3 (Tiga) Rangkaian Kegiatan UNNES GITA Project Lejitkan Jiwa Kewirausahaan

Semarang- 25/08.  Tim GITA (Growing Indonesia Triangular Approach) Project UNNES yang bekerjasama dengan Erasmus+ menyelenggarakan tiga (3) kegiatan sekaligus di Hotel Noormans pada Sabtu, 25 Agustus 2018 yaitu HEInnovate Self-Assessment Workshop, Soft Skill Training dan Empowering Students to be Creative Entrepreneurs dari 08.00 – 16.00 di Ruang Petra 1, 2 dan Samara Hotel Noormans.

Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari institution action plan yang telah didiskusikan oleh Konsorsium yang melibatkan 11 (sebelas) Universitas di Eropa dan Indonesia pada tanggal 19 – 20 Juli di Jogja. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang essential karena menjadi pondasi untuk kegiatan selanjutnya agar bisa mengimplementasikan triangular approach.

Erasmus+ adalah skema hibah yg diberikan oleh Komisi Uni Eropa kepada negara berkembang melalui University of Gloucestershire, UK sebagai project leader. Empat (4) universitas dari Eropa dan 7 (tujuh) PTN dan PTS terpilih di Indonesia termasuk UNNES akan  mewujudkan secara fisik growth hub di tiap institusi pendidikan tinggi yg tergabung dalam konsorsium tersebut.

Kegiatan ini akan memberikan gambaran yang komprehensif dan spesifik tentang hal yg harus dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan capacity building sehingga ketika mereka lulus, mereka bisa berpikir inovatif dan kreatif untuk penciptaan lapangan kerja baru.

GITA Project UNNES yang diketuai oleh Dorojatun Prihandono, PhD telah bekerja sejak di tahun bergulirnya Hibah Erasmus+ yaitu Oktober 2017 sampai tiga tahun kedepan yaitu Oktober 2020. Rangkaian kegiatan selama tiga (3) tahun ini akan menumbuhkan jiwa, mind-set dan mental entrepreneurial bagi mahasiswa, staff dan dosen di UNNES.

Terdapat 8 (enam) fasilitator dan 2 (dua) pembicara yang mendampingi tiga (3) rangkaian kegiatan tersebut. Pembicara pertama dalam rangkaian kegiatan ini adalah Wahyu Pamungkas, pengusaha bengkel modifikasi mobil VW dan pembuatan replica di Semarang yang berhasil menembus pasar international.  Bapak Wahyu menceritakan tentang usahanya yang berawal dari ide kreatif dan out of the box. Beliau juga mendorong mahasiswa untuk berpikir hal yang jarang dipikirkan orang lain sehingga hal itu menarik konsumen karena keistimewaan produk atau jasa yang diberikan.

Pembicara yang kedua adalah Direktur Utama dari PT. Delta Guna Utama, Puguh Prasetyo Nugroho sebagai distributor Unilever dan Frisian Flag. Pembicara tersebut menyajikan tentang profil perusahaannya dalam mengelola berbagai tantangan usaha.

Terdapat 100an peserta yang hadir yaitu 30 dosen dan 75 mahasiswa lintas fakultas di UNNES. Peserta antusias mengikuti beragam kegiatan yang tersedia. Mewakili Dekan FE, Wakil Dekan Bidang Akademik FE, Dr. Kardoyo, M.Pd. membuka rangkaian kegiatan GITA project. Beliau menyampaikan bahwa FE mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh tim GITA project UNNES. FE Brillian. (AT)

You may also like...