KIME Sukses Gelar The 4th KOIN 2018

Rabu, (10/08)- Berkat kekompakan seluruh panitia serta dukungan dari pihak-pihak terkait, KOIN (KIME On Ideas Competition) 2018 dengan tema “Inovasi dan Optimalisasi Potensi Lokal melalui Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri 2025” berhasil diselenggarakan dengan sukses. Hotel Alaska menjadi saksi kesuksesan dari acara tersebut, panitia pun merasa lega karena tidak ada kendala yang berarti selama acara berlangsung.

KOIN merupakan program kerja tahunan serta program kerja terbesar dari KIME. The 4th KOIN tahun ini berhasil dilaksanakan pada tanggal 7-9 Agustus 2018, dengan peserta yang kreatif dan inovatif dari mahasiswa D3/S1 yang ada di nusantara. Tak hanya dari pulau jawa, mahasiswa dari luar jawa pun banyak yang antusias untuk berpartisipasi dalam acara ini. Setelah melalui proses review dari juri-juri yang sudah ahli di bidangnya, terpilihlah 15  finalis yang lolos ke tahap presentasi. Mengangkat slogan “Aksi Brilian, Inovasi Cerdas” panitia berharap, ajang ini bisa menciptakan generasi muda yang dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

The 4th KOIN 2018 ini memiliki beberapa agenda menarik yang tak jauh berbeda dengan tahun lalu, diantaranya adalah Technical Meeting, presentasi hasil karya, SMK (Sharing Moment Koinians), dan yang terakhir adalah fieldtrip dengan tujuan utama wisata yang ada di wilayah Semarang. Tidak tanggung-tanggung, panitia mempersiapkan acara ini kurang lebih selama 6 bulan. Kerja keras dan kekompakan seluruh panitia menjadi faktor dari keberhasilan acara ini. Para finalis atau yang lebih akrab dipanggil koinians begitu menikmati setiap agenda yang telah disiapkan oleh KIME selaku panitia.  Bahkan, menurut penuturan dari beberapa finalis, mereka mengaku senang mengikuti acara KOIN dan berencana untuk mengikuti the 5th KOIN yang akan diselenggarakan di tahun 2019 mendatang.

Disetiap perlombaan, pastilah terdapat yang terbaik daripada yang baik. Pada KOIN tahun 2018 ini yang berhasil menyabet gelar juara adalah dari Universitas Ahmad Dahlan selaku juara pertama, Universitas Airlangga selaku juara kedua, dan Universitas Brawijaya selaku juara ketiga. Terdapat pula kategori juara lain seperti juara harapan 1-3, kategori best paper, dan best presentation.  Semoga dengan gelar juara yang yang telah diraih, dapat memacu semangat para koinians untuk terus menulis demi terciptanya Indonesia mandiri di tahun 2025. Tak hanya menulis saja, namun realisasi dari gagasan yang telah ditulis pun perlu direalisasikan di masyarakat. The 4th KOIN 2018 ditutup dengan acara do’a dan foto bersama di Masjid Agung Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *