Inovasi Ekonomi Pertanian Syariah Menjadikan Tim FE UNNES Juara 3

Dua Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Fakultas Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi atas nama Nisa Widya Wardani dan Hidayatul Hasanah berhasil meraih juara 3 pada Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman pada tanggal 14-16 September 2018.

Sebelumnya untuk dapat menjadi juara, Nisa dan Hida melalui seleksi penyisihan ratusan karya tulis ilmiah dari universitas lain. Setelah itu, diperoleh 5 besar karya terbaik generasi muda Indonesia dari delegasi kampus, diantaranya Universitas Gadjahmada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Semarang. Tahap selanjutnya, dilakukan presentasi gagasan ide mahasiswa dalam bidang kreativitas optimalisasi instrumen ekonomi islam dihadapan dewan juri yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Hasil yang diperoleh dari serangkaian proses seleksi Juara 1 tim Universitas Airlangga, Juara 2 tim Universitas Jenderal Soedirman dan Juara 3 Universitas Negeri Semarang.

Tim dari Universitas Negeri Semarang mengangkat ide inovasi ekonomi pertanian syariah secara digital dengan menggunakan akad Musyaqah bertujuan sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah desa untuk menekan angka disparitas ekonomi dan kemiskinan.  Ide ini didasari kepedulian mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES sebagai intelektual muda untuk membantu masyarakat ekonomi kelas bawah untuk sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *