Agenda Akhir Semester dan Libur Hari Raya di Fakultas Ekonomi

Beberapa agenda yang harus diperhatikan oleh seluruh warga Fakultas Ekonomi untuk menyambut lebaran dan akhir perkuliahan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan SURAT EDARAN Rektor Universitas Negeri Semarang dan kegiatan akademik akhir semester maka diumumkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Minggu terakhir perkuliahan berakhir Minggu ini, pada hari Jumat, 8 Juni 2018.
  2. Senin-Kamis, 11-14 Juni 2018 Cuti bersama sebelum lebaran. Jumat-Sabtu, 15-16 Juni 2018 libur nasional hari Raya Idul Fitri 1439 H. Senin-Rabu, 18-20 Juni 2018 Cuti Bersama setelah lebaran.
  3. Kamis, 21 Juni 2018 pegawai Universitas Negeri Semarang masuk seperti biasa dan hari efektif kerja.
  4. Selasa, 26 Juni 2018 Halal Bi Halal Warga Universitas Negeri Semarang.
  5. Pekan persiapan ujian berlangsung dari tanggal 25-29 Juni 2018 dan UAS akan berlangsung dari hari Senin, 2 Juli 2018 sampai Jumat, 13 Juli 2018.

Semoga bisa diperhatikan dan jangan lupa untuk selalu update info terbaru dari akun instagram resmi Fakultas Ekonomi UNNES di @feunnes 

(T/NP)

Tetap Semangat Magang di bulan Puasa

Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran masih semangat magang di bulan puasa. Acara magang ini sengaja diprogramkan oleh jurusan Pendidikan Ekonomi untuk menambah keterampilan mahasiswanya dalam praktik perkantoran. Program magang ini hanya khusus untuk jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran UNNES angkatan 2014 dan 2015. Program magang sudah dilaksanakan sejak akhir bulan April lalu.

Fela, salah satu mahasiswa magang merasa sangat senang sekali bisa magang di Fakultas Ekonomi. Menurut mahasiswi asal Jepara ini, program magang akan menambah pengetahuannya dalam penerapan ilmu-ilmu perkantoran dalam praktik nyata di pekerjaan. Di bulan puasa ini menurutnya, tidak akan menghalanginya untuk bisa melaksanakan tugas-tugas pekerjaan yang telah diberikan untuk dilaksanakan dengan baik.

Jadwal magang di bulan puasa juga menyesuaikan dengan jadwal kerja pegawai. Selama Ramadhan, jam kerja pegawai dan layanan di Fakultas Ekonomi akan menyesuaikan dari pukul 07.30 Wib sampai 15.00 Wib pada hari Senin sampai Kamis dengan istirahat pada pukul 12.00-12.30 Wib dan pukul 07.30 Wib sampai 12.00 Wib khusus untuk hari Jumat. Dia berharap, bisa mengikuti program magang ini dengan baik sampai selesai di sekitar bulan Juli nanti. T/Novianpmb

 

PEMBUKAAN DIES NATALIS FE KE-12

Rabu, 9 Mei 2018 citivas akademika FE Unnes merayakan Pembukaan Dies Natalis FE UNNES ke-12. Acara dimulai dengan senam konservasi dan dilanjutkan dengan senam erobik. Datang pada acara tersebut adalah Dekan FE Dr. Wahyono, MM beserta Wakil Dekan 1,2, & 3. Selain itu segenap pimpinan Fakultas dan Jurusan di Lingkungan FE. Acara sangat meriah dengan banyaknya mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang mengikuti acara tersebut. Kegiatan diakhiri dengan makan pagi bersama dan ramah tamah. Semoga FE semakin BERLIAN di Tahun Internasionalisasi.

Arif, Puji dan Sari Juara II di National Green Scientific Competition 2018

Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi (Akuntansi), Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang dengan diketuai oleh Arif Santoso dengan anggota Puji Novita Sari dan Sari Lestari berhasil meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Green Scientific Competition yang diselenggarakan di Hotel UTC, Semarang pada tanggal 11-13 Mei 2018
Tiga Kimers tersebut mengangkat sebuah inovasi platform Gembala.in yang bertujuan untuk mempermudah akses permodalan bagi peternak dan juga sebagai sarana memasarkan hasil ternak peternak di Indonesia sebagai upaya meretas adanya poverty trap di pedesaan.
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang yang bertemakan “Inovasi Penyelesaian Permasalahan Pedesaan, Perkotaan dan Kemaritiman berbasis IPTEKS untuk menyukseskan Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030” Penyelenggaraan lomba ini merupakan upaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menghasilkan karya gagasan kreatif serta inovatif untuk kepentingan bangsa dan negara. Khususnya dalam mensukseskan agenda SDG’s 2030.
Lomba ini diikuti oleh peserta universitas seluruh Indonesia dengan total seleksi awal karya tulis ilmiah mencapai 112 judul karya tulis. Tahapan selanjutnya adalah presentasi di Hotel UTC yang diikuti oleh 10 tim terbaik, diantaranya adalah: Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Jenderal Achmad Yani, dan Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasil dari lomba Green Scientific Competition 2018 Juara 1 diraih oleh Universitas Jenderal Achmad Yani, Juara 2 diraih oleh Universitas Negeri Semarang, Juara 3 diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November, Juara Harapan 1 diraih oleh Universitas Diponegoro, Juara Harapan 2 diraih oleh Universitas Diponegoro, Poster Terfavorit Universitas Jenderal Achmad Yani, dan Video Terfavorit diraih oleh Universitas Jenderal Achmad Yani.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs Kusmuriyanto, M.Si mengapresiasi prestasi mahasiswa FE dan berharap dapat memotivasi mahasiswa lain untuk mengikuti berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.
FE Brillian!!! (JS: Arif Santoso)

