Workshop Pengembangan Kurikulum Kelas Internasional Jurusan Manajemen

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung L2, telah dilaksanakan workshop pengembangan kurikulum kelas internasional yang dihadiri oleh para dosen Jurusan manajemen dan tamu undangan. Workhsop ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9 September 2019, yang dibuka secara simbolis oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Drs. Heri Yanto M.BA, Ph.D.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum kelas internasional di Jurusan Manajemen. Kelas internasional di Jurusan Manajemen mulai dirintis tahun 2019 ini sehingga membutuhkan pengembangan dan penyempurnaan kurikulum.
Workshop Pengembangan kurikulum internasional ini menghadirkan pembicara dari Sub Direktorat Kerja Sama Perguruan Tinggi Ditjen Kelembagaan IPTEK-DIKTI yaitu Bapak Adhrial Refaddin, S.I.P.,M.P.P. Beliau merupakan Kepala Seksi Kerjasama Luar Negeri. Dalam sesi workshop ini dimoderatori oleh Dr. Arief Yulianto, S.E., M.M selaku Kepala Laboratorium Jurusan Manajemen. Adapun tema yang diusung yaitu “Internationalizing Indonesia Higher Education” selaras dengan visi UNNES bereputasi Internasional.
Merujuk kata ‘Internasionalisasi’ mempunyai makna yang luas, namun secara sederhana Internasionalisasi ini dapat diartikan apa yang dimiliki kemudian diaplikasikan ke dalam prinsip-prinsip Internasional baik dari segi akademik hingga cultural. Proses internasionalisasi perguruan tinggi dimulai dari internal yaitu sumber daya manusia, fasilitas, policy, dan komitmen perguruan tinggi haruslah siap. Satu yang ditekankan ‘One Size Does’nt Fit All’ yang bermakna suatu cara yang sama untuk menjadi International tidak selalu cocok digunakan pada tiap universitas. Setiap univeritas harus mempunyai formulanya sendiri untuk mencapai International, be different.

You may also like...