Gugus Kerjasama FE UNNES Menjadi Pemenang Hibah Pengembangan Model Joint Curriculum Tahun 2018

Kamis, 31 Mei 2018 kemarin, proposal dengan judul MOA Credit Transfer Mahasiswa Manajemen UNNES dengan Manajemen Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) berhasil memenangkan Hibah Pengembangan Model Joint Curriculum Tahun 2018. UNNES menggandeng Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) sebagai mitra luar negeri dalam program ini. Program yang di pimpin oleh Drs. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D. tersebut telah menyisihkan puluhan proposal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut menghasilkan 10 perguruan tinggi dengan program terbaik yang menjadi pemenang hibah dan UNNES menjadi salah satunya.

Pengumuman pemenang proram tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tanggal 31 Mei 2018 lalu. Program ini sekaligus menjadi salah satu program untuk merealisasikan Internasionalisasi Fakultas Ekonomi UNNES melalui Gugus Kerjasama Fakultas Ekonomi yang diketuai oleh Sri Utami, S.S. M.A., M.Pd. dengan memfasilitasi kerjasama Nasional dan Internasional.

Luaran dari program ini adalah adanya MoA (Memorandum of Agreement) yang berisi kegiatan-kagiatan kolaborasi dari Fakultas Ekonomi UNNES dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UPSI Malaysia. Salah satu kegiatan dalam waktu dekat yang akan segera dilaksanakan sebagai hasil tindak lanjut dari program ini adalah FGD terkait penyetaraan kurikulum dari kedua belah pihak.

Semoga hasil baik dari Gugus Kerjasama Fakultas Ekonomi ini bisa menjadi pemacu untuk semakin menginternasionalisasikan Fakultas Ekonomi UNNES di kancah dunia.

(NP/AS)

Wow, Dua Dosen FE Menjadi Guest Lecture di UPSI Malaysia

Malaysia (07/05)- Bertempat dikampus baru Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia, tepatnya di Kota Proton, pada tanggal 7 Mei 2018, dua dosen Fakultas Ekonomi,UNNES, menjadi dosen tamu selama sehari di universitas yang ada di Tanjung Malim tersebut.

Dua dosen tersebut adalah Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. ,dan Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd. Perkuliahan yang dihadiri 30 mahasiswa UPSI tersebut diawali dengan paparan oleh Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, S.E., M.SI. , berjudul “Agricultural Extension in Central Java” khususnya di Grobogan, Klaten, dan , Magelang. Sedangkan paparan kedua oleh Sri Utami, S.S., M.A., M.Pd dengan tema “Developing Rebana Cluster by Empowering Existing Social Capital”dengan studi kasus di Kab.Brebes. Mahasiswa UPSI pun sangat antusias saat perkuliahan berlangsung,termasuk aktif berpartisipasi pada sesi diskusi.

Dr. Norimah binti Rambeli, Ketua Jurusan Ekonomi UPSI, mengatakan bahwa kegiatan mengundang Dosen Tamu dapat membuka wawasan mahasiswa terkait kondisi masyarakat diluar Malaysia, dalam hal ini Indonesia, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan yang lebih baik, tidak hanya mengetahui aktifitas perekonomian yang ada di Malaysia saja.

Guest lecture ini merupakan salah satu upaya FE untuk menyokong visi Internasionalisasi dari UNNES. Transfer ilmu dari dan ke luar negeri diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin yang pada akhirnya menjadi salah satu penggerak internasionalisasi UNNES. (Sri Utami/NB)

Kembali, Mahasiswa FE Mendulang Prestasi

Sc: Dokumen Pribadi

Dwi Yulianti Barokah Membawa Piala Saat Pemberian Penghargaan Juara 1 dalam ajang Lomba Debat dan LKTI tingkat nasional di Universitas Negeri Makassar (Kiri), Siti Nur Sholihah Saat Mempresentasikan Karyanya dalam ajang National Essay Competition Event of Public Administration (EPIC) 2018 di Universitas Lampung (Kanan)

