ASPAPI Pusat Sukses Selenggarakan Pelantikan dan Rakernas Pengurus Masa Bakti 2022/2026 di Semarang

Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) sukses selenggarakan pelantikan dan rakernas pengurus pusat masa bakti 2022/2026. Kali ini, sebagai tuan rumah adalah  ASPAPI Jawa Tengah. Acara berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 17 – 18 Desember 2022 di Hotel UTC Semarang.

Pelantikan dan rakernas kali ini mengusung tema “Penguatan Good Governance sebagai Landasan Transformasi ASPAPI di Era Disrupsi.” Acara dibuka langsung oleh Dr. Rasto dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai ketua umum ASPAPI masa bakti 2022/2026.

Beberapa isu yang dibahas dalam rakernas adalah penataan sistem informasi keanggotaan ASPAPI menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi. Selain itu juga ekspansi ASPAPI untuk memperluas cabang ASPAPI Daerah di seluruh Indonesia perlu digalakkan lagi untuk membumikan ASPAPI. Sebagai organisasai yang mewadahi profesi dibidang administrasi perkantoran perlu menyelenggarakan seminar, diklat, dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi di bidang administrasi/manajemen perkantoran, supaya dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan keilmuan dan kompetensi bagi seluruh anggota yang tergabung dalam ASPAPI.

Helatan Pelantikan dan Rakernas kali ini terasa sangat istimewa. Di mana, untuk pertama kali selama penyelenggaraan pertemuan nasional, baik Kongres maupun Rakernas, hampir seluruh inisiator dan pendiri, dewan pakar, dewan penasehat, ketua program studi dan para ketua ASPAPI Daerah hadir secara bersama-sama dalam mendukung suksesnya kegiatan ini.

Sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah banyak berjasa dalam pendirian dan pengembangan ASPAPI, maka kepadanya diberikan penghargaan dalam bentuk ASPAPI AWARD Tahun 2022 dengan berbagai kategori, antara lain kategori inisiator dan pendiri (Muhyadi, Wiedy Murtini, Saliman, Suhirman, Patni Ninghardjanti, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, M. Farid Sunarto, IGN. Wagimin, Sudaryanto, Bambang Suratman, Ade Rustiana, Heri Ssawiji, Meylia Karu, Purwanto, Jamaluddin, Bangkit Budiarto, Agus Hermawan, Edi Ramon Torong, dan Alm. Syaiful Sagala.

Kategori selanjutnya adalah Pengembang Kerangka Dasar Organisasi ASPAPI diberikan kepada Prof. Muhyadi, Pengembang LSP-AP diberikan kepada Prof. Tjuju, dan Pengembang ASPAPI Daerah diberikan kepada Prof. Hendry. Ketiganya merupakan mantan ketua dan kini menjabat sebagai dewan penasehat ASPAPI Periode 2022-2026. Tidak hanya itu, H.M. Jamil Latief juga turut memperoleh penghargaan berupa kategori Penggerak LSP-AP, Prof. Martono sebagai Duta ASPAPI, dan 2 (dua) ASPAPI Daerah, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Barat yang telah berhasil menjadi penggerak Uji Kompetensi pada wilayah masing-masing juga turut diberi penghargaan.

Pada kesempatan ini pula terbentuk personalia dewan pakar dengan ketua terpilih adalah Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai ketua terpilih dan Bapak Dhidik Apriyanto, SE., M.SI., dari Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat sebagai sekretaris dengan anggota masing-masing adalah para guru besar dalam bidang administrasi perkantoran serta para ketua-ketua Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran anggota ASPAPI. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) Ahmad Saeroji, S.Pd, M.Pd dilantik sebagai sekretaris dan Agung Kuswantoro, S.Pd, M.Pd sebagai Ketua Bidang Karya ilmiah dan Publikasi.

Beberapa rekomendasi hasil rakernas yaitu  tersusunnya peraturan organisasi dan berbagai program kerja yang mengarah pada perbaikan tata kelola dan terselenggaranya berbagai program kerja secara terukur yang dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat secara luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *