FE UNNES MENDAPAT HIBAH DARI ERASMUS+ PROGRAMME OF THE EUROPIAN UNION

Semarang—Pada hari Selasa, 9 Januari 2018 di Ruang Rapat 2 Gedung L2 Lantai 1 FE Unnes  pukul 08.00 berlangsung kegiatan Rapat membahas Pelaksanaan GITA Project dari Erasmus+. Rapat tersebut memiliki tiga agenda penting yaitu gambaran umum program Eramus+ di FE, pembagian tim Pic, dan rencana/jadwal pelatihan Metodologi program.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FE dan segenap tim Erasmus+. Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Pimpinan fakultas mendukung program dan berharap agar keberlanjutan program tetap  diperhatikan meskipun pendanaan telah selesai.

GITA Project yang didanai oleh Erasmus+ diketuai oleh Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D. dan akan berlangsung selama 3 tahun yang mulai bergulir sejak tahun 2017. Ada dua paket kegiatan didalam program ini. Paket kegiatan 1 yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jiwa kewirausahaan mahasiswa serta  mengembangkan kurikulum yang mempunyai ELO (Entrepreneurial Learning Outcome), dan paket kegiatan 2 yang fokus pada review program-program yang ada apakah sudah terkait ELO.

GITA (The Growing Indonesia- A Triangular Approach) Project adalah program yang dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas Pendidikan Tinggi di Indonesia dalam menciptakan lulusan yang berkompeten, mempunyai jiwa kewirausahaan, dan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja. Program ini bertujuan untuk menciptakan Growth Hub (Pusat pertumbuhan) secara fisik di semua Institusi Perguruan Tinggi, menciptakan pendekatan triangular (kerjasama univ-dunia usaha, kewirausahaan dan tingkat kemampuan kerja lulusan, serta menciptakan suatu jaringan pembelajaran virtual yang melibatkan mahasiswa, dunia usaha, dan stakeholder lain yang berkaitan dengan pendidikan tinggi, antar institusi pendidikan tinggi.

Program ini diprakarsai oleh Erasmus+ Programme of the European Union  bekerja sama dengan 4 universitas besar di Eropa, yaitu: University of Gloucestershire (UOG) Cheltenham, UK; Dublin Institute of Technology (DIT), Dublin, Ireland; Fachhochschule (FHM), Bielefeld, Germany; University of Innsbruck (UIBK), Innsbruck, Austria. Di Indonesia sendiri, terdapat 7 universitas yang menerima hibah ini, yaitu President University, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, STIE Malangkucecwara, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Islam Indonesia.

Comments are closed.

Related Posts you may like