 920 buah bibit lokasi penanaman tersebar di sekitar wilayah desa Kandri yang pada bagian tertentu kondisinya masih berupa area terbuka tanpa pohon, sehingga diharapkan dengan adanya penanaman bibit pohon ini akan berdampak positif.

FGD Pembahasan Draft MoA Joint Curriculum antara UPSI dan FE UNNES

13 November 2018– FE Semarang- Gugus Kerjasama FE UNNES yang didampingi oleh Bagian Kerjasama UNNES mendapatkan hibah Joint Curriculum dari Belmawa Ristekdikti. Untuk mendapatkan gambaran yang detail dan lengkap mengenai hal tersebut maka diadakanlah Workshop dan FGD Pengelolaan dan Pelaksanaan Joint Curriculum antara UPSI Malaysia dan Jurusan Managemen FE di Ruang Rapat L2, lt. 1.
Terdapat dua (2) pembicara yang diundang dalam kegiatan ini yaitu Wiryono Raharji, Ph.D dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Alam Nasrah Ikhlas, S.S., M.Ed. L dari Ditjen Belmawa, Kemristekdikti.
Wiryono Raharji Ph.D atau yang akrab disapa Pak Wing Continue reading

Rektor UNNES Serahkan 12 SK untuk Pejabat di Lingkungan Fakultas Ekonomi UNNES

Rektor UNNES Serahkan 12 SK Pejabat di Lingkungan FE

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. didampingi Wail Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D. menyarahkan 12 Surat Keputusan Rektor untuk pejabat Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Kepala Laboratorium di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, kemarin Senin (29/10/2018) bertempat di Gedung Rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Ke-12 pejabat tersebut Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. diangkat menjadi Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Ekonomi, Kiswanto, S.E., M.Si. (Kajur Akuntansi), Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. (Kajur Manajemen), Fafurida, S.E., M.Sc. (Kajur Jurusan Ekonomi Pembangunan). Continue reading

Revisi Tanggal Pelaksanaan Upacara dan Perpanjangan Pendaftaran Wisuda Universitas Negeri Semarang Periode IV Tahun 2018

Berdasarkan pengumuman rektor nomor 11003/UN37/KM/2017 tentang Upacara Wisuda tahun 2018 tanggal 1 November 2017, Sehubungan penyelenggaraan upacara wisuda periode IV tahun 2018 dilaksanakan 2 hari tanggal 13 dan 14 November 2018, maka pendaftaran wisuda periode IV tahun 2018 diperpanjang sebagai berikut.

pendaftaran periode IV 2018 sampai 17 Oktober 2018

Bayar sampai 18 Oktober 2018

Verifikasi sampai 19 Oktober 2018

Upacara Wisuda Selasa 13 November 2018 dan Rabu 14 November 2018

sumber : surat edaran no 7172/UN37/SE/2018 tentang revisi tanggal pelaksanaan upacara

GUGUS KERJASAMA FE PACU INTERNASIONALISASI FE


FE UNNES- (7-20/09). Fakultas Ekonomi UNNES menerima kunjungan dua dosen dari UiTM Malaka, Malaysia yaitu Professor Madya Dr. Loo Ern Chen dan Dr. Elin Eliana Abdul Rahim. Kedua Doktor tersebut mempunyai beragam program bersama dengan UNNES khususnya di FE UNNES. Program tersebut berlangsung dari tanggal 7 sampai 20 September 2018.
Dalam acara tersebut hampir semua Jurusan di FE berkesempatan untuk saling berdiskusi terkait dengan beragam program akademik dan publikasi. Di jurusan akuntansi, terdapat acara Comparative Studi on Financial Report. Di Jurusan Ekonomi Pembangunan, terdapat Manuscript Publication dengan semua dosen Ekonomi Pembangunan sedangkan di jurusan Pendidikan Ekonomi yaitu Tax system in developed countries dan Teachers at revolution of industry 4.0. Tidak hanya program yang melibatkan dosen, tetapi juga terdapat acara yang langsung hadir ke dua kelas mahasiswa yaitu Diskusi Putting theory to practice : Comparative tax system, Financial Institution, Regional Finance Economics.
Ketua Gugus Kerjasama, Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd. Continue reading

Workshop Pengolahan Limbah Maba FE UNNES 2018

Sabtu, 22 September 2018. Gugus Konservasi Fakultas Ekonomi (FE) UNNES Workshop pengolahan limbah.

Mengapa Limbah? karena limbah yang tidak dikelola dengan baik, tentunya dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat menjadi acaman bagi perkembangan ekosistem, ancaman perkembangan ekosistem bukan menjadi tanggungjawab kelompok tetapi menjadi tanggung jawab bersama, dengan demikian perlu ada generasi penerus yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Univeritas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi memiliki peranan untuk mencetak generasi tidak hanya mengekspolitasi lingkungan tetapi meliliki tanggung jawab moral terhadap pelestarian lingkungan. Generasi tersebut diharapkan menjadi generasi yang mampu menjaga keseimbangan ekosistem sekaligus sebagai kader konservasi dimasa yang akan datang.

Gugus konservasi Fakultas Ekonomi Continue reading

Farewell Meeting dengan Visiting Lecturers UiTM

Rabu, 19 September 2018. Gugus kerjasama Fakultas Ekonomi beserta Gugus kerjasama Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang beserta jajaran pimpinan fakultas dan jurusan Fakultas Ekonomi, mengadakan Farewell meeting dengan Dua (2) orang visiting lecturers dari UiTM. Acara dilaksanakan di ruang rapat senat pada pukul 13.00 dengan diawali dengan makan siang Bersama. Continue reading

Kuliah Bersama Visitting professor dari UiTM di jurusan Akuntansi FE UNNES sebagai pembuka rangkaian kerjasama FE UNNES dan UiTM.

Senin, 10 September, sebagai tindak lanjut kedatangan 2 Visitting professor dari Universiti Teknologi Mara Melaka, Malaysia (UiTM). Professor Madya Dr. Loo Ern Chen, lulusan Accountancy, University of Sidney, Australia, dan Dr. Elin Eliana Abdul Rahim, lulusan Information Systems Lincoln University, New Zealand. Continue reading

Kabar dari PIMNAS 31 Yogyakarta

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (FE UNNES), yaitu Rizka Amalia Solecha (Akuntansi) dan Nur Anita (Pendidikan Akuntansi) memperoleh medali emas dan perak pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PIMNAS dilaksanakan tanggal 28 Agustus sampai dengan 2 September 2018. PIMNAS merupakan event tahunan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Dalam PIMNAS memperlombakan 7 bidang PKM yaitu PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Continue reading