INOVASI MAHASISWA DALAM KOMPETISI LKTI NASIONAL KOIN (KIME ON IDEAS COMPETITION) FAKULTAS EKONOMI UNNES 2017

Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (KIME) Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan grand final The 3rd KOIN (KIME on Ideas Competition) yang merupakan ajang kompetisi karya tulis ilmiah nasional dengan mengusung tema, “ Inovasi Generasi Muda Dalam Mendukung Industri Kreatif Menuju Indonesia Raksasa Ekonomi Tahun 2050 “. Acara Koin ditujukan kepada seluruh mahasiswa S1/D3 dari perguruan tinggi negeri/swasta di seluruh Indonesia sebagai wadah inovasi dan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan problematika yang ada di Indonesia

10 tim yang masuk grand final KOIN datang dari Universitas Negeri Yogyakarta, Bina Nusantara University, Universitas Brawijaya, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Tadolako, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Mataram, Universitas Diponegoro, dan Universitas Syiah Kuala Aceh. Babak final The 3rd KOIN diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNNES.

Dalam event ini, KIME mengundang tiga juri, yakni Bapak Arimaz Hangga, S.T, M.T (FT), Bapak Syaiful Amin, S.Pd, M.Pd (FIS), dan Ibu Kardiyem, S.Pd, M.Pd (FE).

Acara Grand Final KOIN dibuka dengan tari semarangan yang merupakan tarian khas kota semarang.

Saudara Ronal Sutrisno dalam sambutanya mengatakan, “Menulis adalah cara cerdas mahasiswa untuk beramal. Oleh karena itu, saya berharap ide-ide kreatif yang disumbangkan dari para finalis tidak hanya bersifat konseptual saja, akan tetapi dapat terealisasikan dengan baik sebagai solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan di Indonesia”. begitu pula dengan pesan yang disampaikan oleh bapak kusmuriyanto selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan yang menekankan kepada setiap mahasiswa Indonesia untuk terus mengembangkan daya pikir yang kreatif melalui publikasi yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah sehingga dapat membangun indonesia ke arah masa depan yang di cita-citakan.

Kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh Tim UNDIP sebagai Juara 1, Tim Binus University sebagai Juara 2, Tim UNNES sebagai Juara 3, dan Juara favorit diraih oleh Universitas Brawijaya.

Para finalis merasa bangga bisa berpartisipasi dalam kompetisi nasional yang menghadirkan para penggagas hebat dalam bidangnya. Mereka juga merasa senang bisa berkunjung di kampus Universitas Negeri Semarang terutama di Fakultas Ekonomi.


Foto finalis dari Universitas Tadolako,Palu  bersama rektor

Saudara suprianton selaku ketua tim dari Universitas Tadolako, Sulawesi Tengah menuturkan, “Suatu kebanggaan bagi saya dan tim untuk bisa berpartisipasi dalam grand final The 3rd KOIN 2017 dan mengenal kota Semarang untuk pertama kalinya. Terima kasih kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara sebesar ini. Semoga KOIN semakin sukses kedepannya”. Mereka mengatakan semua rangkaian acara sangat berkesan, “Saya dan tim juga berkunjung ke tempat-tempat wisata di kota semarang” imbuhnya.

Diakhir serangkaian kegiatan, saudari Norma Chayatina selaku ketua umum KIME FE UNNES 2017 mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan finalis yang telah bekerja sama dengan baik. “ Saya dan panitia berharap ajang ini bisa memacu para mahasiswa Indonesia untuk bisa menuliskan ide-ide inovatif bagi Indonesia dan semoga KOIN kedepannya lebih baik dan KIME bisa menjadi role model untuk organisasi lain di UNNES, khususnya di Fakuktas Ekonomi”.

Comments are closed.

Related Posts you may like