ICE-BEES 2018 HARI PERTAMA TELAH TERLAKSANA DENGAN LANCAR

International Conference on Economics, Business, and Economic Education (ICE-BEES) 2018 hari pertama telah terlaksana dengan lancar pada Selasa (17/7/2018). Conference ini  dilaksanakan di Grasia Convention lantai dua. Conference ini merupakan kegiatan besar yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dimana Fakultas Ekonomi berkolaborasi dengan Universiti Teknologi MARA, Melaka, Malaysia.

Acara ini diikuti oleh 150 peserta yang mempresentasikan 112 artikel selama 2 hari. Peserta berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, New Zealand, UK, dan Taiwan. Peserta dari Indonesia sendiri berasal dari berbagai provinsi dari seluruh Indonesia  seperti dari Jawa Timur, Jawa Barat Aceh, Papua, NTT dan sebagainya. Tujuan dari konferensi ini adalah untuk meningkatkan publikasi internasional sebagai perwujudan internasionalisasi FE UNNES. Artikel yang dipaparkan akan dipilih untuk dimasukkan ke dalam jurnal-jurnal yang terakreditasi yang dimiliki FE UNNES seperti Junal Dinamika Manajemen, Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, Jurnal Dinamika Akuntansi, dan Jurnal Dinamika Pendidikan. Semua artikel juga akan dikumpulkan dalam bentuk prosiding dan akan dikirimkan ke publisher yang terindeks Scopus.

Hari pertama diwarnai dengan serangkaian acara pembukaan dimana ICE-BEES 2018 di buka secara resmi langsung oleh Rektor Universitas Negeri Semarang Prof. Fathur Rohman, M. Hum. Acara di buka dengan simbolis pemukulan gong sebanyak lima kali yang dilakukan oleh Rektor UNNES. Acara di buka dengan menyuguhkan tampilan tari Gambang Semarangan. Pelaksanaan conference hari pertama ini diawali dengan kegiatan seminar singkat dari dua tamu undangan spesial yaitu Nadine Bianca Sulkowski, M.Sc., PGCHE, FHEA, MIH dari University of Gloucestershire, U.K. dan (Assoc) Prof. Dr. Shafinar Ismail dari Universiti Teknologi MARA Malaysia. Nadine menjelaskan tentang pentingnya persatuan dan kerjasama antar negara sedangkan Prof. Shafinar menjelaskan tentang Kasus Bankruptcy yang terjadi di Malaysia.

Setelah kegiatan seminar, acara hari pertama dilanjutkan dengan presentasi dan pemaparan paper peserta conference di empat hall yang berbeda, masing-masing hall di bagi menjadi 4 (empat) Hall Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Acara berlangsung sukses dan lancar. Conference ini rencananya akan dilanjutkan di sesi hari kedua pada Rabu, 18 Juli 2018 di tempat yang sama.

Jurusan Manajemen FE dan TICMI Selenggarakan Pelatihan Ujian Sertifikasi WPPE Pemasaran

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan The Indonesian Capital Market Institute (TICMI) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) Pemasaran. Kegiatan ini merupakan follow up dari MoU dan kerjasama antara Fakultas Ekonmomi UNNES dengan pihak TICMI pada tahun 2016. Continue reading

Tasyakuran Dies Natalis ke-12 FE Hadirkan Ustad Fahrur Rozi UIN Walisongo Semarang

Untuk meningkatkan prestasi dan meneguhkan kembali semangat konservasi dan bereputasi internasional serta Ketaqwaan kepada Alloh SWT, Tasyakuran Dies Natalis ke-12 Fakultas Ekonomi UNNES menghadirkan ustad Drs Fahrur Rozi UIN Wali Songo Semarang, Rabu (6/6) Juni 2018 di Lapangan Tonnis FE UNNES. Serangkaian acara dalam rangka Dies Natalis ke-12 FE telah digelar juga Grand Opening Pembukaan Dies Natalis FE, Bazar dan berbagai lomba yang digelar sejak akhir bulan April hingga Mei 2018.

Dekan FE mengatakan Fakultas Ekonomi dalam usia 12 tahun tergolong fakultas yang sangat muda, namun prestasi kita tidak kalah dengan fakultas senior yang usianya jauh lebih tua, “kita harus bangga menjadi warga FE” papar Dr Wahyono MM.

Ia juga menyampaikan keberadaan prodi di FE Akeditasi unggul semua (A), dan tiga jurnal ilmiah di FE sudah terakreditasi DIKTI, ‘ini luar biasa, terbanyak se Fakultas Ekonomi Eks LPTK bahkan FE/FEB seluruh Indonesia’, “tuturnya.

Acara tasyakuran ini, kita sengaja mendatangkan Ustad Fahrur Rozi, agar kita mendapat support rohani dalam menjalankan tugas di FE, “FE semakin maju, semakin berprestasi dan FE Brilian” pungkasnya. R/T-NP

Agenda Akhir Semester dan Libur Hari Raya di Fakultas Ekonomi

Beberapa agenda yang harus diperhatikan oleh seluruh warga Fakultas Ekonomi untuk menyambut lebaran dan akhir perkuliahan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan SURAT EDARAN Rektor Universitas Negeri Semarang dan kegiatan akademik akhir semester maka diumumkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Minggu terakhir perkuliahan berakhir Minggu ini, pada hari Jumat, 8 Juni 2018.
  2. Senin-Kamis, 11-14 Juni 2018 Cuti bersama sebelum lebaran. Jumat-Sabtu, 15-16 Juni 2018 libur nasional hari Raya Idul Fitri 1439 H. Senin-Rabu, 18-20 Juni 2018 Cuti Bersama setelah lebaran.
  3. Kamis, 21 Juni 2018 pegawai Universitas Negeri Semarang masuk seperti biasa dan hari efektif kerja.
  4. Selasa, 26 Juni 2018 Halal Bi Halal Warga Universitas Negeri Semarang.
  5. Pekan persiapan ujian berlangsung dari tanggal 25-29 Juni 2018 dan UAS akan berlangsung dari hari Senin, 2 Juli 2018 sampai Jumat, 13 Juli 2018.

