Penanaman Pohon FE UNNES program Angkatan 2017

Fakultas Ekonomi melaksanakan program penanaman pohon untuk angkatan 2017, lokasi penanaman tahun ini adalah wilayah desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Program tahunan ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas EKonomi UNNES (FE UNNES) angkatan 2017 dan beberapa mahasiswa angkatan 2016 yang pada tahun sebelumnya belum sempat mengikuti kegiatan ini, terdiri dari empat jurusan yang ada di FE UNNES.

Mahasiswa FE UNNES berkumpul pukul 06.30 WIB di lapangan belakang gedung L menerima arahan dari Dekan FE UNNES Drs. Heri Yanto MBA, PhD., hadir pula pada kesempatan ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Drs. Kusmuriyanto, M.Si., dan Ketua Gugus Pengembang Konservasi Dr. Amin Pujiati S.E.,M.Si. dilanjutkan arahan secara teknis oleh Ketua Panitia Muhammad Feriady dan UPT Pengembang Konservasi UNNES. Ketua Panitia melaporkan bahwa setiap mahasiswa wajib menanam pohon setidaknya sekali selama kuliah di UNNES, kemudian mengunggah kegiatan tersebut kedalam siomon (Sistem Informasi Penanaman dan Perawatan Pohon) yang merupakan portal pelaporan penanaman yang dilakukan oleh mahasiswa. Sistem ini dikembangkan berdasarkan Peraturan Rektor Unnes No 26 th. 2009 tentang gerakan penanaman satu mahasiswa satu pohon. Pelaporan penanaman ini digunakan sebagai syarat pendaftaran wisuda dan isian SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Tidak berhenti pada penanaman pohon, agenda ini ditujukan sebagai awal bagi mahasiswa untuk terus merawat pohon yang ditanamnya sehingga terus lestari dan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

UPT Pengembang Konservasi UNNES sebagai penyedia bibit tanaman menyampaikan bahwa bibit tanaman yang ditanam pada program kali ini diantaranya bibit sirsak, jambu, petai, kendal rambutan, sengon, durian dan trembesi. Berjumlah 920 buah bibit lokasi penanaman tersebar di sekitar wilayah desa Kandri yang pada bagian tertentu kondisinya masih berupa area terbuka tanpa pohon, sehingga diharapkan dengan adanya penanaman bibit pohon ini akan berdampak positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts you may like