Workshop PKM 5 Bidang tahun 2016

29876672661_f9c25b85f7_kSemarang- Penerimaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) telah dibuka oleh Dikti. Menindaklanjuti hal tersebut Fakultas Ekonomi berupaya untuk mengiatkan kembali partisipasi mahasiswa dalam penulisan PKM. Pelaksanaan workshop PKM 5 Bidang pada Kamis (22/9/2016) lalu merupakan salah satu upayanya. Workshop PKM kali ini hadir dengan tema “Ayo Menulis, Ayo Berprestasi”. Harapannya, mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam membuat PKM dan bisa memberikan manfaat bagi lingkungannya dengan PKM yang mereka buat.

Antusiasme mahasiswa sangat terasa sejak pendaftaran peserta workshop dibuka. Dalam waktu kurang dari dua hari kuota sebanyak 200 mahasiswa sudah terisi penuh. Antusiasme ini berlanjut saat acara berlangsung. Banyak pertanyaan menarik yang tersampaikan ketika sesi pertanyaan dibuka.

Workshop yang berlangsung di aula gedung L Fakultas Ekonomi ini menghadirkan pendamping karya ilmiah tingkat universitas, Bapak Sandy Arief  dan Ilham dkk (peraih perak dalam Pimnas ke 29) sebagai pembicara. Acara yang dimulai pukul 15.30 ini dibuka oleh Bapak Yosi Aulia Rahman selaku pembina lembaga kemahasiswaan fakultas.

Workshop PKM 5 Bidang digelar untuk mengenalkan sekaligus memantapkan persiapan mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM. Selanjtnya, mahasiswa diharapkan dapat segera merampungkan proposal PKM-nya. KIME sebagai BSO yang membidangi keilmiahan fakultas juga turut membantu dalam proses penyusunan proposal PKM. Melalui departemen Riset-nya, KIME membuka pendampingan intensif PKM 5 Bidang  yang dikemas dalam Kelas PKM.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat  Riset dan Pengabdian Masyarakat (semula Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti  ntuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Saat ini, ada tujuh jenis PKM yaitu PKM Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *