“Gita Ekonomia Choir” raih Medali Perak Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017

Tim Paduan Suara Fakultas Ekonomi Unnes “Gita Ekonomia Choir” meraih Medali Perak pada kategori Folklore atau lagu rakyat dalam ajang Satya Dharma Gita National Choir Festival ke-6 tahun 2017 (SDGNCF-6th). Acara SDGNCF ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 23 – 27 Agustus 2017 di Auditorium Imam Bardjo Undip Peleburan.

Gita Ekonomia Choir dalam lomba kali ini membawakan 3 buah lagu yakni Leron-leron Sinta dari Philipina, Gelung Perada dari NTB, dan Prau Layar dari Jawa Tengah. Pada event ini Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unnes bersaing dengan Tim Paduan Suara Mahasiswa dari berbagai Universitas seperti ITS, UNDIP, UNS, UNTIRTA, IAIN Salatiga, dll.

Harapan dari lomba ini ialah menjadikan rasa semangat kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk terus berprestasi. Untuk itu, bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mempunyai bakat dalam bidang seni khususnya menyanyi dapat bergabung dengan Tim Paduan Suara Gita Ekonomia Choir. Keep Singing!!!

Related Posts you may like

Oki terpilih menjadi Delegasi Indonesia dalam Asean Youth Summit 2017 di Manila, Philipines.

Oki Sadma, Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) terpilih menjadi Delegasi Indonesia untuk mengikuti Asean Youth Summit (AYS) 2017 bersama 150 pemuda Se-Asean.

Asean Youth Summit 2017  ini di selenggarakan di manila, Philipines selama 5 hari mulai 23-27 April 2017 dengan tema “Strenght in Diversity , Building One Asean Community”. Konferensi ini diikuti oleh para pemuda yang berasal dari negara Se-Asean yaitu Indonesia, Singapore, Malaysia, Philipines, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Pemuda yang kerap disapa oki ini merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi. Ia merupakan Ketua Himpunan mahasiswa jurusan Akuntansi 2015, penerima beasiswa Djarum Foundation serta Grand finalis Putra- putri lingkungan hidup Kota semarang 2017.

Pada ajang ini Oki mengikuti konferensi pemuda global yang diintegrasikan dengan simulasi konferensi Asean. Dimana pada ajang ini para delegasi diajak untuk memahami asean, bertukar gagasan dan membahas isu utama yang menjadi perhatian di asean mulai dari Keamanan, politik, Ekonomi, sosial dan budaya. Selain itu kegiatan ini juga disertai dengan  coaching session, networking session, Cultural night dan Manila field trip.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam memperkaya wawasan Asean dan kepemudaan serta memperluas jaringan relasi internasional,  apa lagi saat ini kita telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), jelas oki.

Ia berharap akan lebih banyak lagi ajang yang serupa yang dapat memberi kesempatan pada pemuda lainya khususnya mahasiswa unnes untuk memperkaya pengalamanya di tingkat internasional.

Related Posts you may like

Lagi, Mahasiswa Akuntansi FE Juara II Tingkat Nasional

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) meraih Juara Dua Nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi pada kejuaraan Sriwijaya Accounting Olympiad, Kamis – Sabtu (6-9/4) di Universitas Sriwijaya Palembang. Mereka yakni Nurul Kholifah, Diyah Damayanti, dan Erna Suprapti.

Dekan FE UNNES Dr Wahyono MM mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswa Akuntansi FE. “Ini merupakan bukti FE senantiasa ikut andil dalam meningkatkan pencitraan atau reputasi UNNES,” katanya.

Tahun 2017 ini UNNES mencanangkan sebagai tahun reputasi, mari kita bersama sama menyukseskan dengan cara mendorong mahasiswa berprestasi, ajak Dr Wahyono.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kusmuriyanto mengatakan Prestasi yang membanggakan ini diharapkan mampu menjadi pemacu mahasiswa yang lain untuk terus berprestasi.

