Kolaborasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) dalam Penyelenggaraan Workshop Pengelolaan Jurnal

Publikasi ilmiah menjadi salah satu tolok ukur penting dalam penilaian kinerja suatu lembaga penelitian dan pengembangan (litbang). Oleh karena itu, dalam upaya mendukung kinerja pengelolaan jurnal dan publikasi ilmiah yang ada khususnya dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Indonesia, Fakultas Ekonomi UNNES bekerjasama dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal secara daring pada hari Kamis, 02 Juli 2020. Kegiatan ini diawali dengan sambutan pengantar dari Dekan FE UNNES, Drs. Heri Yanto, MBA., Ph. D kemudian dilanjutkan pembukaan acara secara resmi oleh Ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), Prof. Dr. Suharmono, M. Si. Webinar ini juga diikuti oleh 300 peserta dari berbagai kalangan civitas akademika se-Indonesia.
Prof. Dr. Istadi, ST., MT selaku Editor in Chief Bulletin of Chemical Reaction Engineering and Catalysh sekaligus pemateri utama dalam webinar kali ini menyampaikan orasi yang berjudul “Improving Quality of Editorial Management of Scientific Journal”. Dalam sesi materi, beliau menyampaikan urgensi pengelolaan jurnal ilmiah yang terstruktur dan terintegrasi mulai dari pentingnya identitas nama jurnal, aturan dan strandarisasi keilmiahan, peer-review process, pemilihan editor dan masih banyak lagi. Selain itu, Prof. Dr. Istadi ST., MT menyampaikan bahwa tim pengelola jurnal harus mampu menyeleksi artikel yang layak untuk dipublikasikan serta memberikan ruang khusus kepada penulis artikel yang mempunyai kinerja bagus untuk dapat diundang menjadi reviewer.

You may also like...