FE Raih 2 Penghargaan dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNNES 2019

Semarang – Kamis (28/3) merupakan penganugerahan mahasiswa berprestasi tingkat Universitas Negeri Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Borobudhur tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum dan Wakil Dekan Tiga dari setiap fakultas. Rangkaian kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dimulai Selasa (26/3) hingga Rabu (27/3), dilanjutkan penganugerahan pada Kamis (28/3).

Selaku koordinator dewan juri, Bapak Dr. Tommi Yuniawan S.Pd., M.Hum. didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih MSi. mengumumkan hasil penilaian dari 16 nominasi mahasiswa berprestasi. Adapun kategori yang diumumkan adalah juara utama, harapan dan penyaji terbaik. Antusiasme pendukung yang datang dari setiap fakultas menjadi saksi terpilihnya nominasi terbaik yang akan mewakili UNNES dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Nasional di Jakarta mendatang.

Setelah rangkaian acara pembukaan diiringi tarian tradisional, seluruh nominasi masuk ke dalam ruangan. Diperoleh dengan nama Wisnu Pratama Iryanto sebagai penyaji terbaik dari Fakultas Hukum (FH), Doni Saputra sebagai Juara Harapan 3 dari Fakultas Teknik, Nur Izzatul Hikmah sebagai Juara Harapan 2 dari Fakultas Ilmu Sosial, Puji Novita Sari sebagai Juara Harapan 1 dari Fakultas Ekonomi, Ahwan Sholih sebagai Juara 3 dari Fakultas Ekonomi, Rizki Danang Kartiko Kuncoro sebagai Juara 2 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Kemudian Andriani Anjasuma Putri sebagai Juara 1 dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) akan mewakili UNNES dalam ajang Pilmapres Nasional.

Pilmapres merupakan program tahunan dari Kemenristekdikti untuk memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang meraih prestasi unggulan baik tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2018 lalu, Faoziah Arumi sebagai perwakilan UNNES berhasil meraih penyaji terbaik dalam Pilmapres tingkat Nasional.
Adapun nominasi lainnya adalah Wiranto dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Jenny Ayu Rahmawati dari FMIPA, Rohmat dari FH, Danang Aji Saputro dari Fakultas Teknik (FT), Rina Sulistiana dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Erina Fionita Nurfajila dari Fakultas Ilmu Sosial, Ferianti dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Siti Nur Hasisah dari FBS, dan Anisa Salma Fadila dari Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kriteria penilaian dalam ajang Pilmapres terdiri dari beberapa komponen diantaranya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 20%, Karya Tulis Ilmiah sebesar 30%, berkas prestasi unggulan dengan bobot 25% dan Bahasa Inggris sebesar 25%.

Penyelenggaraan Pilmapres tingkat Universitas Negeri Semarang dimulai pada hari pertama dengan seleksi berkas prestasi unggulan dan presentasi Karya Tulis Ilmiah. Pada hari kedua dilanjutkan seleksi presentasi Bahasa Inggris melalui penyelesaian kasus yang diberikan oleh juri. Keempat komponen penilaian tersebut menjadi penentu siapakah yang menjadi perwakilan UNNES di tingkat nasional. Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Prestasi dan Karakter Mahasiswa untuk UNNES Mendunia untuk Indonesia” diharapkan meningkatkan budaya prestasi dan karakter yang baik dalam hidup bermasyarakat.

You may also like...