Wow, Dua Dosen FE Menjadi Guest Lecture di UPSI Malaysia

Malaysia (07/05)- Bertempat dikampus baru Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, tepatnya di Kota Proton, pada tanggal 7 Mei 2018, dua dosen Fakultas Ekonomi,UNNES, menjadi dosen tamu selama sehari di universitas yang ada di Tanjung Malim tersebut.

Dua dosen tersebut adalah Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. ,dan Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd. Perkuliahan yang dihadiri 30 mahasiswa UPSI tersebut diawali dengan paparan oleh Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. , berjudul “Agricultural Extension in Central Java” khususnya di Grobogan, Klaten, dan , Magelang. Sedangkan paparan kedua oleh Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd dengan tema “Developing Rebana Cluster by Empowering Existing Social Capital”dengan studi kasus di Kab.Brebes. Mahasiswa UPSI pun sangat antusias saat perkuliahan berlangsung,termasuk aktif berpartisipasi pada sesi diskusi.

Dr. Norimah binti Rambeli, Ketua Jurusan Ekonomi UPSI, mengatakan bahwa kegiatan mengundang Dosen Tamu dapat membuka wawasan mahasiswa terkait kondisi masyarakat diluar Malaysia, dalam hal ini Indonesia, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih baik, tidak hanya mengetahui aktifitas perekonomian yang ada di Malaysia saja.

Guest lecture ini merupakan salah satu upaya FE untuk menyokong visi Internasionalisasi dari UNNES. Transfer ilmu dari dan ke luar negeri diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin yang pada akhirnya menjadi salah satu penggerak internasionalisasi UNNES. (Sri Utami/NB)

Meriah, KSEI dan Unssaf kolaborasi dalam kegiatan Edukasi Kampus dan Gathering

Semarang, (05/ Mei)- Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan BSO Unssaf mengadakan kegiatan edukasi kampus dan gathering. Acara ini dilaksanakan pekan lalu tepatnya pada tanggal 5 Mei 2018 bertempat di gedung D4 Fakultas Matematika dan IPA.

Acara ini mengusung tema Perlindungan Investor dan Transparansi Informasi Melalui Fasilitas AKSes KSEI. Kegiatan edukasi dan gathering ini dihadiri langsung oleh pihak dari KSEI dan Kepala Kantor Cabang IDX Kota Semarang.

Antusias peserta yang hadir pada acara tersebut diapresiasi oleh bapak Fitriyanto selaku kepala unit pengawasan yang mana memberikan materi pada hari itu. Menurut beliau mahasiswa Unnes sangat aktif dan antusias terhadap investasi di pasar modal. Acara ini dihadiri sekitar 100 mahasiswa Unnes yang tidak hanya dari Fakultas Ekonomi saja dan pendaftarannya gratis untuk mahasiswa yang telah memiliki kartu AKSes dari KSEI.

Banyak hadiah menarik yang dibagikan pada acara tersebut bagi setiap penanya dan tidak kalah menarik, bagi peserta yang pada tanggal 5 April 2018 sampai 24 Mei 2018 login menggunakan kartu AKSes akan mendapatkan voucher investasi sebesar 100 ribu. Semoga sukses UNSSAF (JM: Rico Priandana Loris)

Workshop PKM 5 Bidang tahun 2018

Fakultas Ekonomi akan menyelenggarakan Pelatihan dan Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang pada

Sabtu 05 Mei 2018, 08.00 – 12.00 WIB di gedung L lantai 3 Ruang Aula FE UNNES

sehubungan dengan hal tersebut tiap-tiap komting wajib mendelegasikan 15 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Daftar peserta dapat dikirim ke Ibu Nurdian Susilowati, S.Pd., M.Pd melalui WA / SMS 085291129595 maksimal Jumat 04 Mei 2018

Demikian pengumuman ini sekaligus sebagai undangan