Kompetisi Perkantoran Pendidikan Ekonomi UNNES diikuti Siswa SMK se-Jateng dan DIY

unnes.ac.id. Kompetisi Perkantoran yang diadakan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) diikuti oleh siswa SMK se-Jateng dan DIY. Siswa SMK ini berkompetisi secara berkelompok mewakili sekolahnya masing-masing merebutkan piala kejuaraan dan uang pembinaan.

Kompetisi yang mengangkat tema ‘Menyiapkan Tenaga Administrasi Perkantoran yang Terampil dan Unggul’ ini diselenggarakan Selasa (19/9) di Gedung FE UNNES. Kompetisi ini terdiri atas dua babak yaitu babak penyisihan dan babak grandfinal.

Dekan FE Dr Wahyono MM mengapresiasi kompetisi ini. Diharapkan dengan adanya kompetisi ini, dapat memberikan bekal untuk siswa SMK dalam bekerja secara kelompok/tim dengan baik.

“Kegiatan ini juga dapat  memberikan motivasi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan sehingga siswa SMK siap bersaing ketika memasuki dunia kerja yang membutuhkan tenaga profesional”, tambah Wahyono ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Acara ini dibuka simbolis dengan pengalungan kartu peserta dan penyerahan lembar penilaian pada dewan juri.

Kepala Jurusan Pendidikan Ekonomi Dr Ade Rustiana MSi berharap agar Jurusan Pendidikan Ekonomi dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan generasi muda khususnya di Jateng dan DIY sehingga kompetisi dapat dimiliki secara utuh.

Ketua panitia Agung Kuswantoro mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari peserta SMK se-Jateng dan DIY dan selamat berjuang. Semoga tahun selanjutnya dapat terselenggara dengan lebih baik lagi.

(Nur Adha Choiriyah, Student Staff)

Related Posts you may like

Workshop Pemanfaatan Limbah Daur Ulang untuk Kerajinan Tangan

Limbah yang tidak dikelola dengan baik, tentunya dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan dapat menjadi acaman bagi perkembangan ekosistem, ancaman perkembangan ekosistem bukan menjadi tanggungjawab kelompok tetapi menjadi tanggung jawab bersama, dengan demikian perlu ada generasi penerus yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Univeritas Negeri Semarang sebagai universitas konservasi memiliki peranan untuk mencetak generasi tidak hanya mengekspolitasi lingkungan tetapi meliliki tanggung jawab moral terhadap pelestarian lingkungan. Generasi tersebut diharapkan menjadi genrasi yang mampu menjaga keseimbangan ekosistem sekaligus sebagai kader konservasi dimasa yang akan datang.

Gugus konservasi Fakultas Ekonomi memberikan dukungan penuh terhadap tata kelola kampus berbasis konservasi yang diwujudkan melalui 7 (tujuh) pilar utama Universitas konservasi. Tujuh pilar utama Universitas konservasi sebagaimana dimaksudkan meliputi: konservasi keanekaragaman hayati, arsitektur hijau dan sistem transportasi internal, pengelolaan limbah, kebijakan nirkertas, energi bersih, konservasi, etika, seni, dan budaya, kaderisasi konservasi.  Pada kegiatan ini lebih difokuskan pada pengelolaan limbah sebagai upaya membentuk kader konservasi yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan yang akan dilaksanakan Minggu 17 September 2017 ini dimulai pukul 08.00 WIB, diikuti oleh perwakilan mahasiswa baru tahun 2017 kegiatan akan dilaksanakan di Ruang C3 114-115.

Pilar pengelolaan limbah bertujuan melakukan pengurangan, pengelolaan, pengawasan terhadap produksi sampah dan limbah, dan perbaikan kondisi terhadap lingkungan di Unnes untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Pada penglolaan limbah atau manajemen sampah modern yang biasa disebut dengan 6R (Reuse, Reduce, Recycle, Replace, Refill, and Repair). Reuse (memanfaatkan ulang), yaitu menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan asalnya. Contohnya, penggunaan bahan-bahan plastik / kertas bekas untuk kerajianan benda-benda souvenir, bekas ban untuk tempat pot atau kursi taman, botol-botol minuman yang telah kosong diisi kembali dan sebagainya. Recycle (mengolah kembali), yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Contohnya, kertas atau sampah bekas, pecahan-pecahan gelas atau kaca, besi atau logam bekas dan sampah organik yang berasal dari dapur atau pasar dapat didaur ulang menjadi kompos (pupuk). Proses daur ulang ini juga dapat mengubah sampah menjadi energi panas yang dikenal dengan proses insenerasi. Insenerasi sederhana sudah ada yang melakukan oleh beberapa industri misal di Jakarta, yaitu menggunakan limbah padat dalam bentuk lumpur hasil akhir pengolahan air limbahnya tidak dibuang ke tanah tetapi digunakan sebagai bahan bakar setelah mengalami pengeringan. Reduce (mengurangi), adalah semua bentuk  kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Apabila setiap orang menggunakan saputangan daripada tissue, karena penggunaan tissue dapat menghemat terhadap bahan baku untuk tissue yaitu kayu. Replace (Menggantikan dengan bahan yang bisa dipakai ulang) adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifat sukar diolah dan berbahaya. Refill artinya mengisi kembali wadah-wadah produk yang dipakai. Repair artinya melakukan pemeliharaan atau perawatan agat tidak menambah produksi limbah.

