MAHASISWA BARU FAKULTAS EKONOMI IKUTI ORIENTASI KEPRAMUKAAN PERGURUAN TINGGI (OKPT)

 

 Jumat, 10 Agustus 2018 – Sebanyak lebih dari seribu mahasiswa baru ( MABA )  Fakultas Ekonomi mengikuti Orientasi Kepramukaan Perguruann Tinggi (OKPT) di Auditorium Universitas Negeri Semarang. Orientasi Kepramukaan Perguruann Tinggi merupakan salah satu program  pengenalan kepramukaan diperguruan tinggi. Acara ini diselenggarakan selama dua hari yang terdiri hari erama merupakan OKPT Universitas dan hari kedua merupakan OKPT Fakultas.

Tema yang diangkat pada kegiatan OKPT 2018 adalah Menumbuhkan kepemimpinan tunas-tunas muda melalui pendidikan kepramukaan mengingat dari paramuka lah kita dapat mencetak generasi muda yang berkarakter dan memiliki  jiwa kepemimpinan.

OKPT apada tahun ini mengundang pembicara dari kepolisian POLRES kota semarang dengan topik pentingnya peran pemuda untuk selalu waspada dalam bergaul dan menghindari narkotika. Selain itu dalam kegiatan tersebut juga mengundang aktivis pramuka ka Ivan Wicaksono ( perwakilan dari DKD ) yang membawakan topik materi jurnalistik mengingat pramuka adalah kantor berita pada topik ini ka ivan menekankan agar para generasi muda tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax dan senantiasa cerdas memilah berita yang beredar.

Pada kegiaan tersebut juga dilakukan tes narkoba yang dilakukan langsung oleh BNN. Langka ini merupakan bentuk kerja sama UNNES dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP JATENG) untuk melakukan tes urin terhada mahasiswa baru. Jika nanti dikemudan ada yang postif maka akan ditindak tegas dan maba yang bersangkutan akan dikeluarkan.Dalam pelaksanaannya tes narkoba berjalan dengan cukup kondusif dengan kerjasama antara panitia pelaksana dan pihak BNN.

Kegiatan ditutup oleh Dekan Fakultas Ekonomi Drs. Heri Yanto, MBA, Ph.D. ditandai dengan pemukulan Gong. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi  menyampaikan selamat bergabung  di Fakultas Ekonomi setelah sebelumnya melalui rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru seperti PPAK Universitas dan Fakultas dan diakhiri dengan kegiatan OKPT ini.  Beliau juga dengan bangga menyatakan bahwa dari semua yang telah melakukan tes tidak ada satu pun yang terdeteksi menggunakan narkoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *