Seminar Nasional Sociopreneur Jurusan Ekonomi Pembangunan

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan bersama Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Semarang tahun ini kembali menyelenggarakan Seminar Nasional yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 di Gedung LP2M Unnes. Seminar kali ini mengangkat topik yang jarang tersentuh di seminar pada umumnya. Namun, memiliki potensi yang besar terhadap kemajuan perekonomian negeri ini. Dengan bangga kami mengusung topik Sociopreneur dan kami menamai seminar ini dengan nama Seminar Nasional Sociopreneur (SENSOR). Tujuan terpenting dari Seminar Nasional ini adalah membangkitkan semangat budaya berwirausaha namun tetap memperhatikan keadaan lingkungan sekitar baik secara aspek ekonomi, lingkungan, maupun sosialnya bagi para mahasiswa dan masyarakat secara umum. Tema yang kita usung dalam kegiatan Seminar ini adalah “Sociopreneur Solusi Pengentasan Kemiskinan Menuju Indonesia Emas 2045” memiliki arti bahwa budaya wirausaha yang kini sudah berkembang dimasyarakat sebaiknya tidak hanya meningkatkan pendapatan pribadi saja. Namun memperhatikan faktor lingkungan sekitar dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan serta mampu memberdayakan masyarakat yang belum mampu membuat usaha sendiri.
Seminar Nasional Sociopreneur akan dilaksanakan dalam tiga sesi. Ketiganya merupakan penyampaian materi dari tokoh – tokoh yang expert pada bidangnya. Penyampaian materi disesuaikan dengan tiga topik yang kami usung sesuai dengan tema, yaitu pengentasan kemiskinan, sociopreneur, dan Indonesia Emas 2045. Sesi pertama merupakan penyampaian materi tentang fakta kemiskinan yang ada di Indonesia dan solusi pengentasan kemiskinan yang akan disampaikan oleh seorang pengamat ekonomi Nasional yaitu Bapak Faisal Basri, S.E., M.A. . Sesi kedua merupakan penyampaian materi tentang sociopreneur oleh Ibu Wildayanti yang merupakan praktisi sociopreneur yang telah berhasil memberdayakan masyarakat dan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi serta merupakan CEO PT. Xaviera Global Synergy. Sesi ketiga merupakan penyampaian materi tentang Indonesia Emas 2045 yang akan disampaikan oleh Dr. Agus Suryono, MM. yang akan menyampaikan bagaimana kesiapan generasi Indonesia untuk menuju Indonesia Emas 2045 mengingat generasi muda saat ini yang nantinya akan memimpin pada tahun 2045.
Melihat kondisi negara saat ini dari sudut ekonomi, sosial ,dan lingkungan memang harus segera dibenahi, sociopreneur merupakan solusi yang tepat. Maka jadilah saksi terselenggaranya Seminar Nasional Sociopreneur ini. Semoga menginspirasi pemuda untuk perubahan negeri.

Comments are closed.

Related Posts you may like