Tim Pengabdian FE UNNES Berikan Pelatihan bagi Guru Bismen SMK se Salatiga

Bertempat di Ruang Laboratorium Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga, sekitar 25 guru SMK Bisnis dan Manajemen mengikuti kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kegiatan berlangsung dari pukul 9 sampai dengan pukul 15 pada hari Kamis, 13 September 2018. Haris Wahyudi, S.Pd., M.Pd., Kepala SMK Negeri 1 Salatiga menyambut baik pelaksanaan kegiatan dan harapannya dapat diselenggarakan di lain waktu dengan topik yang berbeda dan sesuai kebutuhan. Peserta terdiri dari guru SMK Bisnis dan Manajemen se Salatiga dari beberapa program studi seperti akuntansi, prakarya dan kewirausahaan, dan lainnya.

Materi pelatihan diantaranya adalah merancang pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Edmodo. Kegiatan berlangsung menarik dan bapak/guru mengikuti dengan antusias. Menurut narasumber, Kardiyem, S.Pd., M.Pd., peserta dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan memadukan pembelajaran tatap muka di kelas. Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dimulai dari paparan materi atau konsep, soal latihan, quiz, dan evaluasi. Edomodo cukup mudah digunakan oleh guru. Narasumber didampingi tim pengabdian lainnya yaitu Ratieh Widhiastuti, S.Pd., M.Si. dan Niswah Baroroh, S.E., M.Si.

Tim pengabdian FE juga memberikan materi pelatihan lainnya yaitu pengembangan bahan ajar. Bahan ajar sangat diperlukan untuk membantu siswa belajar secara mandiri. Demikian ujar dari kedua narasumber, yaitu Rediana Setiyani, S.Pd., M.Si. dan Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. Bahan ajar bisa berbentuk bahan cetak maupun bahan non cetak seperti media interaktif (audio visual). Lebih lanjut dijelaskan bahwa bahan ajar bisa disusun berdasarkan pengembangan dari guru itu sendiri maupun dengan cara mengkompilasi atau mengembangkan bahan ajar yang sudah ada.

Selain itu, siswa SMK Negeri 1 Salatiga juga memperoleh materi tambahan dari tim Pengabdian FE UNNES. Materi yang disampaikan adalah pengelolaan keuangan personal. Materi ini sangat penting bagi siswa yang merupakan generasi milineal. Salah satu karakteristiknya adalah instant behavior. Disinilah siswa harus mempunyai keahlian dalam mengelola keuangan personal mereka. Demikian dituturkan oleh narasmber, Nudian Susilowati, S.Pd., M.SI., Wulan Suci R., M.Si., dan Satsya Yoga B., M.Sc., CA. Kegiatan yang didampingi oleh 4 mahasiswa (Riska, Fery, Haniffah, dan Ummi) berlansung selama 2 jam.

Kegiatan ditutup dengan materi tambahan bagi guru, yaitu akuntansi intansi/Lembaga. Kompetensi baru yang harus dikuasai oleh siswa SMK berdasarkan kurikulum terbaru. Guru juga harus menguasai materi tersebut. Materi disampaikan secara simultan oleh Nurdian Susilowati, S.Pd., M.Pd. dan Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. Ketua program studi Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga sangat senang dengan kegiatan ini dan dapat berlangsung di waktu yang akan datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts you may like