Duta Akuntansi 2017

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi mengadakan acara Duta Akuntansi (28/10/2017) di Gedung C3 FE UNNES. Dalam acara ini dihadiri oleh Drs. Asrori.,MM selaku Kepala Laboratorium Jurusan Akuntansi.

Duta Akuntansi merupakan kegiatan yang diadakan HIMA Jurusan Akuntansi dengan tujuan memilih mahasiswa berprestasi di Jurusan Akuntansi. Dalam kegiatan ini diikutin oleh 24 mahasiswa Jurusan Akuntansi dari semester satu sampai lima.

Duta Akuntansi memilih tema “Future Accountant”, yang diharapkan dengan tema tersebut output dari mahasiswa Akuntansi bisa membangun Indonesia di bidang keuangan yang akan datang dengan kepandaian dan akhlak baik.

Acara ini memiliki empat tahap seleksi yang diseleksi langsung oleh para juri. Juri dari Duta Akuntansi 2017 yaitu Kuat Waluyo Jati,SE.,M.Si. (dosen Akuntansi UNNES), Tusyanah,S.Pd.,M.Pd. (dosen Pendidikan Ekonomi UNNES) dan Dani Puspitasari (Mawapres UNNES 2017). Tahap pertama yaitu seleksi sepuluh besar esai terbaik dari 24 esai dengan tema yang ditentukan. Tahap kedua seleksi 5 peserta dengan tes tertulis, selanjutnya tahap ketiga seleksi 3 finalis presentasi esai terbaik dengan menggunakan bahasa Inggris. Tahab terakhir pemilihan juara 1,2 dan 3 yang ditentukan dengan problem solving.

Pemenang dari Duta Akuntansi 2017 yaitu Juara 1 Neni Uciati dari Akuntansi A 2015, Juara 2 Ahwan Solih dari Akuntansi B 2016, dan Juara 3 Fitri Yuliani dari Akuntansi A 2016.

Dengan adanya kegiatan  tersebut, Hima Jurusan Akuntansi sangat berharap para pemenang dan peserta dapat melaju seleksi mawapres Fakultas Ekonomi dan menjadi Akuntan yang baik kedepannya.

Related Posts you may like

INOVASI MAHASISWA DALAM KOMPETISI LKTI NASIONAL KOIN (KIME ON IDEAS COMPETITION) FAKULTAS EKONOMI UNNES 2017

Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (KIME) Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan grand final The 3rd KOIN (KIME on Ideas Competition) yang merupakan ajang kompetisi karya tulis ilmiah nasional dengan mengusung tema, “ Inovasi Generasi Muda Dalam Mendukung Industri Kreatif Menuju Indonesia Raksasa Ekonomi Tahun 2050 “. Acara Koin ditujukan kepada seluruh mahasiswa S1/D3 dari perguruan tinggi negeri/swasta di seluruh Indonesia sebagai wadah inovasi dan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan problematika yang ada di Indonesia

10 tim yang masuk grand final KOIN datang dari Universitas Negeri Yogyakarta, Bina Nusantara University, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Tadolako, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Mataram, Universitas Diponegoro, dan Universitas Syiah Kuala Aceh. Babak final The 3rd KOIN diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNNES.

Dalam event ini, KIME mengundang tiga juri, yakni Bapak Arimaz Hangga, S.T, M.T (FT), Bapak Syaiful Amin, S.Pd, M.Pd (FIS), dan Ibu Kardiyem, S.Pd, M.Pd (FE).

Acara Grand Final KOIN dibuka dengan tari semarangan yang merupakan tarian khas kota semarang.

Saudara Ronal Sutrisno dalam sambutanya mengatakan, “Menulis adalah cara cerdas mahasiswa untuk beramal. Oleh karena itu, saya berharap ide-ide kreatif yang disumbangkan dari para finalis tidak hanya bersifat konseptual saja, akan tetapi dapat terealisasikan dengan baik sebagai solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan di Indonesia”. begitu pula dengan pesan yang disampaikan oleh bapak kusmuriyanto selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan yang menekankan kepada setiap mahasiswa Indonesia untuk terus mengembangkan daya pikir yang kreatif melalui publikasi yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah sehingga dapat membangun indonesia ke arah masa depan yang di cita-citakan.

Kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh Tim UNDIP sebagai Juara 1, Tim Binus University sebagai Juara 2, Tim UNNES sebagai Juara 3, dan Juara favorit diraih oleh Universitas Brawijaya.

Para finalis merasa bangga bisa berpartisipasi dalam kompetisi nasional yang menghadirkan para penggagas hebat dalam bidangnya. Mereka juga merasa senang bisa berkunjung di kampus Universitas Negeri Semarang terutama di Fakultas Ekonomi.


Foto finalis dari Universitas Tadolako,Palu  bersama rektor

Saudara suprianton selaku ketua tim dari Universitas Tadolako, Sulawesi Tengah menuturkan, “Suatu kebanggaan bagi saya dan tim untuk bisa berpartisipasi dalam grand final The 3rd KOIN 2017 dan mengenal kota Semarang untuk pertama kalinya. Terima kasih kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara sebesar ini. Semoga KOIN semakin sukses kedepannya”. Mereka mengatakan semua rangkaian acara sangat berkesan, “Saya dan tim juga berkunjung ke tempat-tempat wisata di kota semarang” imbuhnya.

Diakhir serangkaian kegiatan, saudari Norma Chayatina selaku ketua umum KIME FE UNNES 2017 mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan finalis yang telah bekerja sama dengan baik. “ Saya dan panitia berharap ajang ini bisa memacu para mahasiswa Indonesia untuk bisa menuliskan ide-ide inovatif bagi Indonesia dan semoga KOIN kedepannya lebih baik dan KIME bisa menjadi role model untuk organisasi lain di UNNES, khususnya di Fakuktas Ekonomi”.

Related Posts you may like

Bela Negara Mahasiswa Baru Angkatan 2017

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2017 Fakultas Ekonomi UNNES wajib mengikuti kegiatan Bela Negara yang diselenggarakan pada Jum’at-Minggu, 3-5 November 2017 di Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro Magelang.

Technical Meeting akan dilaksanakan pada Rabu 1 November 2017, 15.00 WIB-selesai di lapangan Tonis FE UNNES

ttd
Dekan

Related Posts you may like

FE UNNES menanam pohon lagi

Menanam pohon adalah kewajiban bagi seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang. kegiatan ini merupakan perwujudan dari visi Unnes menjadi Universitas yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Kegiatan penanaman pohon juga merupakan upaya menanamkan rasa cinta lingkungan bagi generasi muda.

Sabtu, 28 oktober 2017 Fakultas Ekonomi melaksanakan kegiatan penanaman pohin bagi mahasiswa angkatan 2016. Diikuti tak kurang dari 900 mahasiswa dan mengambil tempat di kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati. Kegiatan ini dilaksanakan dengan antusias oleh mahasiswa.

Di sela-sela kegiatan penanaman, Ketua gugus pengembang konservasi Fakultas Ekonomi, Dr. Amin Pujiati, mengatakan bahwa, fakultas Ekonomi berkomitmen untuk mendukung program universitas agar mahasiswa dapat menanam pohon. Lebih lanjut beliau berharap, kegiatan ini tidak berhenti. Mahasiswa wajib merawat tanamannya sehingga program penghijauan tidak hanya bersifat sporadis tapi mengandung unsur kebermanfaatan dalam jangka panjang.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa juga terlihat antusias mengikuti penanaman pohon. Mereka berpendapatan bahwa selain menjadi kewajiban dan syarat wisuda, menanam pohon dapat memberikan sensasi baru bagi mereka. Banyak mahasiswa mengaku baru pertama kali menanam pohon. Sehingga pengalaman baru ini diharapkan akan membuat mereka lebih mencintai lingkungan.

Lebih lanjut, ketua panitia kegiatan Avi Budi Setiawan melaporkan bahwa pada kegiatan penanaman ini jenis tanaman yang di tanama adalah buah-buahan. Yang terdiri dari belimbing, durian, sawo kecik, jambu air, jambu kristal dan petai. adapun seluruh bibit pohon disediakan oleh UPT Pengembang Konservasi Unnes.

Harapan ke depan, pohon yang ditanam ini bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga akan banyak manfaat yang diperoleh, tak hanya manfaat berupa lestarinya lingkungan, namun juga manfaat ekonomi. Namun itu semua akan terjadi apabila program ini tak hanya berhenti pada penanaman tapi juga perawatan.

Related Posts you may like

Seminar Nasional Sociopreneur Jurusan Ekonomi Pembangunan

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan bersama Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Semarang tahun ini kembali menyelenggarakan Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 di Gedung LP2M Unnes. Seminar kali ini mengangkat topik yang jarang tersentuh di seminar pada umumnya. Namun, memiliki potensi yang besar terhadap kemajuan perekonomian negeri ini. Dengan bangga kami mengusung topik Sociopreneur dan kami menamai seminar ini dengan nama Seminar Nasional Sociopreneur (SENSOR). Tujuan terpenting dari Seminar Nasional ini adalah membangkitkan semangat budaya berwirausaha namun tetap memperhatikan keadaan lingkungan sekitar baik secara aspek ekonomi, lingkungan, maupun sosialnya bagi para mahasiswa dan masyarakat secara umum. Tema yang kita usung dalam kegiatan Seminar ini adalah “Sociopreneur Solusi Pengentasan Kemiskinan Menuju Indonesia Emas 2045” memiliki arti bahwa budaya wirausaha yang kini sudah berkembang dimasyarakat sebaiknya tidak hanya meningkatkan pendapatan pribadi saja. Namun memperhatikan faktor lingkungan sekitar dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan serta mampu memberdayakan masyarakat yang belum mampu membuat usaha sendiri.
Seminar Nasional Sociopreneur akan dilaksanakan dalam tiga sesi. Ketiganya merupakan penyampaian materi dari tokoh – tokoh yang expert pada bidangnya. Penyampaian materi disesuaikan dengan tiga topik yang kami usung sesuai dengan tema, yaitu pengentasan kemiskinan, sociopreneur, dan Indonesia Emas 2045. Sesi pertama merupakan penyampaian materi tentang fakta kemiskinan yang ada di Indonesia dan solusi pengentasan kemiskinan yang akan disampaikan oleh seorang pengamat ekonomi Nasional yaitu Bapak Faisal Basri, S.E., M.A. . Sesi kedua merupakan penyampaian materi tentang sociopreneur oleh Ibu Wildayanti yang merupakan praktisi sociopreneur yang telah berhasil memberdayakan masyarakat dan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi serta merupakan CEO PT. Xaviera Global Synergy. Sesi ketiga merupakan penyampaian materi tentang Indonesia Emas 2045 yang akan disampaikan oleh Dr. Agus Suryono, MM. yang akan menyampaikan bagaimana kesiapan generasi Indonesia untuk menuju Indonesia Emas 2045 mengingat generasi muda saat ini yang nantinya akan memimpin pada tahun 2045.
Melihat kondisi negara saat ini dari sudut ekonomi, sosial ,dan lingkungan memang harus segera dibenahi, sociopreneur merupakan solusi yang tepat. Maka jadilah saksi terselenggaranya Seminar Nasional Sociopreneur ini. Semoga menginspirasi pemuda untuk perubahan negeri.

Related Posts you may like

Workshop Dokumentasi Data, Riset, Artikel Bidang Koperasi dan UMKM 2017

Fakultas Ekonomi UNNES akan mengadakan Workshop Riset Bidang Koperasi dan UMKM, Rabu 08 November 2017, acara akan dilaksanakan di aula gedung L1 lantai 3 mulai pukul 08.30 -selesai.

  1. Dibuka kesempatan bagi 150 orang mahasiswa FE UNNES untuk mengikuti kegiatan tersebut (mendapatkan sertifikat).

Bagi mahasiswa yang berminat dapat menghubungi Kasubbag Akademik (ROHMAWATI, S.Pd., MH.) paling lambat 30 Oktober 2017.

Related Posts you may like

Penanaman Pohon FE UNNES 2017

Gugus pengembangan karakter dan konservasi Fakultas Ekonomi UNNES akan menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon pada hari Jumat 27 Oktober 2017 Sabtu 28 Oktober 2017 pukul 07.00 WIB di Kelurahan Mangunsari, Gunungpati, Kota Semarang. dresscode kaos biru.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2016.

Informasi lebih lanjut hubungi komting kelas atau Bapak Avi Budi Setiawan (+62 857-2512-7244)

Related Posts you may like

Workshop Pengembangan Website Fakultas Ekonomi

Kamis, 28 September 2017 bertempat di ruang rapat 3 Gedung L2 lantai 2 diadakan Workshop Pengembangan Website FE. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan website yang merupakan rumah bersama bagi semua civitas akademika FE baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta yang berasal dari 15 LK dan BSO Fakultas Ekonomi Turut hadir pula, dosen pengembang website dan tim IT Fakultas Ekonomi.

Workshop Pengembangan Website FE dibuka oleh Drs. Kusmuriyanto, M.Si., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FE. Beliau menyampaian bahwa website FE perlu disemarakkan dengan berita dan artikel yang mampu memberikan informasi yang akurat, tidak hanya di kalangan internal FE tetapi juga masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang FE Unnes.

Dalam acara ini, pembicara dari UPT TIK Unnes yaitu Bapak Luthfi Maslichul Kurniawan, S.Pd. memberikan materi tentang pengembangan website FE yang harus mendukung website Unnes. Luthfi mengatakan bahwa website yang baik harus responsif, aktual dan objektif serta mampu meningkatkan webmetrik Unnes. Beliau mencontohkan website yang baik mampu menjadi media informasi dan promosi bagi institusi terkait.

Related Posts you may like

DUA MAHASISWA FE UNNES MENGIKUTI INTERNATIONAL CONFERENCE DI FILIPINA

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES kini kembali menorehkan prestasi Internasional dengan mengikuti Konferensi Internasional. Dani Puspitasari (Mapres I UNNES 2017 dan Staff Riset Kime FE UNNES 2016) dan David Indra Gunawan (Kepala Departemen Riset Kime FE UNNES 2017), mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Unnes yang berhasil mengikuti acara “The 5th Internasional Conference on Studies In Business, Management, Education and Law, Manila, Philippines” pada tanggal 18-19 September 2017.

Acara ini diselenggarakan di Hotel Banilde Maison De La Salle, Manila, Phillipines. Tujuan dari acara ini yaitu untuk mengumpulkan para peneliti dan mempresentasikan hasil penelitian yang dimiliki, serta saling bertukar pikiran mengenai topik penelitian terbaru. Tidak hanya mahasiswa S1, acara bergengsi ini juga diikuti oleh mahasiswa S2, Doktor, Professor, Dosen yang berasal dari Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, India, Sri Lanka, dan Eropa.

Terbukti, jika internasionalisasi telah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Hal ini menunjukkan jiwa prestatif dan kompetitif telah tumbuh dan menjadi bagian dari mahasiswa ekonomi untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Related Posts you may like

Penyerahan Sertifikat Juara/Peserta Pendelegasian Kegiatan Kemahasiswaan

Bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan kegiatan pendelegasian dimohon untuk menyerahkan fotocopy sertifikat juara/peserta ke bagian kemahasiswaan FE UNNES

Terima kasih

Related Posts you may like