TINGKATKAN KEWIRAUSAHAAN SEJAK DINI MELALUI KOMPETISI KEWIRAUSAHAAN Se Jateng dan DIY

Selasa Pagi Riuh ramai Berdatangan siswa SMK/SMA se Jateng DIY di Fakultas Ekonomi UNNES (4/9). Mereka  adalah 15 Finalis yang terpilih dari seluruh SMA/SMK Jateng DIY untuk mengikuti babak final presentasi business plan yang bertajuk School Entrepreneurship Competition (SEC) 2018. Pada babak desk evaluation panitia telah menseleksi puluhan proposal bisnis yang masuk hingga terpilih 15 proposal terbaik yang siap dikompetisikan pada babak presentasi.

Kompetisi yang diadakan oleh jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi, UNNES ini ternyata menyerap animo yang luar biasa dari peserta. Hal tersebut terlihat dari persiapan peserta yang sangat baik dan matang. Dukungan dari sekolah peserta juga terlihat dari property yang disiapkan peserta berupa produk, prototype dan berbagai display. Selain itu partisipasi dari guru pendamping yang aktiv memberikan bimbingan juga menjadi bukti dukungan yang baik dari Sekolah dalam persiapan peserta. Kondisi demikian menunjukan bahwa optimisme untuk meningkatkan jiwa wirausaha sejak dini semakin besar.

Kegiatan Kompetisi Kewirausahaan (SEC2018) ini sejatinya merupakan bagian dari program Pusat Studi Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan dan Koperasi (Red. 3EC) Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE UNNES. Kegiatan ini juga berangkaian dengan kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan Kewirausahaan yaitu Workshop Kewirausahaan bagi pendidik kewirausahaan di Sekolah, serta sosialisasi Diplomat Success challenge 2018 yang berkerjasama dengan Wismilak Foundation. Ketua Panitia, Khasan Setiaji Menejelaskan bahwa kegiatan serupa akan diadakan secara rutin sebagai bagian dari dukungan Jurusan Pendidikan Ekonomi, UNNES untuk meningkatkan karakter dan Jiwa Wirausaha sejak dini Serta sebagai bentuk identitas Jurusan Pendidikan ekonomi yang mendukung Pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah.

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D sejak pagi hingga sore menampilkan berbagai presentasi finalis, serta dengan berbagai aspek penilaian dan kritik dari dewan juri ahirnya menghasilkan tiga pemenang dengan nilai tertinggi diantaranya: 1) SMK 1 Demak yang menjadi Juara Pertama, 2) SMA N 2 Semarang Sebagai Juara Kedua dan 3) SMK N 1 Bantul Sebagai juara ketiga. Para pemenang kemudian mendapatkan hadiah total senilai 10 juta rupiah. Adapun dewan Juri yang menjadi kritikus dan penilai Proposal bisnis antara lain : 1) Dra. Margunani, MP dari kalangan Akademisi dan Penggerak Wirausaha, 2) Dr. Alex Sujanto, SE. S.Pd. MM. dari kalangan Entrepreneur dan Sosiopreneur, serta 3) Faisal Hidayat Owner It’s Milk yang merupakan Entrepreneur muda.  Salah satu perwakilan juri Dra. Margunan, MP menyatakan bahwa aspek penilaian yang di tonjolkan dalam babak final ini bukan hanya soal inovasi dan keunikan produk, melainkan aspek marketable dan keberlangsungan usaha yang menjadi kunci utama suatu produk bertahan dipasaran. Dari segi presentasi, Margunani Menjelaskan bahwa seluruh peserta sudah menampilkan presentasi terbaiknya dan dengan kualitas yang cukup baik hal itu diperkuat dengan berbagai properti yang disiapkan siswa.

Dengan diselenggarakanya kegiatan ini diharapkan tumbuh wirausahawan muda yang unggul dan kompetitif di era disrupsi. Kegiatan ini sekaligus berusaha untuk memperkuat pendidikan kewirausahaan sehingga menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini dalam diri siswa. Panitia berencana akan menghelat kegiatan serupa pada tahun 2019 dengan cakupan peserta yang lebih luas dengan kebermanfaatan yang lebih besar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *