JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN (JEJAK) JURUSAN EP TERAKREDITASI B

 

Berdasarkan Keputusan Menteristek & Dikti RI Nomor 2/E/KPT/2015 tentang hasil akreditasi terbitan berkala ilmiah periode II tahun 2015 menyatakan bahwa JEJAK Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Unnes berhasil meraih akreditasi B. JEJAK menjadi Jurnal ilmiah pertama yang terakreditasi di Fakultas Ekonomi Unnes.

Hal yang lebih membanggakan adalah proses penilaian akreditasi tidak melalui proses konsinyering, dimana setelah tim penyusun mengirimkan Borang ke DIKTI nantinya pengelola Jurnal akan dikumpulkan pada suatu tempat bersama dengan pengelola jurnal dari universitas lain-lain untuk dinilai bersama-sama oleh reviewer jurnal Dikti.

Fafurida, SE, M.Sc, pimpinan Redaksi Jejak mengatakan bahwa proses penyusunan borang sudah mulai dilakukan mulai awal tahun 2015 dan selesai pada bulan Agustus. Tantangan paling berat yang dihadapi oleh tim redaksi adalah memperoleh artikel-artikel terutama dari luar Unnes, karena proporsi artikel dari luar unnes lebih banyak daripada artikel internal Unnes, yaitu 6 berbanding 4. Proses penyusunan Borang JEJAK juga bersamaan dengan proses visitasi akreditasi Jurusan EP sehingga menyita banyak waktu, fikiran dan tenaga. Selain itu, dengan tidak adanya konsiyering tentunya sangat melegakan sehingga tidak perlu menyiapkan berkas untuk menghadapi konsiyering.

Kajur Ekonomi Pembangunan, Lesta Karolina Br Sebayang, SE, M.Si, mengatakan bahwa terakreditasinya JEJAK ini melengkapi prestasi brilian yang diraih oleh Jurusan EP sebelumnya yaitu menjadi pilot project Kurikulum Internasional Islamic Development Bank (IDB) dan meraih akreditasi A oleh BAN-PT. Beliau mengatakan bahwa JEJAK harus dapat mempertahankan prestasi tersebut dengan tetap menjaga kontinuitas terbitan secara berkala dan menjaga kualitas artikel yang diterbitkan.

Selain telah meraih akreditasi DIKTI, JEJAK juga telah dipublikasikan secara on-line dan telah terindeks oleh DOAJ, Google Scholar, EBSCO , CrossRef , dan lain-lain.

Ditulis oleh : Yosi Aulia Rahman

You may also like...