UNNES siap menjadi Partner UMKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

 

Senin, 30 Mei 2016-bertempat di  Aula Gedung Baru Fakultas Ekonomi, segenap jajaran dosen dan civitas akademika dari Fakultas Ekonomi menghadiri orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Dorojatun Prihandono, S.E., M.M.. Beliau adalah doktor lulusan Inggris dan pada kesempatan tersebut mempresentasikan makalah yang berjudul “Peran Universitas dalam Meningkatkan Tingkat Keberlangsungan Hidup Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Meningkatkan Daya Saing untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Turbulensi Ekonomi

 

Dr. Dorojatun Prihandono, S.E., M.M. memaparkan bahwa Micro, Small and Medium-Sized Enterprises (UMKM) telah menjadi tulang punggung perekonomian global yang mampu menyerap banyak tenaga kerja termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan daya saing demi meningkatkan keberlangsungan hidup UMKM untuk menghadapi MEA dan turbulensi ekonomi. Disinilah peran universitas dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia perlu lebih ditingkatkan untuk mengoptimalkan proses transfer of knowledge untuk menghasilkan inovasi dalam meningkatkan mutu dan aspek lain berkaitan dengan barang dan jasa yang dihasilkan oleh UMKM.

 

Dalam sambutannya, Wakil Dekan bidang akademik FE UNNES, Drs. Heri Yanto, MBA, Ph.D. berharap bahwa desertasi ini dapat menjadi salah satu referensi bagi universitas untuk mampu menjadi partner UMKM dengan menerapkan strategi Frame Work, Business Network, Social Capital, dan yang terpenting ialah hubungan personal yang lebih intens kepada para pelaku bisnis. Hal ini sejalan dengan yang telah dilakukan Universitas Negeri Semarang selama ini dengan mendanai proposal pengabdian dan penelitian tahun 2016. Contohnya adalah penelitian Kesiapan UMKM di Kota Semarang dalam Menghadapi MEA yang di ajukan oleh Prof. Rusdati.

 

You may also like...