Fakultas Ekonomi UNNES menggelar Workshop Penyusunan Proposal PKM

Dalam rangka meningkatkan kuantitas serta kualitas proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menggelar workshop penyusunan proposal PKM pada Sabtu (10/10) secara online dengan media zoom. Dalam kegiatan ini terdapat kurang lebih 300 peserta yang mendaftar dari berbagai jurusan di fakultas ekonomi.


Workshop PKM 5 bidang dengan tema “Optimalisasi Peran Generasi Millenial dalam Mewujudkan PKM FE UNNES yang berdaya Saing di Ajang PIMNAS’’ yang di selengarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang mendatangkan narasumber Aprilia Firmonasari, S.S., M.Hum., DEA yang merupakan Reviewer PKM Universitas Gajah Mada.


Dalam sambutannya, Drs. Heri Yanto, MBA., Ph.D, selaku dekan Fakultas Ekonomi UNNES mengatakan bahwa acara pelatihan ini sangat berpeluang besar untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, terutama penulisan proposal ilmiah.


PKM adalah suatu wadah yang dibentuk untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Dalam mewujudkannya diperlukan adanya iklim inovasi dan kreativitas. Kreativitas merupakan manifestasi integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu pikiran, perasaan dan keterampilan.


Aprilia Firmonasari, S.S., M.Hum., DEA beliau membahas materi jenis-jenis PKM. Ada berbagai jenis PKM antara lain PKM-Penilitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM- Gagasan Futuristik (PKM-GFK). Beliau juga menjelaskan mengenai karakteristik PKM, kunci sukses PKM, tips dan trik agar proposal PKM bisa lolos dan didanai serta pelaksanaan PKM di masa pandemic.


Kunci sukses pelaksanaan PKM diantaranya adalah Perlu kesepahaman, komitmen dan regulasi antara universitas, pimpinan unit, direktorat kemahasiswaan, dosen pendamping, dosen pembina, dan PKM center Kesepahaman mengenai PKM dan PIMNAS, komitmen berbagai pihak, dukungan semua pihak, penjadwalan kegiatan (monitoring), pembinaan khusus (softskill).


Ayo siapkan proposal PKM terbaikmu……!!

You may also like...