(7/5) Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES kembali berprestasi di bulan pendidikan ini dengan menjadi juara. Sebut saja Dwi Yulianti Barokah menjadi juara 1 dalam ajang Lomba Debat dan LKTI tingkat nasional, acara itu bernama Wisata Pendidikan Nasional 2018 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar. Perlombaan dilaksanakan kemarin pada hari Kamis sampai Sabtu, 3-5 Mei 2018. Sebelumnya, untuk bisa mengikuti ajang tersebut Uli dkk harus lolos seleksi essay dan selanjutnya beradu dalam 16 besar untuk mengikuti lomba debat. Dalam lomba yang diikuti oleh banyak universitas besar seperti UNESA Surabaya, USU Sumatera Utara, UNTAN Pontianak, UNY Yogyakarta, Universitas Tarumanegara, sampai UNP Padang tersebut juara 1 berhasil di raih oleh UNNES sedangkan juara 2 Universitas Hasanuddin, dan juara 3 Universitas Tanjungpura. Sebuah kebanggaan bagi Fakultas Ekonomi pada khususnya dan UNNES pada umumnya atas prestasi mahasiswanya. Dalam perlombaan itu Dwi Yulianti Barokah atau Uli, panggilan akrabnya bersama Wisnu Pratama (FH), dan Annisa (FIP) yang tergabung dalam satu tim berhasil menjadi juara. Sebelumnya ternyata Uli yang juga angkatan 2014 itu juga membawa nama UNNES sebagai delegasi dalam KKN Kebangsaan tahun 2017 di Gorontalo.

Selain itu, sebelumnya Siti Nur Sholihah mahasiswa jurusan Akuntansi juga mengharumkan nama UNNES dan Fakultas Ekonomi pada khususnya dengan menjadi juara 1 dalam ajang National Essay Competition Event of Public Administration (EPIC) 2018 di Universitas Lampung pada Rabu sampai Kamis tanggal 2-3 Mei 2018. Acara itu diikuti oleh UNS Surakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sampai Universitas Bandar Lampung. Mahasiswa Akuntansi Rombel D angkatan 2016 itu sebelumnya harus mengirimkan essay yang dia buat dengan judul GO VLOG (Government Vlog of Mental Revolution Program) sebagai strategi Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Dalam Mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Semoga prestasi membanggakan ini senantiasa diikuti dengan prestasi-prestasi lain yang mengharumkan nama almamater. Siapakah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengikuti jejak mereka selanjutnya? Jangan pernah takut untuk selalu berprestasi kapanpun dan dimanapun. FE Brilian! (Ed: T/Novian Budi)

Tim FE Unnes Juara National Essai Competition

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi International Undergraduate Program tim Unnes 2 dengan ketua Nisa Widya Wardani dan anggota Muhammad Syahrul berhasil meraih Juara 2 National Essai Competition 2018 yang diselenggarakan di Universitas Mataram, Lombok pada tanggal 20-22 April 2018.

Tim Unnes 2 mengangkat ide inovasi pertanian dengan sistem distribusi dan penjualan berbasis digital  sesuai dengan kondisi perekonomian di era digital bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat lokal serta menciptakan kemandirian ekonomi daerah sebagai wujud kontribusi mahasiswa sebagai Agent of Change.

Lomba Esai diselenggarakan Universitas Mataram Lombok ini bertemakan “Kontribusi Pemuda Indonesia dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Penyelenggaraan lomba ini merupakan upaya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menghasilkan karya gagasan kreatif serta inovatif untuk kepentingan bangsa dan negara. Khususnya dalam  pengembangan  Ilmu Pengetahuan  Teknologi  di sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Lomba ini diikuti oleh peserta universitas seluruh Indonesia dengan total seleksi awal esai mencapai 734 judul esai. Tahapan selanjutnya adalah presentasi di Universitas Mataram Lombok yang diikuti oleh 15 tim esai terbaik diantaranya: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surakarta dan Universitas Sumatera Utara.

Hasil dari lomba National Essay Competition 2018 Juara 1 diraih oleh Universitas Sriwijaya tim Muhammad Imam, Juara 2 diraih oleh Universitas Negeri Semarang tim Nisa Widya Wardani, Juara 3 diraih oleh Universitas Indonesia tim Rivaldo, Best Presentation diraih oleh Universitas Negeri Semarang tim Wisnu.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs Kusmuriyanto, M.Si mengapresiasi prestasi mahasiswa FE dan berharao dapat memotivasi mahasiswa lain untuk mengikuti berbagai kompetisi.

Ana Rachmawati Mawapres Utama 3 dan David Indra Gunawan Penyaji Terbaik Pilmapres UNNES 2018

Setelah melalui pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas, dua mahasiswa berperestasi Fakultas Ekonomi melaju dalam pemilihan Mawapres tingkat universitas. Mereka telah mengikuti berbagai tahapan seleksi mulai dari wawancara berkas prestasi yang diunggulkan, Presentasi Bahasa Inggris, hingga presentasi Karya Tulis ilmiah yang berlangsung selama tanggal 3-4 April 2018 bertempat di Gedung H Unnes. Acara penganugerahan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 6 April 2018 bertempat di Ruang Borobudur Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unnes mengumumkan prestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Prodi Administrasi Perkantoran Saudari Ana Rachmawati sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama 3 Universitas Negeri Semarang dengan total nilai 92,39 serta Saudara David Indra Gunawan dengan total nilai sebesar 88,06 berhasil menyabet kategori Penyaji Terbaik.

Pemilihan mahasiswa Berprestasi tahun ini tidak hanya mempertimbangkan prestasi akademik saja namun juga prestasi berupa nilai-nilai kepemimpinan dan pengabdian. Ana Rachmawati dengan prestasi Akademik baik nasional maupun internasional salah satunya sebagai 1st winner International Debate Competition di UTM malaysia, ia sekaligus juga sebagai Founder Economic Debate Community (EDC) di Fakultas Ekonomi, aktif dalam kegiatan organisasi Intra yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas Ekonomi. David Indra Gunawan sebagai Kepala Departemen Riset Komunitas Ilmiah Fakultas Ekonomi (KIME) juga memiliki segudang prestasi akademik salah satunya sebagai Presenter dalam International Conference on Study in Business, management education and law di Filipina.

Gairah berprestasi adalah pertanda daya hidup seorang mahasiswa, selama mahasiswa tidak memiliki semangat berpestasi sebenarnya ia sedang berjabat tangan dengan kehancuran – Ana Rachmawati, dia juga menambahkan bahwa prestasi sesungguhnya bukan hanya tentang seberapa banyak sertifikat dan gelar, karena kebermanfaatan adalah bentuk sesungguhnya dari sebuah prestasi hal itu dibuktikan oleh kedua mahasiswa berpestasi tersebut dengan tidak hanya berpestasi secara akademik namun juga dalam hal kepemimpinan dan pengabdian. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Drs. Kusmuryanto, M.Si. menyambut baik dan mengapresiasi Ana dan David yang telah berusaha yang terbaik dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi  Tingkat Universitas tahun 2018. Selamat.

Fitri, Ema dan Mega Torehkan Prestasi di Ajang Trilogi Accounting Competition

Semarang, 19 April 2018- Lagi, prestasi membanggakan datang dari mahasiswa Jurusan Akuntansi. Pada Rabu, 18 April 2018 yang lalu Fitri Yuliani, Ema Suprapti, Adhilia Mega C, berhasil menjadi juara pertama dalam Trilogi Accounting Competition (3Action) Part 9 Tahun 2018 di Jakarta.
Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trilogi Jakarta ini dapat menyaring dua belas finalis dari berbagai universitas. Finalis tersebut diantaranya ialah dari universitas besar seperti UPI, Universitas Trisakti dan PKN STAN. Ajang kemenangan ini membuktikan mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi UNNES tidak diragukan lagi kompetensi dan kemampuannya di tingkat nasional.
Mahasiswa yang baru menginjak semester 6 ini telah berhasil mengungguli mahasiswa S1 lain dari seluruh Indonesia. Walaupun acara tersebut diikuti oleh berbagai universitas besar di Indonesia, namun mereka tidak gentar, bagi mereka yang terpenting adalah mau mencoba dan belajar untuk kemajuan di masa mendatang. Pesan mereka pada teman-teman semua ialah, semoga kemenangan ini bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkompetisi dan berprestasi. FE semakin brilliant. Selamat.

FE juara 3 Extraordinary Capital Market Competition UMY

Mahasiswa FE UNNES dan fungsionaris BSO UNSSAF ( Ratna Purnasari – Akuntansi dan Lutfiana Nur Hakiki- Akuntansi) menjadi Juara 3 dalam ajang (Extraordinary Capital Market Competition) di UMY 14 Maret 2018

Extraordinary Capital Market Competition (Explotion 2018) merupakan serangkaian lomba pasar modal yang diadakan oleh kspm Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Serangkaian lomba tersebut meliputi online trading competition pada tanggal 26 Februari 2018 sampai dengan tanggal 02 Maret 2018, pada tahap online trading ini team Snowhite dari UNNES yang beranggotakan Ratna Purnasari (Akuntansi 2016) dan Lutviana Nur Hakiki (Akuntansi 2015) berhasil masuk ke 10 besar finalis yang selanjutnya diharuskan untuk mengirimkan paper analisis saham yang ditransaksikan selama babak online trading untuk mengikuti tahap final di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 14  sampai dengan 15 Maret 2018. Pada tahap ini, 10 finalis yang berasal dari PTN dan PTS yang ada di Indonesia ini diharuskan untuk mepresentasikan hasil analisis saham yang telah dikirim. Yang kemudian dilanjutkan dengan mengikuti trading online akun real. Pada tahap final ini terpilih juara 1 yaitu tim Ara’s Squad dari UMY, juara 2 yaitu tim Tuan Rumah dari UGM, dan juara 3 yaitu tim Snowhite dari UNNES dan nominasi best trader didapatkan oleh tim bejo dari IPB

