International Project: 58 mahasiwa pendidikan ekonomi, mengajar singkat di Johor Baru Malaysia

Kegiatan International Project yang diselenggarakan oleh International Undergraduate Program (IUP) Jurusan Pendidikan Ekonomi, Senin 30 September sd  Rabu 3 Oktober 2019 mengunjungi sebuah sekolah di Johor, Malaysia. Sekolah menengah islam At -Tahfidz menjadi tujuan kegiatan yang bertajuk “Fun teaching” itu. Adapun kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan international project yang dilakukan mahasiswa selama 4 hari di Malaysia.

Melalui kegiatan “fun teaching” ini, mahasiswa pendidikan ekonomi menyampaikan beberapa materi terkait dengan Budaya Indonesia, Perilaku Konsumen, Kepemimpinan, Kearsipan sederhana, dll. Sebagai peserta fun teaching adalah siswa sekolah menengah At-Tahfidz Johor Baru Malaysia. Kegiatan ini dikemas dengan suasana permainan yang menyenangkan.

Pengelola IUP, Jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES Inaya mengatakan bahwa serangkaian kegiatan internasional project yang diselenggarakan di Malaysia dimaksudkan untuk mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Kegiatan berbagi dan sharing materi kepada anak-anak di sekolah menengah At-Tahfidz salah satunya. Adapun kegiatan ini juga merupakan upaya Jurusan untuk meningkatakan reputasi UNNES terutama bagi Jurusan Pendidikan Ekonomi.

Kegiatan fun teaching ini mendapatkan sambutan yang sangat baik dari pengelola Yayasan At-Tahfidz Johor, Malaysia menyatakan pihaknya sangat senang dengan kunjungan mahasiswa UNNES yang memberikan beberapa pengetahuan keapda murid-murid di sekolahnya. Selain itu beliau berharap silaturahmi tetap terjalin dengan unnes melalui kegiatan serupa di tahun yang akan datang.

Sementara itu ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi menyatakan bahwa kegiatan serupa harus lebih ditekankan pada aspek tri dharma di tahun yang akan datang. Beilau mengatakan “kunjungan mahasiswa ke Luar negeri jangan hanya diartikan sebagai piknik belaka, melainkan harus memberikan manfaat dan citra baik Universitas”. Demikian disampaikan pada saat membersamai rombongan mahasiswa di Malaysia.

You may also like...