Semoga bisa diperhatikan dan jangan lupa untuk selalu update info terbaru dari akun instagram resmi Fakultas Ekonomi UNNES di @feunnes 

(T/NP)

Tetap Semangat Magang di bulan Puasa

Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran masih semangat magang di bulan puasa. Acara magang ini sengaja diprogramkan oleh jurusan Pendidikan Ekonomi untuk menambah keterampilan mahasiswanya dalam praktik perkantoran. Program magang ini hanya khusus untuk jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran UNNES angkatan 2014 dan 2015. Program magang sudah dilaksanakan sejak akhir bulan April lalu.

Fela, salah satu mahasiswa magang merasa sangat senang sekali bisa magang di Fakultas Ekonomi. Menurut mahasiswi asal Jepara ini, program magang akan menambah pengetahuannya dalam penerapan ilmu-ilmu perkantoran dalam praktik nyata di pekerjaan. Di bulan puasa ini menurutnya, tidak akan menghalanginya untuk bisa melaksanakan tugas-tugas pekerjaan yang telah diberikan untuk dilaksanakan dengan baik.

Jadwal magang di bulan puasa juga menyesuaikan dengan jadwal kerja pegawai. Selama Ramadhan, jam kerja pegawai dan layanan di Fakultas Ekonomi akan menyesuaikan dari pukul 07.30 Wib sampai 15.00 Wib pada hari Senin sampai Kamis dengan istirahat pada pukul 12.00-12.30 Wib dan pukul 07.30 Wib sampai 12.00 Wib khusus untuk hari Jumat. Dia berharap, bisa mengikuti program magang ini dengan baik sampai selesai di sekitar bulan Juli nanti. T/Novianpmb

 

Guguslatih Ekonomi Selenggarakan Buka Bersama Anak Panti

Minggu,27 Mei 2018 – Guguslatih Ekonomi (GL-7) telah menyelenggarakan buka bersama dengan anak panti Al-Ma’rifah Nongko Sawit. Guguslatih Ekonomi merupakan BSO yang didirikan untuk mewadahi mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk mengembangkan diri melalui kegiatan kepramukaan perguruan tinggi. Ada yang berbeda dengan acara yang diberi nama Economic Scout Action ini dimana jika tahun sebelumnya anggota GL-7 yang berkunjung ke panti maka di bulan Ramadhan tahun ini anak panti yang di undang untuk hadir di Fakultas Ekonomi UNNES. Acara yang dihadiri oleh anak panti, dosen, dan seluruh anggota Guguslatih Ekonomi ini dikemas dengan beberapa perlombaan seperti lomba adzan, hafalan surah pendek, lomba menggambar, dan MTQ . Acara yang dilangsungkan di lapangan Fakultas Ekonomi ini berlangsung dengan meriah dan khidmad, dalam kesempatan itu penceramah Ka Mahmud Kuncahyo memberikan nasehat dalam ceramah singkatnya yang bertema “Tali Silaturahmi”. Selain ceramah acara juga diselingi dengan penampilan rebana dari Al–Guslat yang menyanyikan syair dengan syahdu.

 

Koordinator Guguslatih Ekonomi mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Economic Scout Action ini adalah untuk berbagi bersama panti asuhan yang  diwujudkan dalam beberapa kegiatan perlombaan dan buka berasama. Mohammad Feriyadi sebagai pembina Guguslatih Ekonomi berharap kegiatan ini agar dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk menambah dan memperluas nilai kebermanfaatan bagi sesama.

 

Selain di hadiri oleh tamu undangan dari LK-BSO dan perwakilan dari Guguslatih se-Universitas Negeri Semarang, acara ini juga di hadiri oleh dosen dilingkungan Fakultas Ekonomi. Acara berlangsung meriah yang diakhiri dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah serta dilanjutkan dengan pemberian hadiah serta kenang-kenangan dari Guguslatih Ekonomi. T/Edy

Meriahnya Tabligh Akbar Dalam Rangkaian DET 12

Sc. EKSIS FE UNNES

Jumat, 25 Mei 2018 telah berlangsung Tabligh Akbar di Fakultas Ekonomi. Tabligh Akbar kali ini mengundang Ust. Rizal Fadli N (Abu Takeru). Tabligh Akbar kali ini dilakukan di lapangan Fakultas Ekonomi dengan mengambil tema “Menggapai Surga Bersama di bawah Naungan Cinta-Nya”. Ustadz Rizal dalam tausiahnya mengatakan bahwa menggapai surga itu tidak semudah membalikkan telapak tangan maka banyak lakukan hal baik dan selalu beramal saleh. Satu dosa kecil dapat membawa kita ke Neraka, begitu pula satu amalan kecil dapat membawa kita ke Surga. Maka janganlah remehkan dosa dan jangan pula remehkan Amal Shaleh. Beliau juga berpesan untuk tetap mengamalkan Islam walau banyak cobaan atau ujian yang dihadapi. Continue reading