TIM PENGABDIAN FE GARAP 2 BUMDES DI KAB. SEMARANG

Dosen FE Unnes selesai melakukan pengabdian kepada masyarakat di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Asung Daya Kalijajar Kecamatan Bergas dan Sumber Arto Kenteng Kecamatan Bandungan. Tim Pengabdian Masyarakat terdiri dari Dr. Amir Mahmud, Indah Anisykurlillah, SE, M.Si, Akt, CA., Nurdian Susilowati, S.Pd, M.Pd., Wulan Suci R, SE, M.Si, Arif Satoso, Wahyu Sulaiman, dan Sari Lestari.

Fokus pengabdian adalah manajemen dan keuangan BUMDes. Kegiatan pengabdian di BUMDes Sumber Arto adalah pengelolaan manajemen BUMDes. Setelah kegiata pengurus dapat melakukan pengelolaan manajemen usaha. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemisahan pengurus BUMDes dengan perangkat desa. Disamping itu, sekarang sudah memiliki karyawan dan pengurus yang bisa memantau unit bisnis BUMDes dengan maksimal. Sebelumnya mereka masih menjadi satu dengan perangkat desa. BUMDes Sumber Arto memiliki 4 unit yaitu Unit usaha E-Warung, Simpan Pinjam, Pengelolaan Sampah, dan Pengelolaan Air Bersih.

Sedangkan BUMDes Asung Daya memiliki 3 unit yaitu Minimarket, Toko Bangunan, dan Pengelolaan Air Bersih. Dengan fokus pengabdian bidang keuangan, dihasilkan laporan keuangan yang baik. Yang semula masih berupa catatan manual, sekarang bisa dilakukan dalam bentuk komputer excel sederhana. Istilah-istilah yang dipakai dalam pencatatan keuangan dan nama-nama akun yang semula belum lazim digunakan oleh umum, sekarang sudah diganti.

Kegiatan pengabdian dilakukan mulai bulan April sampai dengan September 2019 dengan kerjasama tim, mahasiswa, pengurus BUMDes, dan Kepala Desa. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

You may also like...