Dosen PE Menjadi Penulis Artikel dan Presenter Terbaik

Dosen FE UNNES Jadi Penulis Artikel dan Presenter Terbaik

Universitas Negeri Semarang (UNNES) selalu meningkatkan budaya berprestasi pada civitas akademikanya. Beberapa prestasi sudah dicapai oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di tingkat Nasional dan Internasional. Kali ini, Agung Kuswantoro dosen Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekononi (FE) menjadi penulis artikel dan presenter terbaik pada tema Manajemen Perkantoran dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Ajang tingkat “Nasional” ini diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan mengangkat tema “Kesiapan Administrasi Perkantoran Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”,  yang diselenggarakan pada Sabtu (27/10/2018).

Peserta dan pemakalah yang ikut dalam ajang ini diantaranya berasal dari Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Politeknik Negeri Madiun, Universitas Islam Riau, Universitas Kriten Satya Wacana Salatiga, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Metro, dan Universitas Sebelas Maret.

Ada 3 pembicara utama dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Tjuju Yuniarsih, Dr. Indra C Uno, dan Dr. Hery Sawiji, M.Pd.. Agung Kuswantoro sendiri mempresentasikan makalah yang bertema “Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Menulis Modul/Bahan Ajar pada MGMP Perkantoran Kabupaten Kudus”.

Menurutnya, latar belakang makalah tersebut berangkat dari banyaknya modul yang digunakan guru yang bersumber dari internet dengan alamat website yang tidak jelas. Sehingga, kreativitas guru dalam menyalurkan ilmunya kurang sesuai dengan teori dan materi yang seharusnya. Kebenaran akan isi yang bersumber dari alamat website yang tidak jelas juga seringkali perlu dicek lebih mendalam.

Oleh karena itu, guru perlu ditingkatkan kompetensi profesionalismenya melalui menulis modul. Model yang digunakan adalah “free writing”. Guru menulis “bebas” dari materi yang diajarkan.

Paper yang dipresentasikan oleh Agung menjadikan Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd. selaku reviewer memutuskan untuk memilih paper tersebut menjadi artikel dan Agung Kuswantoro menjadi presenter terbaik pada tema Manajemen Perkantoran dan SDM. Baca lebih lanjut di sini.