Ini Dia 4 Manfaat Berbuat Jujur Saat Ujian, Sudah Tahukah Kamu?

Oleh Anni Saun Nafingah

Semua orang tahu apa arti jujur, namun tak banyak orang yang bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat menjalankan ujian. Ingin mendapatkan nilai terbaik merupakan salah satu pemicu mengapa banyak orang memutuskan untuk bertindak tidak jujur. Padahal, apalah arti sebuah nilai jika dalam proses mendapatkannya tidak disertai dengan cara yang halal.

Mencontek seperti sudah menjadi budaya yang berkembang di dunia pendidikan. Meskipun dampaknya negatif, namun tetap saja sulit untuk   dihilangkan karena sudah mengakar kuat di dalam diri para pelajar. Namun, tak perlu khawatir karena perbuatan yang tidak terpuji tersebut bisa diminimalisir setelah kamu menyimak informasi mengenai manfaat berbuat jujur saat ujian berikut ini.

  1. Dipercaya oleh orang lain

Manfaat terbesar dari berbuat jujur adalah dapat dipercaya oleh orang lain dan membangun kepercayaan dari orang lain merupakan hal yang sulit. Membiasakan berbuat jujur akan menghindarkan kita dari segala macam fitnah sehingga hidup akan terasa lebih tentram. Berbuat jujur saat ujian juga sangat bermanfaat untuk diri kita karena tidak sulit untuk membangun pertemanan dengan orang lain.

  1. Meningkatkan Percaya diri

Berbuat jujur ketika ujian akan membuat kepercayaan diri menjadi meningkat karena kita bisa mengukur sejauh mana kita menguasai materi yang telah diajarkan oleh guru. Membiasakan berperilaku jujur juga tidak akan menimbulkan dampak negatif karena kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan kedepannya. Kepercayaan dirimu akan semakin meningkat jika perilaku jujur terus tertanam di dalam jiwa dan raga.

  1. Disayang Allah dan orang disekitarmu

Ya, jujur merupakan perilaku yang terpuji sehingga Allah sangat menyukai orang-orang yang bertindak jujur. Tak hanya Allah saja, orang-orang yang ada di sekitarmu juga akan ikut senang. Dengan begitu, Allah akan memudahkan segala urusan dan setiap langkahmu. Kamu pun tak perlu khawatir ketika sedang mengalami kesusahan karena Allah akan mengirim orang-orang terbaik untuk membantumu. Bagaimana, masih ingin berbuat tidak jujur saat ujian?

  1. Merasa bahagia

Tak dapat dipungkiri jika kamu berbuat jujur ketika ujian, maka kamu tidak akan diselimuti rasa takut ataupun khawatir karena yang kamu lakukan sudah benar. Kebahagiaan yang kamu dapat akan bertahan lama tatkala kamu sudah berusaha mengerjakan ujian dengan jujur dan hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Orang yang berperilaku jujur hidupnya akan terasa tenang dan tentram sehingga dapat menjalani hidupnya dengan baik.

Mengingat berbuat jujur saat ujian sangat penting untuk diterapkan sejak dini dan memiliki manfaat yang begitu besar untuk kehidupan kamu di masa yang akan datang, maka jangan lupa untuk selalu menerapkan perlaku terpuji ini ya. Selamat menjalani ujian dengan jujur dan semoga hasil yang didapatkan memuaskan. Ingat malaikat ada dimana-mana, jangan sekali-kali mencoba untuk mencontek ya…

Anni Saun Nafingah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *