PROGRAM PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI UNNES 2018

 

Mahasiswa adalah seseorang yang memiliki potensi dalam memahami perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan dan lingkungan masyarakat. Yang memiliki posisi dan peran sebagai agent of change, social controler, dan the future leader. Di tahun ajaran ini 2018/2019 Fakultas Ekonomi UNNES menghadirkan 1027 mahasiswa baru.

Di tahun ini fakultas ekonomi mengadakan sebuah serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru yang  disebut dengan “Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi 2018” acara ini dilaksanakan pada tanggal 7,8, dan 9 Agustus 2018. Serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru ini di awali dengan acara Thecnical Meeting dan PRA PPAK yang dilaksanakan pada tanggal 4,5, dan 6 Agustus 2018.

Guna merealisaikan visi UNNES dan Fakultas Ekonomi sebagai kampus bereputasi internasional ditahun 2018 ini fakultas Ekonomi menghadirkan beberapa inovasi – inovasi baru dalam acara PPAK FE ini antara lain, di buat dan di resmikan sebuah Maskot Fakultas Ekonomi yang bernama “MAS EKO” dan “MBAK NOMI” yang dimana maskot ini memliliki berbagai arti luhur dengan harapan sebagai cerminan mahasiswa fakultas Ekonomi UNNES. Kemudian di tahun ini kita menghadirkan sebuah papermop dengan lima bentuk konfigurasi yang tentunya ini merupakan sebuah langkah pengembangan dari tahun tahun sebelumnya. Selain itu, di tahun ini kita juga menghadirkan sebuah acara nguri – nguri budaya nusantara yang kita rangkum dalam sebuah acara “PPAK Festival Budaya” yang di isi oleh penampilan setiap kelompok PPAK FE pada tanggal 5 Agustus 2018. Dan juga untuk mendongkrak prestasi dan keikutsertaan mahasiswa dalam upaya menjadikan UNNES sebagi kampus yang bereputasi Internasional kita menghadirkan sebuah acara “Mengenal FE Lebih Jauh” yang di isi oleh Dekan dan Gubernur BEM fakultas Ekonomi tahun 2018, dengan harapan adanya acara tersebut bisa menjadi sebuah motivasi awal mahasiswa baru dalam dunia perkuliahan untuk bisa berprestasi lebih tentunya dalam skala internasional.

Mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dalam tatanan masyarakat yang mau tidak mau pasti terlibat langsung dalam tiap fenomena sosial, harus mampu mengimplementasikan kemampuan keilmuannya dalam akselerasi perubahan keumatan ke arah berkeadaban. Di acara pengenalan program akademik dan kemahasiswaan fakultas ekonomi tahun ini pada tanggal 7,8, dan 9 Agustus kita mencoba mengkolaborasikan sebuah peran, fungsi dan kewajiban sebagai mahasiswa fakultas ekonomi, dimana kita menghadirkan berbagai materi Pengenalan Akademik dan juga materi kemahasiswaan.  Adapun materi – materi tersebut antara lain ;

  1. Materi Ideologi Pancasila dan Bela Negara
  2. Materi Sikadu dan E-Learning
  3. Penjaminan Mutu Akademik
  4. Materi Kurikulum, Panduan Akademik, Dan Etika Akademik
  5. Materi Konservasi
  6. Guyub Advokasi
  7. Pengenalan Organisasi , Simawa dan My UNNES
  8. Materi Sukses Belajar Di UNNES
  9. Motivatoring Inspirasi Untuk Negeri dan Surat Menyurat.

Dengan dihadirkannya berbagai materi pengenalan akademik dan kemahasiswaan di acara PPAK FE 2018 ini diharapkan mahasiswa baru bisa mengerti tentang dunia perkuliahan, tentang kemahasiwaan, dan juga komitmen mahasiwa untuk berprestasi. Karena di tahun ini kita membuat sebuah hal baru dimana seluruh mahasiswa baru di haruskan untuk menulis sebuah surat yang nantinya akan dikoordinir panitia untuk dikirimkan kepada orang tua masing masing. Surat itu berisi janji dan komitmen mahasiswa untuk bisa berprestasi untuk membahagiakan orang tua dan keluarga sebagai upaya sukses belajar di UNNES.

Pada tahun ini seluruh mahasiswa baru pada serangkaian upacara penutupan program pengenalan akademik dan kemahasiswaan bersama sama mendeklarasikan tentang Pancasila, Anti Radikalisme, Berprestasi, Dan Juga Konservasi.  Dengan harapan seluruh mahasiswa baru fakultas ekonomi UNNES dengan bersungguh sungguh mendukung Pancasila, Menolak segala tindak radikalisme, berprestasi, dan juga menjunjung tinggi nilai – nilai Konservasi.

You may also like...