Fakultas Ekonomi Targetkan 40 Artikel Publikasi Internasional Terindeks Scopus di Tahun 2018

Fakultas Ekonomi UNNES menyelenggarakan workshop Academic Recharging for Accelerating International Publication pada hari Senin dan Selasa, 5-6 Februari 2018 di Aula FE UNNES. Workshop ini diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Ekonomi. Pembicara dalam workhop adalah Dr. Ir. Solimun, MS dan Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc dari Universitas Brawijaya Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi internasional dosen serta sarana untuk meningkatkan kualitas skripsi mahasiswa.

Ketua panitia kegiatan workshop, Adriyan Setiyadarma, S.E., M.Si., Ph.D mengatakan bahwa kegiatan ini akan diadakan dalam dua kelas. Topik yang dibahas dalam kelas A adalah Research Gap and Research Problem (Novelty Penelitian) dan metode penelitian kuantitatif (Berbasis Sistem) serta cara submit di jurnal bereputasi Internasional (Emerald). Sedangkan pokok bahasan di kelas B adalah pemodelan statistika serta submit di Internasional Jurnal bereputasi internasional (Emerald).

Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc dari Universitas Brawijaya Malang menyampaikan bahwa untuk bisa sukses publikasi di jurnal terindeks scopus maka paper harus layak dinilai oleh reviewer. Beliau pun memberikan tips dalam menulis artikel ilmiah diantaranya: manuscript dalam artikel ilmiah tidak terlalu panjang, sebaiknya artikel ditulis secara singkat namun jelas dan lengkap, menggunakan satuan dan dimensi yang seragam, penulisan referensi sesuai dengan format jurnal dimana artikel akan disubmitkan, dan sampaikan tujuan paper secara jelas di paragraph akhir di bagian introduction.

Dekan Fakultas Ekonomi UNNES, Dr. Wahyono, MM menyampaikan dalam sambutannya bahwa tahun 2018 FE Unnes menargetkan 40 publikasi artikel dalam jurnal bereputasi internasional sehingga butuh upaya untuk mencapai target tersebut dengan melakukan recharging publikasi. Harapannya semua dosen FE Unnes di tahun 2018 dapat memiliki jurnal terindeks scopus.

Comments are closed.

Related Posts you may like