Manajemen penglolaan sampah diharapkan mengurangi limbah, pada  kegiatan ini diutamakan pada Reuse (Pemanfaatan) dan Recycle (Daur Ulang). Limbah dapat dikurangi dengan cara pemanfaatan ulang dan mendaur  ulang limbah. Daur ulang adalah penggunaan kembali material atau barang yang sudah tidak digunakan, menjadi produk lain. Jika pengguanaan langsung tanpa melalui proses daur ulang, disebut pemanfaatan ulang. Pemanfaatan ulang dan mendaur  ulang limbah dapat mengurangi jumlah limbah yang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA). Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi. Pelatihan ini diharapkan sebagai bekal mahasiswa untuk turut bertangunggjawab terhadap pelestarian lingkungan.

Related Posts you may like

Delapan Mahasiswa UPSI Kuliah Satu Semester di FE UNNES

Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia kuliah di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES)  pada Semester Gasal 2017/2018. Delapan mahasiswa tersebut diterima secara resmi oleh Rektor UNNES yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Rustono MHum, Jumat (25/8) di Gedung Rektorat Lantai 4 Kampus Sekaran.

Kami bangga dan mengapresiasi student exchange ini yang telah dilakukan oleh FE UNNES, “ini salah satu bentuk nyata UNNES bereputasi internasional, ungkap Prof Rustono”. Selamat datang di UNNES, Universitas berwawasan konservasi  dan bereputasi internasional, semoga dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, nyaman dan mencapai prestasi unggul. “Jangan lupa begitu selesai kuliah di FE UNNES, harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, tutur Prof Rustono di hadapan delapan mahasiswa UPSI.

Wakil Dekan bidang Akademik Drs Heri Yanto MBA PhD mengatakan,  pelaksanaan student exchange ini sudah kita persiapkan sejak semester yang lalu, baik terkait kurikulumnya, dosen yang mengampu, teknis registrasi, perkuliahan selama di UNNES dan akomodasi mahasiswa UPSI selama kuliah di FE UNNES. Akhirnya implementasi student exchange ini, kami sepakati dalam Memorandum of Agreement (MoA) antara UPSI dan Dekan FE UNNES.

Rencana semester Genap 2017/2018 nanti, mahasiswa FE UNNES akan kuliah di UPSI selama satu semester juga, ini sebagai bentuk komitmen kami mewujudkan UNNES bereputasi internasional, papar Heri Yanto. Berikut delapan mahasiswa UPSI yang kuliah di FE UNNES: Aina Nabilah binti Mansor, Nor Afifah binti Artawan, Nur Fatin Farzana binti Dzulkifli, Nur Izzatul Aziela binti Shukur, Siti Norzaidah binti Mohamad Zaidi, Nadhirah binti Mod Mesron, Nur Farhana binti Abdullah dan Nur Ain binti Idris

 

Related Posts you may like

“Gita Ekonomia Choir” raih Medali Perak Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017

Tim Paduan Suara Fakultas Ekonomi Unnes “Gita Ekonomia Choir” meraih Medali Perak pada kategori Folklore atau lagu rakyat dalam ajang Satya Dharma Gita National Choir Festival ke-6 tahun 2017 (SDGNCF-6th). Acara SDGNCF ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 23 – 27 Agustus 2017 di Auditorium Imam Bardjo Undip Peleburan.

Gita Ekonomia Choir dalam lomba kali ini membawakan 3 buah lagu yakni Leron-leron Sinta dari Philipina, Gelung Perada dari NTB, dan Prau Layar dari Jawa Tengah. Pada event ini Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unnes bersaing dengan Tim Paduan Suara Mahasiswa dari berbagai Universitas seperti ITS, UNDIP, UNS, UNTIRTA, IAIN Salatiga, dll.

Harapan dari lomba ini ialah menjadikan rasa semangat kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk terus berprestasi. Untuk itu, bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mempunyai bakat dalam bidang seni khususnya menyanyi dapat bergabung dengan Tim Paduan Suara Gita Ekonomia Choir. Keep Singing!!!