Tim FE UNNES Juara 1 Sharia Economic Competition di STEI Tazkia, Bogor

Mahasiswa Fakultas Ekonomi kembali menunjukkan prestasinya. Tim diketuai Nisa Widya Wardani dan beranggotakan Ramllah dan Muhammad Sahrul berhasil memperoleh Juara 1 di ajang lomba Progres Economic Sharia Competiiton 2018 di STIE Tazkia Bogor. Kompetisi ini diadakan 10-13 Maret 2018 dengan mengangkat tema “Optimizing Small and Medium Enterprise in Digital Era”. Acara ini diikuti oleh beberapa tim yang berasal dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, Universitas Gadjahmada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sriwijaya, Universitas Brawijaya, dan Universitas Gunadarma.

Konten acara dalam kegiatan ini yaitu mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah nasional dan study case. Tim dari Universitas Negeri Semarang mengangkat model bisnis Fintech yang diwujudkan dengan proses Coding menjadi aplikasi. Study case dalam kompetisi ini dengan mekanisme peserta diminta memberikan solusi analisi tentang kasus terkini dalam sudut prespektif ekonomi islam diberi waktu 5 menit dan dilakukan tanya jawab oleh juri.

Hal ini sangat membanggakan bagi pihak Kemahasiswaa FE, karena mampu mengungguli tim dari berbagai Perguruan Tinggi. Seperti yang diumumkan peringkat juara dalam kompetisi ini adalah Juara 1 dari FE UNNES, Juara 2 dari Universitas Indonesia dan Juara 3 dari Institut Pertanian Bogor.

Selamat. Bravo dan Brillian FE.

Mahasiswa Berprestasi 1 FE 2018, David Indra Gunawan dari Jurusan Akuntansi

Rabu, 14/03/2018 berlangsung Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FE UNNES 2018. Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs. Kusmuriyanto, M.Si. Dalam sambutannya, Drs. Kusmuriyanto, M.Si mengatakan FE selalu menjadi bagian dalam peringkat 3 besar pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas. Oleh karena itu Mawapres FE harus memiliki bekal yang baik untuk berkompetisi. Lebih lanjut dikatakan bahwa segala bentuk kelengkapan baik karya tulis, bahasa inggris, serta berkas prestasi yang diunggulkan harus dipersiapkan secara matang. Ketua panitia kegiatan Nurdian Susilowati, S.Pd, M.Pd menjelaskan ada 9 mahasiswa berprestasi di setiap jurusan yang telah siap berkompetisi. Mereka adalah David Indra Gunawan (Akuntansi), Neni Uci (Akuntansi), Ana Rachmawati (Pend. Adm. Perkantoran), Widji Astuti (Pend. Akuntansi), Fitri Andriyani (Pend. Koperasi), M. Reza (Manajemen), Norma Chayantina (Manajemen), Amanah (Eko Pembangunan), & Soviyana (Eko Pembangunan).
Finalis Mahasiswa Berprestasi FE mengikuti serangkaian penilaian mulai dari penilaian naskah karya tulis dan presentasi karya tulis, penilaian ringkasan karya tulis dalam bahasa inggris dan FGD dalam bahasa inggris, serta penilaian berkas prestasi yang diunggulkan. Dalam penilaiannya dilakukan oleh para dewan juri yang sangat kredibel serta kapabel dalam masing-masing keilmuan.
Setelah mengikuti serangkaian tahapan penilaian dan hasil rapat pleno dewan juri diperoleh , Mahasiswa Berprestasi 2 Ana Rachmawati dari Jurusan Pendidikan Ekonomi (Pend. Adm. Perkantoran), dan Mahasiswa Berprestasi 3 FE Neni Uci dari Jurusan Akuntansi. Sedangkan Harapan 1 dan 2 diperoleh oleh M. Reza dan Norma Chayanti dari Jurusan Manajemen serta Harapan 3 oleh Amanah dari Jurusan Ekonomi Pembangunan.