Mahasiswa Unnes, Ciptakan Inovasi Produk Body Lotion dari Ubi Jalar

Lima mahasiswa Universitas Negeri Semarang menciptakan Body Lotion berbahan dasar ekstrak ubi jalar dengan merek dagang “Ayu Body Lotion” sebagai alternatif wirausaha melalui inovasi pengolahan ubi jalar di Indonesia.

Mereka adalah Susmy Lianingsih dari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Yulia Sandra Sari dari Jurusan Manajemen, Wiranto dari Jurusan Ilmu Gizi, Hamidah Lismiana dari Jurusan Kesehatan Masyarakat, dan Anisa Dyah Utami dari Jurusan Pendidikan Biologi dibawah bimbingan Ibu Ratieh Widhiastuti, S.Pd, M.Pd.

Inovasi produk multifungsi di bidang kosmetik ini adalah usaha yang berawal dari pemikiran tentang melimpahnya kuantitas panen dan produktivitas ubi jalar di Indonesia, tetapi masih kurang maksimal dalam pengolahannya. Padahal kandungan senyawa dalam ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah senyawa beta karoten dan total antioksidan yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Hal ini yang menjadi sumber munculnya ide untuk melakukan diversifikasi ubi jalar menjadi Ayu Body Lotion yang yang mengandung beta karoten dan antioksidan untuk mencegah penuaan dini (anti aging) serta kerusakan kulit. Produk ini juga telah teruji oleh laboratorium Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan hasil pengujian nomor 298/UN.37.1.4.5/KM/2018.

Usaha ini disambut dengan baik oleh para mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Ide pengembangan dalam pengolahan ubi jalar ini diharapkan akan dapat meningkatkan daya jual ubi jalar, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. “Usaha ini dapat menjadi sebuah terobosan baru di bidang kosmetik karena keunikan produk dan manfaatnya bagi kesehatan kulit” kata Ibu Anindya (Dosen Jurusan Manajemen UNNES).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *