Pertajam Metodologi Agar Hasil Penelitian Bernilai Ilmiah

 

Pendidikan ekonomi adalah sebuah jurusan yang tertua di Fakultas Ekonomi Unnes. Di usia yang sudah memasuki lebih dewasa dengan jurusan lainnya, pendidikan ekonomi harus memiliki kejelasan area penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya jurusan pendidikan ekonomi menyelenggarakan workshop metodologi penelitian pendidikan ekonomi.

Hadir sebagai pembicara Prof. Dr. Agus Rahayu, MP, seorang guru besar dari UPI Bandung. Beliau menyatakan pendidikan ekonomi harus memiliki komunitas masyarakat yang kritis terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan ekonomi. Jika tema pendidikan ekonomi (ontology) sudah ditemukan, maka metodologi penelitiannya juga harus jelas, terutama pada unit analisisnya. Jangan sampai keliru atau salah dalam mengambil unit analisis atau samplingnya. Jika unit analisisnya keliru, maka hasilnya juga keliru atau salah.

Acara dibuka  oleh Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si. Acara ini sangat baik, Fakultas sangat mendukung kegiatan ini agar dosen-dosen pendidikan ekonomi dapat meraih hibah penelitian yang ditawarkan oleh Kemenristek, Universitas, atau Fakultas, ujar Drs. Bambang Prishardoyo, M.Si.

Ketua jurusan pendidikan ekonomi Unnes, Dr. Ade Rustiana, M. Si menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai peningkatan profesionalisme dosen dalam penelitian. Diharapkan dosen pendidikan ekonomi mampu membuat penelitian yang berkualitas dan dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. Acara diselenggarakan pada 3 Maret 2016 di gedung C7 lantai 3.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *