Nina Oktarina raih Doktor Pendidikan dengan IPK 3,97

Nina Oktarina (Dosen Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes) hari ini (22/2), jalani sidang promosi Doktor di Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Dalam promosi doktor tersebut, sidang dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr. Achmad Slamet, M.Si. Sementara sebagai Promotor, Prof. Dr.Joko Widodo,M.Pd.; sebagai Co-promotor, Prof. Dr. Rahman M.Sc. ; dan Dr. Suwito Eko Pramono sebagai anggota promotor.

Dalam disertasi yang berjudul Pengembangan model akuntabilitas kinerja akademik berbasis kearsipan pada Sekolah Menengah Atas,Nina menyatakan perlunya implementasi akuntabilitas kinerja akademik berbasis arsip. Ditambahkan, saat ini model dalam disertasi ini sudah diterapkan di beberapa SMA di Semarang, diantaranya adalah penerapan indikator layanan alumni berbasis web di SMAN 12, dan SMA Widya Wiyata Semarang.

Selama ini, Nina menyebutkan, dokumen arsip di beberapa institusi sekolah, masih tidak tersimpan secara baik dan sistematis, sehingga ketika data asrsip diperlukan, diperlukan waktu yang relatif lama untuk mencarinya. Hal inilah, Nina menambahkan, yang mendasari pentingnya sekolah melakukann implementasi model ini.

Sementara terkait dengan manajemen arsip, dalam disertasinya, Nina menemukan bahwa sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi formal terhadap konsep dan penataan arsip, masih jarang ditemui, khususnya di institusi Sekolah Menengah Atas. Hal ini menjadikan tata kelola arsip kerap tidak dianggap profesional.

Dalam sidang tersebut, di hadapan para penguji, Nina Oktarina, berhasil mempertahankan disertasinya, sekaligus membawanya sebagai Doktor Pendidikan.

Berdasarkan hasil rapat tim penguji, Nina Oktarina, S.Pd.M.Pd. dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor, dengan IPK 3,97.

You may also like...