Kompetisi Perkantoran SMK Tingkat Nasional Berlangsung Seru, Inilah Para Juaranya!

Rabu, 19 September 2018 telah berlangsung kompetisi perkantoran SMK tingkat nasional. Kegiatan ini diadakan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang dimana tahun lalu juga dilaksanakan lomba yang sama untuk tingkat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kompetisi perkantoran ini dilaksanakan untuk tingkat SMK dan mengambil tema “Administrasi Perkantoran di Era Big Data”. Kompetisi perkantoran dilaksanakan dengan mekanisme praktik perkantoran dimana peserta merupakan kelompok yang terdiri dari tujuh orang anggota. Masing-masing anggota memiliki peran yang berbeda dari pimpinan, pengolah, pengetik, pengarah, agendaris, arsiparis, dan ekspeditur. Lomba dilaksanakan di Laboratorium Praktik Perkantoran yang berada di gedung L3 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan lomba dimulai dengan di buka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D. dengan dihadiri oleh semua peserta dan tamu undangan yang terdiri dari jajaran pimpinan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Dekan Fakultas Ekonomi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan administrasi perkantoran yang berlangsung sekarang sudah sangat berbeda dengan zaman dulu, dulu masih banyak digunakan mesin tik, bahkan dalam pembuatan surat pun masih banyak yang di tulis tangan namun sekarang semua sudah bisa diakomodir dengan teknologi apalagi di era big data yang membutuhkan penguasaan komputer yang begitu penting.

Perlombaan berlangsung cukup seru dimana banyak peserta yang memakai pakaian ala manajer kantor dengan keunggulan masing-masing yang ditunjukkan dalam pelaksanaan pekerjaan kantor. Setiap tim mendapat giliran untuk melakukan praktik perkantoran. Juri yang menilai berasal dari akademisi dan praktisi di bidang perkantoran, kali ini panitia mengundang tiga juri utama yaitu Bapak Sularso Mulyono yang merupakan praktisi perkantoran UNNES, Bapak Purwanto yang merupakan dosen perkantoran dan akademisi dari UNY, dan Ibu Ismiyati yang merupakan dosen perkantoran UNNES.

Tangis haru dan bahagia mewarnai pengumuman hasil lomba, SMK PL Tarcisius berhasil menjadi juara satu, SMK N 1 Salatiga menjadi juara kedua, dan SMK Hidayah Semarang berhasil menjadi juara ketiga. Sementara itu, juara harapan satu di raih oleh SMK N 2 Magelang, dalam kesempatan kali ini SMK N 1 Kendal juga mengirimkan dua tim dimana juara harapan dua di raih oleh SMK N 1 Kendal (B), dan juara harapan tiga di raih oleh SMK N 1 Kendal (A). Acara berakhir menjelang sore dan terlaksana dengan lancar serta meriah tanpa hambatan yang berarti. (NP)

 

You may also like...