FE UNNES MENDAPAT HIBAH DARI ERASMUS+ PROGRAMME OF THE EUROPIAN UNION

Semarang—Pada hari Selasa, 9 Januari 2018 di Ruang Rapat 2 Gedung L2 Lantai 1 FE Unnes  pukul 08.00 berlangsung kegiatan Rapat membahas Pelaksanaan GITA Project dari Erasmus+. Rapat tersebut memiliki tiga agenda penting yaitu gambaran umum program Eramus+ di FE, pembagian tim Pic, dan rencana/jadwal pelatihan Metodologi program.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FE dan segenap tim Erasmus+. Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Pimpinan fakultas mendukung program dan berharap agar keberlanjutan program tetap  diperhatikan meskipun pendanaan telah selesai.

GITA Project yang didanai oleh Erasmus+ diketuai oleh Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. dan akan berlangsung selama 3 tahun yang mulai bergulir sejak tahun 2017. Ada dua paket kegiatan didalam program ini. Paket kegiatan 1 yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jiwa kewirausahaan mahasiswa serta  mengembangkan kurikulum yang mempunyai ELO (Entrepreneurial Learning Outcome), dan paket kegiatan 2 yang fokus pada review program-program yang ada apakah sudah terkait ELO.

GITA (The Growing Indonesia- A Triangular Approach) Project adalah program yang dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas Pendidikan Tinggi di Indonesia dalam menciptakan lulusan yang berkompeten, mempunyai jiwa kewirausahaan, dan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja. Program ini bertujuan untuk menciptakan Growth Hub (Pusat pertumbuhan) secara fisik di semua Institusi Perguruan Tinggi, menciptakan pendekatan triangular (kerjasama univ-dunia usaha, kewirausahaan dan tingkat kemampuan kerja lulusan, serta menciptakan suatu jaringan pembelajaran virtual yang melibatkan mahasiswa, dunia usaha, dan stakeholder lain yang berkaitan dengan pendidikan tinggi, antar institusi pendidikan tinggi.

Program ini diprakarsai oleh Erasmus+ Programme of the European Union  bekerja sama dengan 4 universitas besar di Eropa, yaitu: University of Gloucestershire (UOG) Cheltenham, UK; Dublin Institute of Technology (DIT), Dublin, Ireland; Fachhochschule (FHM), Bielefeld, Germany; University of Innsbruck (UIBK), Innsbruck, Austria. Di Indonesia sendiri, terdapat 7 universitas yang menerima hibah ini, yaitu President University, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, STIE Malangkucecwara, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia.

Related Posts you may like

Hasil PEMIRA FE 2017

Hasil PEMIRA FE 2017 :
Ketua BEM FE : Rifqi Ilhami ( manajemen)
Wakil Ketua BEM FE : Sodikun ( Akuntansi)
Ketua HIMA PE : Syahrur Apriliyanto
Ketua HIMA Manajemen : AlfianHusni Mubarok
Ketua HIMA EP : Michael Afiah
Ketua HIMA Akuntansi : Puguh Kharisma

Related Posts you may like

FE UNNES juara 1 dan Best Presentation Lomba Essay Nasional Festival of Agri-science and Technology

25 November 2017- Mahasiswi dari Jurusan Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) International Undergraduated Progam 2016 Universitas Negeri Semarang, Uswatun Hasanah berhasil membawa pulang tropi juara 1 dan Best Presentation Lomba Essay Nasional Festival of Agri-science and Technology yang diadakan oleh Kelompok Studi Ilmiah (KSI) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan tema “Optimalisasi Karya Kreatif dan Inovatif Generasi Muda dalam Pembangunan Pertanian Indonesia”.

Pada kesempatan tersebut, Juara 2 berhasil diperoleh mahasiswa asal Universitas Negeri Padang (UNP), juara 3 oleh Mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Best Essay diraih oleh Mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada (UGM). Perlombaan tersebut di ikuti oleh 10 besar finalis yang lolos ke babak presentasi yang terdiri dari universitas di seluruh Indonesia, antara lain Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Related Posts you may like

Azzam Juara I LKTI Undip Muslim Festival 2017

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Abdullah Azzam Rabbani berhasil meraih Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Nasional di Universitas Diponegoro. LKTI Undip Muslim Festival mengusung tema “Cotemporary Invention & Idea Related To Medieval Islamic “Golden Age” Civilization For A Stable National Prosperity Goals” dengan 8 subtema (Education, Health, Psychology, Technology, Economics, Social, Culture, Politics). Kompetisi ini diikuti oleh 70 tim yang terdiri dari siswa SMA dan Perguruan Tinggi yang tersebar diseluruh Indonesia dan berhasil menyaring 10 Finalis terbaik dalam tahap presentasi. Tahap presentasi di selenggarakan pada tanggal 18 November 2017 di Ruang Teater Fisip Undip dengan 3 Penguji yaitu Prof.Dr.Abdullah Ms , Prof.Dr.Ir. Luthfi Djauhary Mahfudz Msc, dan Ibu Islamiyati, S.Ag, M.Si.
Abdullah Azzam Robbani (Akuntansi 2014) sebagai Ketua, Asri Purwanti (Akuntansi 2014) Rizsa Candra Asih(IPA Terpadu 2014) berhasil memperoleh Juara I dengan mempertahankan Paper dengan Judul “ Integrasi Keuangan Islam Melalui Model Inovasi Equivalent Rate Berbasis Zakat dalam Mengembalikan Era Keemasan Islam”. Juara II diraih oleh Universitas Diponegoro dengan judul “ Rekayasa Pembuatan Beras Analog dari Singkong dengan penambahan Ekstrak Daun Pandan (BASIA EKS-PAND LEAF) dalam Upaya Peningkatan Antibodi Penderita Diabetes Mellitus untuk Makanan Halalan Thayyiban” dan dilajut oleh Universitas Islam Indonesia dengan judul “Ember (Energy Microbia Fuel Cell (Mpc) Double Cchamber Generasi Pengolahan Dan Potensial Energi Bagi Kesejahteraan Masyarakat Dengan Penggunaan Air Buang Bekas Wudhu Dan Limbah Organik Individu(Inspirasi Bioteknologi /Remediasi Based On Al-Qur’an Al Baqarah Ayat :22).”

Related Posts you may like

Duta Akuntansi 2017

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi mengadakan acara Duta Akuntansi (28/10/2017) di Gedung C3 FE UNNES. Dalam acara ini dihadiri oleh Drs. Asrori.,MM selaku Kepala Laboratorium Jurusan Akuntansi.

Duta Akuntansi merupakan kegiatan yang diadakan HIMA Jurusan Akuntansi dengan tujuan memilih mahasiswa berprestasi di Jurusan Akuntansi. Dalam kegiatan ini diikutin oleh 24 mahasiswa Jurusan Akuntansi dari semester satu sampai lima.

Duta Akuntansi memilih tema “Future Accountant”, yang diharapkan dengan tema tersebut output dari mahasiswa Akuntansi bisa membangun Indonesia di bidang keuangan yang akan datang dengan kepandaian dan akhlak baik.

Acara ini memiliki empat tahap seleksi yang diseleksi langsung oleh para juri. Juri dari Duta Akuntansi 2017 yaitu Kuat Waluyo Jati,SE.,M.Si. (dosen Akuntansi UNNES), Tusyanah,S.Pd.,M.Pd. (dosen Pendidikan Ekonomi UNNES) dan Dani Puspitasari (Mawapres UNNES 2017). Tahap pertama yaitu seleksi sepuluh besar esai terbaik dari 24 esai dengan tema yang ditentukan. Tahap kedua seleksi 5 peserta dengan tes tertulis, selanjutnya tahap ketiga seleksi 3 finalis presentasi esai terbaik dengan menggunakan bahasa Inggris. Tahab terakhir pemilihan juara 1,2 dan 3 yang ditentukan dengan problem solving.

Pemenang dari Duta Akuntansi 2017 yaitu Juara 1 Neni Uciati dari Akuntansi A 2015, Juara 2 Ahwan Solih dari Akuntansi B 2016, dan Juara 3 Fitri Yuliani dari Akuntansi A 2016.

Dengan adanya kegiatan  tersebut, Hima Jurusan Akuntansi sangat berharap para pemenang dan peserta dapat melaju seleksi mawapres Fakultas Ekonomi dan menjadi Akuntan yang baik kedepannya.

Related Posts you may like

FE UNNES menanam pohon lagi

Menanam pohon adalah kewajiban bagi seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang. kegiatan ini merupakan perwujudan dari visi Unnes menjadi Universitas yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Kegiatan penanaman pohon juga merupakan upaya menanamkan rasa cinta lingkungan bagi generasi muda.

Sabtu, 28 oktober 2017 Fakultas Ekonomi melaksanakan kegiatan penanaman pohin bagi mahasiswa angkatan 2016. Diikuti tak kurang dari 900 mahasiswa dan mengambil tempat di kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati. Kegiatan ini dilaksanakan dengan antusias oleh mahasiswa.

Di sela-sela kegiatan penanaman, Ketua gugus pengembang konservasi Fakultas Ekonomi, Dr. Amin Pujiati, mengatakan bahwa, fakultas Ekonomi berkomitmen untuk mendukung program universitas agar mahasiswa dapat menanam pohon. Lebih lanjut beliau berharap, kegiatan ini tidak berhenti. Mahasiswa wajib merawat tanamannya sehingga program penghijauan tidak hanya bersifat sporadis tapi mengandung unsur kebermanfaatan dalam jangka panjang.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa juga terlihat antusias mengikuti penanaman pohon. Mereka berpendapatan bahwa selain menjadi kewajiban dan syarat wisuda, menanam pohon dapat memberikan sensasi baru bagi mereka. Banyak mahasiswa mengaku baru pertama kali menanam pohon. Sehingga pengalaman baru ini diharapkan akan membuat mereka lebih mencintai lingkungan.