 

Related Posts you may like

Dani Puspitasari dan Tubagus Fahmi menjadi Mawapres FE UNNES

Semarang- Sebanyak sembilan orang finalis mahasiswa berprestasi telah menunjukan kompetensi terbaiknya dalam acara puncak Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FE UNNES pada Sabtu (18/3) lalu. Sembilan finalis yang merupakan mahasiswa berprestasi jurusan itu tidak lain adalah Wahyu Nursiswo, Mar’atus Sholikah, dan Umi Thoifah Amalia dari Jurusan Pendidikan Ekonomi; Fauzul Adzim dan Kurniasih dari Jurusan Ekonomi Pembangunan; Dani Puspitasari dan David Indra Gunawan dari Jurusan Akuntansi; serta Tubagus Fahmi dan Muhammad Reza Fatha dari Jurusan Manajemen.
Acara yang berlangsung di Gedung C3 120-121 ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs. Kusmuriyanto, M.Si. dan dihadiri oleh segenap dewan juri dan tamu undangan. Ketua Panitia Pemilihan Mawapres FE, Nurdian Susilowati, S.Pd, M.Pd,. menjelaskan teknis rangkaian penilaian, yaitu kesembilan finalis melakukan presentasi karya tulis dan melakukan Focus Group Discussion yang dibagi menjadi dua sesi.
Setelah melalui serangkaian tahap penilaian, akhirnya terpilihlah Dani Puspitasari (Jurusan Akuntansi) sebagai Mawapres 1 dan Tubagus Fahmi (Jurusan Manajemen) sebagai Mawapres 2 yang selanjutnya akan mewakili FE untuk berkompetisi di pemilihan Mawapres tingkat universitas.
“Menjadi seperti ini tidak pernah tertulis dalam mimpi saya, karena mungkin terlalu berlebih untuk menjadi mawapres”, ungkap Dani, mawapres 1 FE. Mahasiswa asal Kudus yang memiliki motto khoirunnas anfa’uhum lillas (sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat bagi manusia lain) ini juga memohon dukungan, doa dan ridho dari seluruh dosen dan mahasiswa FE untuk maju dalam pemilihan mawapres tingkat universitas.
Pemlihan mahasiswa berprestasi adalah agenda tahunan fakultas dan universitas. Pemilihan ini dilaksanakan dengan terlebih dahulu membuka pendaftaran dan pengumpulan berkas bagi seluruh mahasiswa yang berminat mengikuti pemilihan ini. Adapun penilaian pemilihan mawapres FE ini meliputi IPK, karya tulis, berkas prestasi, dan penilaian ringkasan karya tulis dalam bahasa inggris serta FGD. Semoga dengan terpilihnya mawapres FE ini dapat memberikan yang terbaik di tingkat Universitas dan Nasional serta dapat memotivasi mahasiswa FE pada umumnya untuk dapat lebih berprestasi.

Related Posts you may like

KSEI UNNES Juara II Lomba LKTI Tingkat Jawa Tengah

Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang merupakan Badan Semi Otonom Fakultas berhasil meraih juara dua tingkat Jawa Tengah dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah, Sabtu-Minggu 3-4 Februari di Kampus Unissula Jalan Raya Kaligawe Semarang.

Acara yang digelar dalam rangka temu ilmiah ekonomi islam se-Jawa Tengah di ikuti puluhan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs Kusmuriyanto MSi, mengungkapkan sangat bangga dan mengapresiasi prestasi tersebut, dari kompetisi seperti inilah mahasiswa berlatih, ditempa untuk tampil berkreasi, berpikir dan mengungkapkan gagasannya untuk menyelesaikan beberapa masalah yang ada di masyarakat sesuai bidang ilmunya. “Prestasi ini semoga diikuti mahasiswa lain untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan, selamat dan sukses untuk mahasiswa FE UNNES”, pungkasnya.

 

Related Posts you may like

Mahasiswa FE UNNES Sabet Juara II Nasional Accounting Writing Competition

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Asmara Tampi dan Asri Purwanti  meraih prestasi Juara Dua Nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi  (Accounting Writing Competition),  Kamis – Sabtu, 2–4 Februari  di Universitas Hasanudin (UNHAS) Makasar.

Acara bergensi tahunan ini merupakan lomba ke sepuluh  yang digelar dengan nama Hasanudin Accounting Day, diikuti puluhan Perguruan Tinggi, diantaranya UGM, UNIBRAW, UNS, UNDIP, Universitas Parahyangan, UNSRI, UNIMED, Politeknik Bandung.

Dekan FE UNNES Dr Wahyono MM  mengaku bangga  dengan prestasi yang diraih mahasiswa Akuntansi FE. “Ini merupakan bukti  FE senantiasa ikut andil dalam meningkatkan pencitraan atau reputasi UNNES”,  katanya.

Ia juga mengungkapkan, tahun ini adalah tahun reputasi, mari kita bersama sama sukseskan, “prestasi sejenis ini harus diikuti oleh mahasiswa lain dengan prestasi yang lebih membanggakan”, harap Dr Wahyono.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs Kusmuriyanto MSi mengatakan, prestasi yang membanggakan ini selain mereka menjadi juara dua tingkat nasional, dibawah Universitas Jember, dan juara tiga Universitas Katolik Widya Mandala, paper yang ditulis mahasiswa FE UNNES terpilih menjadi Best Paper, “mampu mengalahkan universitas ternama di Indonesia”, ungkapnya.