Related Posts you may like

Jadwal UAS Genap 2016 / 2017

Perkuliahan semester Genap 2016/2017 sudah berakhir, mahasiswa fakultas ekonomi dapat mengunduh jadwal UAS Genap 2016/2017 disini

Mata kuliah Statistika Rabu 12 Juli 2017 dipindah hari Rabu 19 Juli 2017 di jam dan tempat yang sama

Jadwal ujian Ekonomi SDM dan Teknologi Kependudukan Diundur menjadi hari Senin 17 Juli 2017 Jam 08.00 s.d 10.15 di ruang L2 308

Related Posts you may like

Layanan surat menyurat bagi mahasiswa melalui siradi.unnes.ac.id

Kabar gembira untuk mahasiswa fakultas ekonomi karena mahasiswa sekarang akan mendapatkan kemudahan layanan persuratan. Layanan persuratan yang semula masih manual dengan mengisi blangko diubah menjadi layanan online melalui laman siradi.unnes.ac.id.
Meskipun baru beberapa surat yang dilayani secara online tetapi kedepannya akan terus dikembangkan untuk surat yang lainnya, surat yang sudah dapat diakses secara online diantaranya
– Surat Keterangan Aktif Kuliah
– Surat Izin Observasi (Skripsi)
– Surat Izin Penelitian (Skripsi)
– Surat Rekomendasi Beasiswa
– Surat Keterangan Lulus
– Surat keterangan Kehilangan KTM
Mahasiswa dapat menggunakan layanan tersebut dengan masuk ke siradi.unnes.ac.id menggunakan akun sikadu. Setelah mengisi form yang disediakan mahasiswa tinggal menunggu 1-2 hari dan mengambil surat tersebut di tata usaha fakultas.
Hal tersebut diharapkan akan menghemat waktu dan memudahkan layanan terhadap mahasiswa.

Related Posts you may like

Oki terpilih menjadi Delegasi Indonesia dalam Asean Youth Summit 2017 di Manila, Philipines.

Oki Sadma, Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) terpilih menjadi Delegasi Indonesia untuk mengikuti Asean Youth Summit (AYS) 2017 bersama 150 pemuda Se-Asean.

Asean Youth Summit 2017  ini di selenggarakan di manila, Philipines selama 5 hari mulai 23-27 April 2017 dengan tema “Strenght in Diversity , Building One Asean Community”. Konferensi ini diikuti oleh para pemuda yang berasal dari negara Se-Asean yaitu Indonesia, Singapore, Malaysia, Philipines, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Pemuda yang kerap disapa oki ini merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi. Ia merupakan Ketua Himpunan mahasiswa jurusan Akuntansi 2015, penerima beasiswa Djarum Foundation serta Grand finalis Putra- putri lingkungan hidup Kota semarang 2017.

Pada ajang ini Oki mengikuti konferensi pemuda global yang diintegrasikan dengan simulasi konferensi Asean. Dimana pada ajang ini para delegasi diajak untuk memahami asean, bertukar gagasan dan membahas isu utama yang menjadi perhatian di asean mulai dari Keamanan, politik, Ekonomi, sosial dan budaya. Selain itu kegiatan ini juga disertai dengan  coaching session, networking session, Cultural night dan Manila field trip.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam memperkaya wawasan Asean dan kepemudaan serta memperluas jaringan relasi internasional,  apa lagi saat ini kita telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), jelas oki.

Ia berharap akan lebih banyak lagi ajang yang serupa yang dapat memberi kesempatan pada pemuda lainya khususnya mahasiswa unnes untuk memperkaya pengalamanya di tingkat internasional.

Related Posts you may like

Lagi, Mahasiswa Akuntansi FE Juara II Tingkat Nasional

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) meraih Juara Dua Nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi pada kejuaraan Sriwijaya Accounting Olympiad, Kamis – Sabtu (6-9/4) di Universitas Sriwijaya Palembang. Mereka yakni Nurul Kholifah, Diyah Damayanti, dan Erna Suprapti.

Dekan FE UNNES Dr Wahyono MM mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa Akuntansi FE. “Ini merupakan bukti FE senantiasa ikut andil dalam meningkatkan pencitraan atau reputasi UNNES,” katanya.

Tahun 2017 ini UNNES mencanangkan sebagai tahun reputasi, mari kita bersama sama menyukseskan dengan cara mendorong mahasiswa berprestasi, ajak Dr Wahyono.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kusmuriyanto mengatakan Prestasi yang membanggakan ini diharapkan mampu menjadi pemacu mahasiswa yang lain untuk terus berprestasi.

 

Related Posts you may like