Lebih lanjut, ketua panitia kegiatan Avi Budi Setiawan melaporkan bahwa pada kegiatan penanaman ini jenis tanaman yang di tanama adalah buah-buahan. Yang terdiri dari belimbing, durian, sawo kecik, jambu air, jambu kristal dan petai. adapun seluruh bibit pohon disediakan oleh UPT Pengembang Konservasi Unnes.

Harapan ke depan, pohon yang ditanam ini bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga akan banyak manfaat yang diperoleh, tak hanya manfaat berupa lestarinya lingkungan, namun juga manfaat ekonomi. Namun itu semua akan terjadi apabila program ini tak hanya berhenti pada penanaman tapi juga perawatan.

Related Posts you may like

DUA MAHASISWA FE UNNES MENGIKUTI INTERNATIONAL CONFERENCE DI FILIPINA

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES kini kembali menorehkan prestasi Internasional dengan mengikuti Konferensi Internasional. Dani Puspitasari (Mapres I UNNES 2017 dan Staff Riset Kime FE UNNES 2016) dan David Indra Gunawan (Kepala Departemen Riset Kime FE UNNES 2017), mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Unnes yang berhasil mengikuti acara “The 5th Internasional Conference on Studies In Business, Management, Education and Law, Manila, Philippines” pada tanggal 18-19 September 2017.

Acara ini diselenggarakan di Hotel Banilde Maison De La Salle, Manila, Phillipines. Tujuan dari acara ini yaitu untuk mengumpulkan para peneliti dan mempresentasikan hasil penelitian yang dimiliki, serta saling bertukar pikiran mengenai topik penelitian terbaru. Tidak hanya mahasiswa S1, acara bergengsi ini juga diikuti oleh mahasiswa S2, Doktor, Professor, Dosen yang berasal dari Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, India, Sri Lanka, dan Eropa.

Terbukti, jika internasionalisasi telah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Hal ini menunjukkan jiwa prestatif dan kompetitif telah tumbuh dan menjadi bagian dari mahasiswa ekonomi untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Related Posts you may like

“Gita Ekonomia Choir” raih Medali Perak Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017

Tim Paduan Suara Fakultas Ekonomi Unnes “Gita Ekonomia Choir” meraih Medali Perak pada kategori Folklore atau lagu rakyat dalam ajang Satya Dharma Gita National Choir Festival ke-6 tahun 2017 (SDGNCF-6th). Acara SDGNCF ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 23 – 27 Agustus 2017 di Auditorium Imam Bardjo Undip Peleburan.

Gita Ekonomia Choir dalam lomba kali ini membawakan 3 buah lagu yakni Leron-leron Sinta dari Philipina, Gelung Perada dari NTB, dan Prau Layar dari Jawa Tengah. Pada event ini Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unnes bersaing dengan Tim Paduan Suara Mahasiswa dari berbagai Universitas seperti ITS, UNDIP, UNS, UNTIRTA, IAIN Salatiga, dll.

Harapan dari lomba ini ialah menjadikan rasa semangat kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk terus berprestasi. Untuk itu, bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mempunyai bakat dalam bidang seni khususnya menyanyi dapat bergabung dengan Tim Paduan Suara Gita Ekonomia Choir. Keep Singing!!!

Related Posts you may like

Oki terpilih menjadi Delegasi Indonesia dalam Asean Youth Summit 2017 di Manila, Philipines.

Oki Sadma, Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) terpilih menjadi Delegasi Indonesia untuk mengikuti Asean Youth Summit (AYS) 2017 bersama 150 pemuda Se-Asean.

Asean Youth Summit 2017  ini di selenggarakan di manila, Philipines selama 5 hari mulai 23-27 April 2017 dengan tema “Strenght in Diversity , Building One Asean Community”. Konferensi ini diikuti oleh para pemuda yang berasal dari negara Se-Asean yaitu Indonesia, Singapore, Malaysia, Philipines, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Pemuda yang kerap disapa oki ini merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi. Ia merupakan Ketua Himpunan mahasiswa jurusan Akuntansi 2015, penerima beasiswa Djarum Foundation serta Grand finalis Putra- putri lingkungan hidup Kota semarang 2017.

Pada ajang ini Oki mengikuti konferensi pemuda global yang diintegrasikan dengan simulasi konferensi Asean. Dimana pada ajang ini para delegasi diajak untuk memahami asean, bertukar gagasan dan membahas isu utama yang menjadi perhatian di asean mulai dari Keamanan, politik, Ekonomi, sosial dan budaya. Selain itu kegiatan ini juga disertai dengan  coaching session, networking session, Cultural night dan Manila field trip.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam memperkaya wawasan Asean dan kepemudaan serta memperluas jaringan relasi internasional,  apa lagi saat ini kita telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), jelas oki.

Ia berharap akan lebih banyak lagi ajang yang serupa yang dapat memberi kesempatan pada pemuda lainya khususnya mahasiswa unnes untuk memperkaya pengalamanya di tingkat internasional.

Related Posts you may like