Kabar dari PIMNAS 31 Yogyakarta

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (FE UNNES), yaitu Rizka Amalia Solecha (Akuntansi) dan Nur Anita (Pendidikan Akuntansi) memperoleh medali emas dan perak pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PIMNAS dilaksanakan tanggal 28 Agustus sampai dengan 2 September 2018. PIMNAS merupakan event tahunan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Dalam PIMNAS memperlombakan 7 bidang PKM yaitu PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Kegiatan ini diikuti oleh 136 Perguruan tinggi yang terdiri dari 440 tim PKM. Kegiatan utama PIMNAS terdiri dari 1) presentasi hasil kegiatan dan 2) pameran poster dan gelar produk PKM. Presentasi hasil PKM di setiap ruangan kelas presentasi dihadiri oleh kelompok mahasiswa peserta PIMNAS, dosen pendamping, dan official setiap perguruan tinggi. Penentuan peraih penghargaan kategori presentasi adalah akumulasi nilai laporan akhir, presentasi, dan nilai artikel ilmiah. Sedangkan penilaian poster berdasarkan substansi kreativitas, inovasi, kemanfaatan, kejelasan informasi, keterbacaan, terstuktur, lengkap, penyajian, daya tarik, teliti, dan praktis Penghargaan setiap kategori (prsentasi dan poster) yaitu penghargaan setara emas untuk masing-masing kelas diberikan kepada satu kelompok terbaik yang memperoleh nilai total kelas tertinggi, penghargaan setara perak diberikan kepada kelompok terbaik kedua yang memperoleh nilai total kelas tertinggi, dan penghargaan setara perunggu diberikan kepada satu yang memperoleh nilai total kelas tertinggi. Bukan hanya itu, untuk masing-masing kelas juga diberikan penghargaan peserta favorit.

Dalam kompetisi ini, UNNES memperoleh 2 penghargaan setara perak kategori presentasi, 3 penghargaan setara emas ketegori poster, dan 2 penghargaan setara perak kategori poster. Total penghargaan (medali) yang diperoleh UNNES adalah 7. Sehingga UNNES masuk peringkat 10 besar (peringkat 10 Nasional). Juara umum dalam ajang PIMNAS adalah Universitas Gajah Mada dengan total 18 medali.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *