Perbaiki Kualitas Kurikulum, Jurusan Manajemen FE UNNES Gelar Workshop Kurikulum Berbasis KKNI & SN Dikti

Kebutuhan lulusan yang memiliki kompetensi, makin menjadi tuntutan utama, khususnya bagi lulusan Perguruan Tinggi. Terkait hal tersebut, hari ini, Senin (12/11) Jurusan Manajemen FE UNNES mengadakan Workshop Pengembangan Kurikulum di Gedung L2 Kampus Sekaran. Kegiatan yang menghadirkan pembicara dari Departemen Manajemen FEB UNDIP, Dr. Harjum Muharam, SE, ME. tersebut, dibuka langsung oleh Dekan FE UNNES, Drs Heri Yanto MBA PhD.

Dalam sambutannya, Dekan Drs Heri Yanto MBA PhD menyatakan pihaknya menyambut baik terselenggaranya acara tersebut. Dekan juga berharap agar Kurikulum yang tersusun selain dapat menyesuaikan dengan KKNI, tapi juga cukup fleksibel untuk dapat bersanding dengan Universitas di Luar Negeri. Menurutnya, hal ini karena ada sejumlah perbedaan antara kurikulum Perguruan di Dalam Negeri dengan kurikulum Perguruan Tinggi di Luar Negeri.

Sementara itu, selaku pembicara kegiatan, Dr. Harjum Muharam, SE, ME. menyatakan perlu adanya sinkronisasi visi, misi, tujuan, dan standar mutu minimal yang telah disepakati. Dicontohkan Misi Prodi Manajemen UNDIP yang bertujuan menghasilkan lulusan memiliki basis pengetahuan manajemen yang mutahir, maka harus memiliki konsekuensi bahwa lulusan harus memiliki sertifikasi kompetensi di bidang utama.

Harjum menambahkan, selain kompetensi lulusan yang harus mengacu standar KKNI, tetapi juga harus melihat kebutuhan pasar, agar sesuai dengan permintaan kompetensi pasar tenaga kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts you may like