SERUNYA PERJALANAN INTERNATIONAL PROJECT UNTUK INTERNATIONAL UNDERGRADUATE PROGRAM (IUP) DEE UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2018

Sejumlah 54 mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) telah melaksanakan International Project Goes To Malaysia pada tanggal 24 – 27 Juli 2018. Program yang dilaksanakan oleh jurusan Pendidikan Ekonomi ini merupakan kali pertama yang menyentuh kancah internasional dalam lingkup Fakultas Ekonomi. Kuala Lumpur sebagai ibu kota dan menyimpan berbagai tempat bersejarah dan edukasi menjadi pilihan sebagai objek kunjungan.

Sebagai kelas internasional, Smart Class Fakulti Pengurusan dan Ekonomi (FPE) Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) menjadi kunjungan edukasi. yang mana mahasiswa IUPians dapat belajar dan menggali potensi diri yang di pandu oleh dosen FPE secara langsung. Fasilitas yang memadai dengan model belajar inovatif menimbulkan antusiasme yang cukup kuat bagi para IUPians. Dituntut berkomunikasi dengan Bahasa inggris menjadi pembentukan mental dan tantangan tersendiri dalam diskusi yang bertemakan Ekonomi. selanjutnya kunjungan industry di laksanakan di Beryl’s Chocolate yakni perusahaan coklat ternama di Malaysia dan telah masuk dalam ekspor dunia. IUPians di perlihatkan proses pembuatan coklat dari barang mentah hingga menjadi coklat berbagai macam kreasi yang siap di pasarkan. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1995 tak lepas dari jatuh bangun yang menginspirasi hingga menjadi perusahaan coklat terpercaya baik local maupun mancanegra.

Kunjungan ke KBRI Kuala Lumpur menjadi agenda yang tidak terlewatkan dan menjadi agenda yang menarik serta informative bagi IUPians. Bapak Agung Cahaya Sumirat sebagai Penasihat Pensosbud KBRI KL menceritakan banyak hal tentang kehidupan Indonesia di Malaysia. Beliau juga mengundang seorang guru dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang menjelaskan sistem pendidikan dan peraturan untuk Indonesia di Malaysia. Selain itu, ia juga membawa mahasiswa Indonesia yang sedang mengejar gelar doktornya di salah satu universitas di Malaysia dan seorang teknisi Indonesia yang bekerja di Malaysia. IUPians 2016 sangat antusias menanyakan informasi tentang beasiswa, peluang kerja, dan kemungkinan pertukaran pelajar. Di akhir pertemuan ini, Bapak Agung mendorong semua siswa untuk belajar lebih giat dan lebih peduli dalam mempercepat paparan pendidikan untuk semua orang Indonesia di dalam dan di luar negeri.

City Tour ke berbagai destinasi wisata popular menjadi hal wajib ketika berada di Kuala Lumpur. Genting Highland, Petronas Twin Tower, Istana Negara, Batu Caves, dan Dataran Merdeka adalah obyek yang menyimpan sejarah serta keunikan yang menarik untuk digali. Kegiatan di tutup dengan mengunjungi pusat oleh-oleh khas Malaysia yakni Pasar Seni. Selain mengabadikan foto, IUPians juga mengamati tentang objek yang nantinya akan menjadi bahan Mini Riset yang di kerjakan secara Individu. Tujuan adanya program ini adalah mendukung internasionalisasi sebagai perwujudan dari Visi Unnes. Selain itu, menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing melalui peningkatan wawasan dan pengalaman dalam bidang akademik maupun non akademik secara internasional. Harapannya program ini mampu dilaksanakan secara berkelanjutan dan dampak positif yang ditimbulkan menjadi pendorong kemajuan bagi mahasiswa, Fakultas Ekonomi, dan Universitas Negeri Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts you may like