Pendidikan Ekonomi Unnes Gelar Seminar Nasional, Call for Paper, dan Lomba Media Pembelajaran Inovatif 2016

Semarang- Kualitas Pendidikan sudah menjadi hal yang mendesak untuk diupayakan ditengah arus globalisasi disegala bidang dewasa ini. Perlu dilakukan berbagai upaya untuk mengaktualisasikan kompetensi generasi muda agar generasi emas tahun 2045 yang digadang-gadang itu dapat menjadi kenyataan. Mendukung hal tersebut, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang menggelar serangkaian acara menarik pada hari Selasa (20/9/2016).   Acara tersebut terdiri dari seminar nasional, call for paper,  dan lomba media pembelajaran inovatif.

Sebanyak 180 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan umum mengikuti Seminar Nasional yang bertempat di Aula Gedung L Fakultas Ekonomi. Seminar dengan tema “Transformasi Pendidikan Ekonomi Menyongsong Generasi Emas” ini menghadirkan Prof. Suyanto Phd. Guru Besar Pendidikan Ekonomi UNY yang sempat menjadi Rektor UNY tahun 1999-2005 dan menjabat sebagai Dirjen Dikdas Kemendikbud RI tahun 2010-2013 sebagai pembicara. Dalam paparanya, dijelaskan bahwa tantangan pendidikan ekonomi kedepan semakin berat. Semakin banyak tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi agar masyarakat Indonesia mampu bersaing dengan masyarakat global. Sementara itu, kondisi Indonesia saat ini masih berkutat pada  persoalan rendahnya daya saing nasional, tingkat kewirausahaan, perolehan paten nasional, dan kesiapan teknologi nasional. Oleh karena itu, pendidikan ekonomi harus ikut memperbaiki keadaan dengan bertransformasi menuju kualitas yang unggul dimana peran guru dan dosen serta proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif menjadi poin pentingnya.

Seminar yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Wahyono, MM. pada pukul 08.00 WIB ini berlangsung lancar berkat persiapan matang dari panitia dan dilengkapi antusiasme peserta. Setelah seminar berakhir, acara dilanjutkan dengan presentasi call for paper oleh 48 pemakalah yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dan diiringi dengan lomba media pembelajaran inovatif yang diikuti oleh guru  SMA, SMK (Jurusan Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran), dan  SMP IPS ekonomi.

Dengan dilaksanakannya serangkaian kegiatan ini diharapkan akan memberi inspirasi bagi semua pihak dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan untuk menyongsong generasi emas 2045.

You may also like...