Sisi Lain ICEEBA (1) : Jurnal FE UNNES Tampil Mempesona

Oleh Agung Kuswantoro

 

Ada sebuah cerita dibalik kesuksesan acara ICEEBA yang diselenggarakan oleh FE UNNES. Kegiatan yang melibatkan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, menjadi ajang tersendiri bagi orang yang ingin mengembangkan keilmuannya. Jelasnya rumpun ekonomi dengan cabang-cabangnya seperti pendidikan ekonomi, manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan.

 

Gugus-gugus jurnal yang dimiliki oleh jurusan pun ikut meramaikan ajang internasional tersebut, dengan mendisplay, mengenalkan, dan menjual jurnalnya seperti Jurnal Dinamika Manajemen (JDM), Jurnal Dinamika Akuntansi (JDA), Jurnal Ekonomi dan Kebijakan (JEJAK), dan Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan (Jurnal Pendidkan Ekonomi).

 

Temuan saya saat mengamati stand jurnal tersebut adalah ramai dan banyak orang yang bertanya mengenai jurnal-jurnal tersebut, bahkan ada orang yang membeli dari jurnal yang djual. Catataan saya Rabu, 19 Oktober 2016 (per jam 10.00 WIB) JDM terjual 6 ekslemplar, Jejak terjual 8 ekslemplar, JDA dan Jurnal Pendidikan Ekonomi habis yang dibagikan dengan gratis.

 

Selain membagikan jurnal secara gratis dan menjual jurnal tersebut. Tim jurnal berhasil menggandeng reviewer dari luar negeri. JDM mendapatkan reviewer dari Malaysia. JEJAK mendapatkan dari Malaysia dan editor dari Malaysia, China, serta Belanda. Jurnal Pendidikan Ekonomi dari Malaysia. JDA mendapatkan reviewer dari Australia.

 

Semoga melalui ajang ilmiah yang bergengsi ini menjadi jurnal kita meningkat reputasinya. Yang belum terakreditasi, cepat terakreditasi. Yang sudah terakredasi B, meningkat menjadi akreditasi A. Selain itu, jurnal FE UNNES dapat menjadi rujukan penelitian-penelitan dan kajian ilmiah dibidang pendidikan ekonomi, manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan.

You may also like...