Penanaman Pohon FE UNNES program Angkatan 2017

Fakultas Ekonomi melaksanakan program penanaman pohon untuk angkatan 2017, lokasi penanaman tahun ini adalah wilayah desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Program tahunan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas EKonomi UNNES (FE UNNES) angkatan 2017 dan beberapa mahasiswa angkatan 2016 yang pada tahun sebelumnya belum sempat mengikuti kegiatan ini, terdiri dari empat jurusan yang ada di FE UNNES.

Mahasiswa FE UNNES berkumpul pukul 06.30 WIB di lapangan belakang gedung L menerima arahan dari Dekan FE UNNES Drs. Heri Yanto MBA, PhD., hadir pula pada kesempatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs. Kusmuriyanto, M.Si., dan Ketua Gugus Pengembang Konservasi Dr. Amin Pujiati S.E.,M.Si. dilanjutkan arahan secara teknis oleh Ketua Panitia Muhammad Feriady dan UPT Pengembang Konservasi UNNES. Ketua Panitia melaporkan bahwa setiap mahasiswa wajib menanam pohon setidaknya sekali selama kuliah di UNNES, kemudian mengunggah kegiatan tersebut kedalam siomon (Sistem Informasi Penanaman dan Perawatan Pohon) yang merupakan portal pelaporan penanaman yang dilakukan oleh mahasiswa. Sistem ini dikembangkan berdasarkan Peraturan Rektor Unnes No 26 th. 2009 tentang gerakan penanaman satu mahasiswa satu pohon. Pelaporan penanaman ini digunakan sebagai syarat pendaftaran wisuda dan isian SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Tidak berhenti pada penanaman pohon, agenda ini ditujukan sebagai awal bagi mahasiswa untuk terus merawat pohon yang ditanamnya sehingga terus lestari dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

UPT Pengembang Konservasi UNNES sebagai penyedia bibit tanaman menyampaikan bahwa bibit tanaman yang ditanam pada program kali ini diantaranya bibit sirsak, jambu, petai, kendal rambutan, sengon, durian dan trembesi. Berjumlah 920 buah bibit lokasi penanaman tersebar di sekitar wilayah desa Kandri yang pada bagian tertentu kondisinya masih berupa area terbuka tanpa pohon, sehingga diharapkan dengan adanya penanaman bibit pohon ini akan berdampak positif.

FGD Pembahasan Draft MoA Joint Curriculum antara UPSI dan FE UNNES

13 November 2018– FE Semarang- Gugus Kerjasama FE UNNES yang didampingi oleh Bagian Kerjasama UNNES mendapatkan hibah Joint Curriculum dari Belmawa Ristekdikti. Untuk mendapatkan gambaran yang detail dan lengkap mengenai hal tersebut maka diadakanlah Workshop dan FGD Pengelolaan dan Pelaksanaan Joint Curriculum antara UPSI Malaysia dan Jurusan Managemen FE di Ruang Rapat L2, lt. 1.
Terdapat dua (2) pembicara yang diundang dalam kegiatan ini yaitu Wiryono Raharji, Ph.D dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Alam Nasrah Ikhlas, S.S., M.Ed. L dari Ditjen Belmawa, Kemristekdikti.
Wiryono Raharji Ph.D atau yang akrab disapa Pak Wing Continue reading

Tracer Study Alumni Pendidikan Ekonomi Lulus 2017-2018

Mari berpartisipasi memajukan almamatermu 🤗

Apa itu Tracer study? Tracer Study merupakan penelusuran mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNNES.

Kakak alumni Pendidikan Ekonomi FE UNNES lulus tahun 2017 sampai 2018? Yuk isi data di sini 👇
http://bit.ly/tracerstudypeunnes2018

#FeUnnes
#FeBrilian
#InfoFE
#GugusHumasFE

Rektor UNNES Serahkan 12 SK untuk Pejabat di Lingkungan Fakultas Ekonomi UNNES

Rektor UNNES Serahkan 12 SK Pejabat di Lingkungan FE

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. didampingi Wail Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D. menyarahkan 12 Surat Keputusan Rektor untuk pejabat Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Kepala Laboratorium di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, kemarin Senin (29/10/2018) bertempat di Gedung Rektorat kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Ke-12 pejabat tersebut Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. diangkat menjadi Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Ekonomi, Kiswanto, S.E., M.Si. (Kajur Akuntansi), Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. (Kajur Manajemen), Fafurida, S.E., M.Sc. (Kajur Jurusan Ekonomi Pembangunan). Continue reading

Dosen PE Menjadi Penulis Artikel dan Presenter Terbaik

Dosen FE UNNES Jadi Penulis Artikel dan Presenter Terbaik

Universitas Negeri Semarang (UNNES) selalu meningkatkan budaya berprestasi pada civitas akademikanya. Beberapa prestasi sudah dicapai oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di tingkat Nasional dan Internasional. Kali ini, Agung Kuswantoro dosen Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekononi (FE) menjadi penulis artikel dan presenter terbaik pada tema Manajemen Perkantoran dan Sumber Daya Manusia (SDM). Continue reading

Dosen FE raih best paper award #8thiBBC2018 di Sarawak Malaysia

Internasionalisasi merupakan salah satu visi UNNES. Fakultas Ekonomi akan terus berusaha untuk merealisasikan visi tersebut, salah satunya dalam bentuk partisipasi sebagai pemakalah dalam konferensi internasional. Lima (5) paper dari Fakultas Ekonomi telah dipresentasikan the 8th International Borneo Business Conference (IBBC) 2018 yang diselenggarakan oleh Faculty of Economics and Business, University Malaysia Sarawak (UNIMAS), pada tanggal 4-5 Oktober 2018.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Hilton Kota Kuching itu memberikan catatan baik bagi delegasi dari FE UNNES. Dua paper memperoleh best paper award. Continue reading

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Berikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk BUMDES di Kecamatan Jambu

Semarang- Workshop dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bertajuk “Pelatihan Akuntansi Sederhana bagi Pengurus BUMDES untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan” dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi UNNES dalam rangka hibah pengabdian masyarakat.

Pengabdian yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang tersebut dihadiri oleh 23 orang yang merupakan perangkat desa dan pengurus BUMDES di sembilan desa. Acara dibuka langsung oleh Kepala Kecamatan Jambu Bapak Moh. Edy Sukarno, SSIP,M.M.

“Kecamatan Jambu ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kita punya kopi robusta, durian brongkol yang produktivitasnya hampir seribu ton per tahun. Continue reading

Workshop Pengolahan Limbah Maba FE UNNES 2018

Sabtu, 22 September 2018. Gugus Konservasi Fakultas Ekonomi (FE) UNNES Workshop pengolahan limbah.

Mengapa Limbah? karena limbah yang tidak dikelola dengan baik, tentunya dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat menjadi acaman bagi perkembangan ekosistem, ancaman perkembangan ekosistem bukan menjadi tanggungjawab kelompok tetapi menjadi tanggung jawab bersama, dengan demikian perlu ada generasi penerus yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Univeritas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi memiliki peranan untuk mencetak generasi tidak hanya mengekspolitasi lingkungan tetapi meliliki tanggung jawab moral terhadap pelestarian lingkungan. Generasi tersebut diharapkan menjadi generasi yang mampu menjaga keseimbangan ekosistem sekaligus sebagai kader konservasi dimasa yang akan datang.

Gugus konservasi Fakultas Ekonomi Continue reading

Farewell Meeting dengan Visiting Lecturers UiTM

Rabu, 19 September 2018. Gugus kerjasama Fakultas Ekonomi beserta Gugus kerjasama Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang beserta jajaran pimpinan fakultas dan jurusan Fakultas Ekonomi, mengadakan Farewell meeting dengan Dua (2) orang visiting lecturers dari UiTM. Acara dilaksanakan di ruang rapat senat pada pukul 13.00 dengan diawali dengan makan siang Bersama. Continue reading