 

 

 

 

Related Posts you may like

MANAJEMEN RAIH AKREDITASI A, PRODI FE 100% TERAKREDITASI A

Setelah melalui visitasi  Akreditasi yang dilaksanakan tanggal 18-19 Agustus 2016, akhirnya prodi Manajemen FE UNNES berhasil memperoleh akreditasi A. Visitasi dilakukan  untuk  verifikasi data faktual sebagaimana isian borang yang terkirim ke Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Tim Asesor yang hadir terdiri dari Prof Dr Surachman SE MSIE  (Universitas Brawijaya) dan Prof Dr Andi Sularso MS (Universitas Jember).

Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) sudah menjadi seperti nyawa.  akreditasi juga berguna untuk pengusulan proyek institusi.  Manfaat lain dari akreditasi adalah, bagi lulusan yang ingin bekerja apalagi ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), beberapa instansi mensyaratkan akreditasi. Bahkan beberapa perusahaan swasta sudah mensyaratkan calon tenaga kerjanya harus dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B bahkan harus A.

Dengan diraihnya akreditasi A ini, diharapkan banyak manfaat dan dampak positif yang akan berguna bagi seluruh civitas akademika baik dalam lingkup jurusan, fakultas, maupun universitas.

Related Posts you may like

Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Raih Juara 1 dan 2 Tingkat Nasional

Tim mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (KIME) meraih juara 1 dan 2 tingkat nasional pada Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Nasional (KIMNAS) 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) selama tiga hari Jumat-Minggu (11-13/11).

Tim yang diketuai Wahyu Nursiswo dengan dosen pembimbing Sandy Arief SPd MSc menyampaikan bahwa Tim KIME UNNES berhasil meraih 2 Juara sekaligus yakni juara 1 kategori lomba Poster dan juara 2 kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).

Tiga Mahasiswa itu adalah Wahyu Nursiswo yang merupakan Ketua KIME FE UNNES, Mar’atus Sholikah (Sekretaris KIME FE UNNES), dan Farhan Zakki Nugraha (Staff Humjar KIME FE UNNES).

Menurut Wahyu Nursiswo, keberhasilan tim ini merupakan perjuangan keras dan menggapai apa yang menjadi cita-cita adalah hal yang wajib dilakukan.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Universitas yang ada di Indonesia, diantaranya UGM, IPB, Unair, Unesa, UPI, Unsri, Universitas Pertamina Jakarta, IKIP PGRI Madiun, dan UNNES.

Dalam penyelenggaraannya ada 4 cabang lomba yang dilombakan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Debat, Esai, dan lomba Poster. Kompetisi dimulai dari tahap seleksi abstrak yang kemudian berakhir pada tahap final yaitu presentasi.

Adapun keluar sebagai juara yakni kategori Lomba Poster, juara 1 UNNES, juara 2 Universitas Pertamina Jakarta, dan juara 3 IPB.

Kategori LKTI juara 1 Unesa, juara 2 UNNES, juara 3 IPB. Ketegori Debat juara 1 UGM, juara 2 IPB, juara 3 Universitas Pertamina Jakarta. Sedangkan kategori Esai, juara 1 Unair, juara 2 Unesa, dan juara 3 Unair.

Diharapkan prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk selalu berjuang dan berprestasi.

Sumber https://unnes.ac.id/berita/mahasiswa-fakultas-ekonomi-unnes-raih-juara-1-dan-2-tingkat-nasional/

Related Posts you may like

PULANG DARI JEPANG, TIGA MAHASISWA EKONOMI MELAKUKAN DISEMINASI PROGRAM JENESYS 2016

Sejumlah mahasiswa di Universitas Negeri Semarang mengikui acara desiminasi yang bertema “Sharing Moment from Japan” yang dilakukan oleh tiga mahasiswa dari Fakultas Ekonomi yaitu Tubagus Fahmi, Wahyu Nursiswo, dan Jariyah sebagai The Dream Team dari Unnes. Kegiatan yang laksanakan di Aula Fakultas Ekonomi itu di hadiri oleh 200 mahasiswa dari delapan fakultas di Universitas Negeri Semarang. Ketiga mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang terpilih sebagai delegasi dari Indonesia untuk mengikuti Program dari Kementrian Luar Negeri Jepang yaitu program JENESYS 2.0 yang mengusung tema Economics selama 10 hari beserta 6 mahasiswa dari Universitas lain dan 9 professional dari berbagai kementerian.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk follow up dari ketiga mahasiswa FE  setelah mengikuti program JENESYS 2.0 di Jepang dengan tujuan untuk memberikan tips dan trick kepada mahasiswa lain agar memperoleh kesempatan yang sama, sekaligus memberikan motivasi kepada adik tingkat terutama semester satu untuk meningkatkan terus prestasi mereka,” Ujar Sandy Arief, S.Pd., M.Sc. selaku dosen pembimbing ketiga Mahasiswa tersebut. Pada acara desiminasi itu, ketiganya memaparkan serangkaian kegiatan yang telah mereka ikuti  selama 10 hari di dua kota di jepang yaitu Tokyo dan Nagoya. Mereka menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan annual event yang diprakarsai oleh pemerintah Jepang dengan mengundang delegasi dari seluruh Negara ASEAN serta India dan Timor Leste yang bertujuan untuk mempromosikan Jepang secara keseluruhan baik dari bidang Ekonomi, Teknologi, industry, Budaya, Pariwisata maupun bidang lainya. “Alhamdulillah, selain full funded setiap hari kita memperoleh lecture dan observationdari pemerintah Jepang Seperti Aichi Prefectural Government dan Japan External Trade Organization (JETRO) termasuk dari  perusahaan di Jepang seperti The SCMaglev, Central Japan International Airport Company, Aici Rapid Transit Co., Ltd serta perusahaan lain yang ada di jepang, itu beneran keren banget” kata Tubagus yang merupakan mahasiswa Manajemen.

Tak berhenti sampai disitu, di pertengahan acara desiminasi mereka juga menjelaskan bahwa jepang merupakan Negara yang patut di contoh oleh masyarakat asia terutama Indonesia dalam banyak hal seperti driver and walker behaviour, budaya sopan santun, kebersihan, semangat kerja termasuk usaha jepang dalam mempromosikan budayadan pariwisata mereka, karena di sela waktu kesibukan di jepang mereka menyempatkan mengunjungi berbagai tempat pariwisata di jepang termasuk berkesempatan tinggal di rumah warga selama 2 hari. Diakhir acara Desiminasi itu, Jariyah yang juga merupakan Mahasiswa Berprestasi II Fakultas Ekonomi memotivasi seluruh peserta untuk selalu semangat dan jangan pernah menyerah dalam meraih mimpi yang dicita – citakan selama menjadi Mahasiwa.“kuliah tidak hanya belajar di kelas, tapi pengalaman luar juga penting untuk menambah CV, kita” tambahnya.  Acara desiminasi itu di tutup dengan penampilan Video kegiatan ketiga mahasiswa tersebut di Jepang selama sepuluh hari yang mengundang decak kagum dan tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta.

Related Posts you may like

WISUDAWAN TERBAIK FE PERIODE 3

Semarang- Bahagia dan syukur tak henti terucap dari M. Umar Faruq, S.Pd.,  wisudawan terbaik FE periode ke-3. Mahasiswa asal Kudus ini berhasil menjadi mahasiswa yang berbeda dengan segala prestasi yang dimillikinya.

Mahasiswa yang sempat menjadi delegasi Indonesia pada ASEAN Youth Leaders Association di Philippine pada 2015 lalu ini mengaku bahwa tak menyangka bisa menjadi mahasiswa terbaik.

“Sebenarnya saya tidak menyangka menjadi salah satu dari 6 mahasiswa terbaik FE periode ke-3, nilai saya tidak bagus semua, bervariasi. Tapi mungkin penilaiannya bukan dari nilai akademik saja, bisa jadi dilihat dari aktivitas saya saat kuliah.” Ungkapnya.

Mahasiswa yang pernah menjadi asisten laboratorium Jurusan Pendidikan Ekonomi ini lulus tepat waktu di semester 8. Ia merasa banyak diberi kelancaran saat mengerjakan skripsi.

Wisuda periode 3 Fakultas Ekonomi yang terselenggara pada 26 Oktober 2016 diikuti oleh 169 wisudawan. Wisuda fakultas diselenggarakan setelah sebelumnya wisuda universitas digelar pada 25 Oktober 2016 ini. Acara berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Semarang.

Kembali, UNNES ikut andil dalam pembangunan bangsa dengan melahirkan sarjana-sarjana berprestasi. Semoga mereka semua dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Related Posts you may like