Desa Wisata Traji Menggandeng UNNES Untuk Promosi Digital Pariwisata

22 Juli 2018- Tahukah anda dimana Desa Wisata Traji? Mungkin masih terdengar asing namun Desa Traji sedang berbenah untuk menjadi Desa Wisata yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung sejak tahun 2017.

Promosi wisata memang penting untuk mendapatkan banyak wisatawan. Dengan banyak pengunjung yang datang, maka akan memberikan manfaat kepada pendapatan warga setempat. Berdasarkan  fenomena tersebut, maka Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Unnes mengadakan pelatihan promosi digital dengan menggandeng Pokdarwis Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Dewasa ini, promosi dari mulut ke mulut kurang efektif untuk mempromosikan wisata. Untuk itu, digital perlu andil di dalamnya. Promosi  digital sendiri bermacam-macam bentuknya, tak sekadar hanya men-iklankannya di tv ataupun koran dan majalah saja, melainkan juga bisa melalui website, blog, facebook, twitter, dan juga instagram. Terlebih lagi saat ini banyak sekali orang yang memiliki smartphone sehingga jangkauannya lebih luas dan lebih efektif untuk mempromosikan sebuah desa wisata.

Acara Pelatihan Promosi Digital Bagi Pokdarwis Desa Traji ini diisi oleh pembicara yang sudah kompeten yaitu dari Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang yang diketuai oleh Tusyanah, S.Pd., M.Pd. dkk.  Materi yang disampaikan yaitu mengenai peran website bagi pengembangan desa wisata, konten apa saja yang dapat menarik para wisatawan, dan tips dan trik mengelola media social guna pengembangan Desa Wisata Traji.

Acara ini berlangsung sukses dengan dihadiri oleh perangkat desa dan para pemuda desa yang jumlahnya mencapai 35 peserta. Para peserta antusias menyimak pemaparan materi dari para pembicara dan juga aktif dalam bertanya. Diakhir acara, para peserta diajak menuju wisata unggulan yang ada di Desa Traji yaitu Sendang Sidhukun untuk mempraktekan materi yang telah disampaikan yaitu mengambil spot foto yang menarik dan pemberian caption untuk di upload di instagram.

Dengan di adakannya acara ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan website maupun media social dengan optimal untuk mempromosikan Desa Wisata Traji agar nantinya semakin banyak yang berkunjung dan pendapatan masyarakat sekitar semakin meningkat. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja tidak dapat dikerjakan secara individu, melainkan membutuhkan kerjasama yang solid dari seluruh elemen masyarakat.

 

 

 

 

 

You may also like...